8 Tips Aman Berpuasa Saat Anda Kena Demam
searchtext customer service

Tips Berpuasa Saat sedang Demam

Badan panas atau demam bisa mengganggu ibadah puasa. Bagaimana cara mengatasi demam saat puasa? Simak tips berpuasa saat demam di sini.
Tips Berpuasa Saat sedang Demam

Klikdokter.com, Jakarta Demam merupakan keluhan yang dapat muncul tiba-tiba. Kondisi ini terjadi ketika suhu tubuh naik lebih tinggi dari biasanya, yaitu sekitar 38 derajat Celsius atau lebih. Keluhan penyerta yang dapat timbul meliputi lemas dan pusing.

Hal tersebut menandakan sistem kekebalan tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit.

Jika mengalami demam saat puasa, beberapa orang ada yang membatalkannya ataupun melanjutkannya. Karena, infeksi penyebab demam bisa saja tergolong ringan, seperti flu.

Bila merasa masih sanggup berpuasa, tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tubuh tidak semakin drop. Berikut cara mengatasi demam saat puasa yang bisa dilakukan:

1 dari 9

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
loading

Peningkatan suhu tubuh saat demam membuat cairan dari dalam tubuh lebih mudah menguap. Alhasil, Anda akan lebih mudah haus dan berisiko mengalami dehidrasi bila tidak segera minum. 

Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan cairan adalah hal yang wajib, terutama jika kena demam saat puasa.

Agar dehidrasi tidak terjadi saat berpuasa, Anda dianjurkan minum air putih setidaknya 8 gelas: 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. 

Jika memungkinkan, konsumsilah air putih hangat. Hindari air dingin, kopi, atau teh karena dapat memperparah kondisi demam.

2 dari 9

2. Sahur dan Berbuka dengan Makanan Sehat

loading

Cara membantu menurunkan demam saat puasa berikutnya yaitu konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk atau stroberi ketika sahur atau berbuka. Tapi, sebaiknya tidak makan buah tersebut saat perut kosong.

Hindari gorengan serta makanan pedas dan berlemak karena bisa bikin demam semakin parah.

Di samping itu, perhatikan pula komposisi menu saat sahur dan berbuka. Pastikan sajian yang Anda konsumsi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Artikel lainnya: Berbagai Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi saat Puasa 

3 dari 9

3. Hindari Pakaian Tebal

Hindari Pakaian Tebal
loading

Saat demam, sebaiknya tidak menggunakan pakaian tebal. Pakaian tersebut dapat menghambat proses pelepasan panas, sehingga suhu tubuh bisa bertambah tinggi. 

Akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian tipis dan menyerap keringat. Salah satu cara mengatasi badan panas saat puasa ini dapat membantu tubuh menetralkan suhu tubuh yang tinggi. 

4 dari 9

4. Istirahat Cukup

loading

Meski sedang puasa, Anda tetap dituntut untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

Beberapa penelitian mengatakan, waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memperbaiki diri dari dalam adalah delapan jam per hari.

5 dari 9

5. Minum Obat

Minum Obat
loading

Untuk menurunkan demam saat puasa, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan antidemam saat sahur dan berbuka. Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin adalah beberapa jenis obat yang umum dikonsumsi.

Sebelum minum obat, pastikan Anda membaca label kemasan dengan saksama. Dosis yang diminum harus sesuai anjuran yang tertera. 

Jika membeli obat di apotek, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada apoteker mengenai dosis obat dan kondisi pribadi.

Artikel lainnya Jenis-Jenis Demam dan Berbagai Penyebabnya

6 dari 9

6. Hindari Aktivitas Berlebihan

loading

Hindari melakukan aktivitas berlebihan jika sedang demam saat puasa. Hal ini bertujuan agar kondisi tubuh cepat pulih dan puasa bisa berlangsung hingga bedug magrib tiba.

Pastikan pula Anda tidak banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari. Sebab, kegiatan tersebut akan membuat Anda lebih mudah haus, apalagi saat demam.

7 dari 9

7. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat
loading

Mengompres tubuh dengan air hangat juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi demam saat puasa. 

Ya, kompres hangat lebih dianjurkan dibanding kompres dingin untuk mengatasi demam. Pasalnya, kompres dingin malah akan membuat suhu tubuh lebih meningkat dan demam bisa semakin parah.

Jadi, jangan lagi menggunakan kompres dingin atau bahkan mandi air dingin saat demam. Sebaiknya gunakan kompres hangat atau mandi air hangat saat demam. Cara sederhana ini bisa menjadi pilihan baik untuk mengatasi badan panas saat puasa.

8 dari 9

8. Konsumsi Suplemen Tambahan

loading

Selain mengonsumsi obat penurun panas saat berbuka dan sahur, menambahkan suplemen makanan juga bisa dilakukan. 

Saat demam, tubuh memerlukan vitamin dan mineral yang cukup untuk meningkatkan sistem imun dan melawan infeksi. Sayangnya, saat puasa kecukupan vitamin dan mineral biasanya tidak terpenuhi karena keterbatasan waktu makan. 

Jadi, mengonsumsi suplemen tambahan juga bisa membantu sebagai cara menurunkan demam saat puasa.

Artikel lainnya Ragam Buah Penurun Demam yang Bisa Jadi Pilihan 

Meski demam bisa diatasi sendiri di rumah, tetap saja kondisi ini tidak boleh dianggap remeh. 

Demam saat puasa tidak boleh dibiarkan jika suhu tubuh terus meningkat, bahkan sampai 40 derajat Celsius. Selain itu, batalkan puasa jika demam diikuti gejala-gejala di bawah ini:

Lalu, jika demam juga berlangsung selama tiga hari atau lebih, sebaiknya hentikan puasa dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar puasa tetap lancar meski demam melanda. Jika merasa tidak kuat, jangan paksakan diri untuk menahan haus dan lapar hingga waktu berbuka. 

Gunakan Live Chat untuk konsultasi cepat dengan dokter secara online. Ingin tahu tips puasa yang sehat dan aman lainnya? Download aplikasi KlikDokter!

(FR/NM)

Tags: Demam, puasa, Badan Lemas

Referensi:

  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Fever.
  • Verywell Health. Diakses 2022. Safe Ways to Treat a Fever.

ARTIKEL TERKAIT

Saat Sahur, Hindari Minuman Ini Agar Puasa Lancar

Info Sehat
08 Apr

Tips Cerdik Menghadapi Bayi yang Demam

Info Sehat
07 Apr

Demam Anak Naik Turun, Mungkin Hal Ini Penyebabnya

Info Sehat
06 Apr

Benarkah Kopi Hitam Bisa Cegah Bayi Alami Kejang?

Info Sehat
06 Apr

Tips Mengatasi Demam bagi Ibu Hamil

Info Sehat
06 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat