6 Tips Berpuasa Saat Sedang Demam

Oleh Nur Budhi pada 08 Jun 2018, 09:00 WIB
Jangan biarkan demam mengganggu kekhusyukan Anda beribadah. Lakukan tips berikut agar puasa tetap lancar hingga bedug magrib tiba.
6 Tips Berpuasa Saat Sedang Demam (Ksenjavka/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Demam menjadi keluhan yang bisa datang secara tiba-tiba. Tanpa segan, keluhan ini sering menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, seperti badan lemas hingga pusing berputar. Jika keadaan itu terjadi saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa, bukan tak mungkin Anda akan batal di tengah jalan.

Anda tak ingin batal puasa hanya gara-gara demam, bukan? Jika ya, berikut tips yang bisa Anda lakukan agar puasa tetap lancar meski dilanda demam:

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Peningkatan suhu tubuh saat demam membuat cairan dari dalam tubuh lebih mudah menguap. Alhasil, Anda akan lebih mudah haus dan berisiko mengalami dehidrasi bila tidak segera minum.

Nah, agar itu tidak terjadi saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa, memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas: dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. Jika memungkinkan, konsumsilah air putih hangat. Hindari air dingin, kopi, atau teh, karena dapat memperparah kondisi yang sedang Anda alami.

  • Konsumsi makanan sahur dan berbuka yang tepat

Ketika sahur atau berbuka, konsumsilah makanan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk atau stroberi. Hindari gorengan, makanan pedas dan berlemak, karena makanan tersebut bisa bikin demam semakin parah.

Di samping itu, perhatikan pula komposisi menu saat sahur dan berbuka. Pastikan sajian yang Anda konsumsi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

  • Hindari pakaian tebal

Saat demam, sebaiknya Anda tidak menggunakan pakaian yang tebal. Karena pakaian tersebut dapat menghambat proses pelepasan panas, sehingga suhu tubuh bisa bertambah tinggi. Akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat dengan baik.

  • Istirahat cukup

Meski sedang puasa, Anda tetap dituntut untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Beberapa penelitian mengatakan, waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memperbaiki diri dari dalam adalah 8 jam per hari.

Jika kesulitan tidur, dr. Puti Naindra Alevia mengatakan bahwa Anda harus menjauhi kafein dan alkohol sama sekali, hindari rokok, dan buat lingkungan tidur Anda senyaman mungkin.

“Cobalah untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda, misalnya dengan mendengarkan musik atau mandi air hangat. Dengan ini, Anda akan lebih mudah tidur di malam hari,” ungkap dr. Puti.

  • Minum obat

Untuk membantu menurunkan demam, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan antidemam saat sahur dan berbuka. Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin adalah beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi.

Sebelum minum obat, pastikan Anda membaca label kemasan dengan saksama. Pastikan dosis yang Anda minum sesuai dengan anjuran yang tertera. Jika Anda membeli obat tersebut di apotek, berkonsultasilah terlebih dahulu pada apoteker yang melayani mengenai dosis obat yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

  • Hindari aktivitas berlebihan

Hindari melakukan aktivitas berlebihan jika Anda sedang demam saat puasa. Hal ini bertujuan agar kondisi tubuh cepat pulih dan puasa Anda bisa berlangsung hingga bedug magrib tiba.

Pastikan pula Anda tidak banyak menghabiskan waktu di bawah teriknya matahari. Sebab perilaku tersebut akan membuat Anda lebih mudah haus, apalagi saat sedang demam.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar puasa tetap lancar meski demam sedang melanda. Jika Anda merasa tidak kuat dengan keluhan yang timbul, jangan paksakan diri untuk menahan haus dan lapar hingga bedug magrib tiba. Akan lebih baik jika Anda berobat ke dokter dan absen puasa sementara waktu hingga kondisi tubuh benar-benar pulih seperti semula.

[RVS]