Tetap Positif Memasuki Masa Menopause dengan Tips Ini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Jun 2018, 12:00 WIB
Jika Anda wanita di atas 40 tahun, menopause bisa jadi proses alamiah yang menakutkan. Usir kekhawatiran itu dengan tips ini.
Tetap Positif Memasuki Masa Menopause dengan Tips Ini (absolutimages/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Dalam kehidupannya, wanita mengalami berbagai fase reproduksi mulai dari masa pubertas, menstruasi, kehamilan, pra menopause, dan menopause. Fase-fase tersebut alamiah terjadi, termasuk menopause yang tak dapat dihindari. Menopause banyak ditakuti wanita karena dianggap bisa mengurangi dan menghilangkan daya tarik, sedih karena tak lagi subur, serta khawatir akan memengaruhi kehidupan seks.

Menopause adalah kondisi tidak lagi terjadi menstruasi akibat tidak aktifnya folikel sel telur. Periode transisi menopause dihitung dari periode menstruasi terakhir dengan 12 bulan periode amenorea (tidak mendapatkan siklus haid).

Menopause rata-rata terjadi pada usia 43-57 tahun. Meski demikian, tidak ada cara yang pasti untuk memprediksi datangnya masa menopause. Di sini faktor keturunan turut berperan. Seorang wanita akan mengalami masa menopause pada usia yang tak jauh berbeda dengan ibunya.

Selama menopause, tubuh wanita juga secara perlahan mengurangi produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga terjadilah berbagai gejala.

“Gejala-gejala yang biasanya dialami pada masa menopause yaitu hot flashes, menstruasi mulai tidak teratur hingga akhirnya berhenti, kekeringan pada vagina, gangguan mood, peningkatan berat badan, metabolisme melambat, berkeringat pada malam hari, dan masih banyak lagi,” dr. Nadia Octavia dari KlikDokter menjelaskan.

Menghindari menopause dan penuaan adalah dua hal yang mustahil. Anda mungkin tidak siap menghadapi penurunan estrogen, berkurangnya libido, perubahan suasana hati, gangguan fungsi kognitif, serta sulit tidur. Nyatanya, sebagian besar wanita hanya fokus pada rasa takut dan khawatir, tapi tidak melakukan upaya apa pun untuk mengatasinya.

Kembali lagi diingatkan, menopause adalah bagian normal dari perjalanan hidup wanita—bukan penyakit. Oleh karena itu, para wanita harus menerima perubahan ini dan mengatasinya dengan bijak.

1 of 2

Selanjutnya

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah tips memasuki masa menopause dengan nyaman.

1. Meningkatkan kesehatan dan memulai semangat baru

Dengan perubahan dan gejala yang muncul, sugestikan bahwa menopause adalah kesempatan Anda untuk meningkatkan kesehatan. Fokuslah pada teknik pengurangan stres seperti melakukan latihan fisik yang berdampak baik untuk meningkatkan kesehatan.

Mengubah rutinitas tak hanya dapat mengatasi perubahan yang terjadi dalam tubuh, tapi juga dapat membantu mengurangi gejala saat memasuki masa menopause. Memberdayakan diri untuk menciptakan tujuan hidup yang sehat juga dapat berdampak pada awal masa menopause. Menemukan cara sederhana untuk menghadapi masa ini sangat penting, seperti:

  • Meninjau kembali pola tidur
  • Minum lebih banyak air
  • Makan lebih banyak serat
  • Mencoba olahraga baru yang sedang populer
  • Fokuslah pada kekuatan atau melakukan latihan beban
  • Mencoba makanan baru untuk variasi nutrisi

Ingat, bagian dari transisi ini adalah pemahaman bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan adalah bagian dari proses. Memang akan ada perubahan dalam tubuh, tapi Anda mengubah cara pandang dalam menyesuaikan diri. Intervensi psikologis yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan fisik dan mental terbukti dapat membantu mengurangi gejala menopause sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Mengatasi stres

Diakui ataupun tidak, stres benar-benar dapat memengaruhi kesehatan fisik, emosi, dan perilaku. Oleh karena itu, Anda yang tengah memasuki masa menopause sangat dianjurkan untuk mengatasi stres sedini dan sebaik mungkin.

Hal ini sangat penting. Dengan meluangkan waktu untuk mengendalikan pikiran dan perasaan, efek stres dan perubahan yang dialami tubuh dapat dikurangi. Mengajarkan diri tentang bagaimana menghasilkan emosi dan pikiran positif dapat membawa Anda pada gaya hidup yang lebih sehat dan makin bahagia.

3. Memandang menopause secara positif

Tidak apa-apa untuk merasa sensitif karena menopause. Hal terpenting adalah memandang segenap proses perubahan ini sebagai sesuatu yang positif. Anda tidak perlu malu atas perubahan yang terjadi. Terbukalah kepada orang-orang terdekat agar mereka bisa lebih memahami dan Anda pun akan merasa lebih baik.

Menopause sering kali menimbulkan gejala-gejala yang kurang nyaman. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk sedari dini menjalani pola hidup sehat sesuai dengan anjuran dr. Nadia.

“Atur pola makan, cukupi asupan kalsium, hindari rokok, batasi konsumsi kafein. Selain itu, jangan lupa untuk olahraga teratur minimal 30 menit setiap harinya.”

Bagi sebagian wanita, masa menopause dianggap mengerikan. Menopause tak perlu ditakuti, tapi sambutlah dengan senyuman. Jika masih ada rasa kekhawatiran, cobalah memandanganya dari sudut pandang yang berbeda karena pada dasarnya ini adalah proses alamiah yang tak bisa dihindari sehingga mau tak mau Anda harus beradaptasi. Lakukan tips-tips di atas sebagai motivasi Anda untuk menjadi pribadi yang positif dan lebih sehat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓