Agar Tetap Bugar, Hidangkan 7 Menu Sehat Ini Saat Lebaran

Oleh Novita Permatasari pada 13 Jun 2018, 14:40 WIB
Berikut ini adalah inspirasi menu sehat yang bisa Anda sontek sebagai hidangan menyambut Idul Fitri.
Agar Tetap Bugar, Hidangkan 7 Menu Sehat Ini Saat Lebaran (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setelah satu bulan berpuasa, umat Islam merayakan hari Lebaran dengan bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Momen ini tentunya selalu dilengkapi dengan hidangan khas Lebaran dari setiap rumah. Agar kesehatan Anda dan keluarga senantiasa terjaga maka Anda perlu menghidangkan beragam menu sehat saat perayaan tersebut.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hidangan Lebaran umumnya mengandung santan, lemak, dan kalori yang tinggi. Serba manis atau gurih. “Jika jenis makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan kadar kolesterol seseorang meningkat. Artinya, risiko penyakit jantung dan stroke pun akan ikut meningkat,” jelasnya.

Daftar menu sehat untuk Lebaran

Meski berpuasa selama satu bulan lamanya menahan lapar dan dahaga, bukan berarti di Hari Raya Idul Fitri Anda bebas untuk melampiaskan nafsu selama satu bulan kemarin. Ada baiknya Anda tetap menjaga kesehatan agar selama libur Lebaran Anda dapat menikmati waktu berkumpul bersama keluarga dengan perasaan nyaman dan bahagia.

Berikut ini adalah daftar hidangan lebaran yang nikmat namun tetap sehat. Sajikan menu-menu berikut ini di rumah Anda saat Lebaran tiba nanti.

1. Kurma

Penjelasan dari dr. Karin Wiradarma menyebutkan bahwa buah kurma mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Dari vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C, protein, hingga mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, dan zink.

“Dengan berbagai kandungan tersebut, kurma dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke, sembelit, serta menurunkan risiko diabetes,” dr. Karin menambahkan.

2. Roti atau kukis gandum

Daripada menyajikan cake atau kue-kue manis berkalori tinggi yang biasa ada di toples saar Lebaran, lebih baik Anda memilih roti gandum atau kukis berbahan gandum yang jelas terbukti khasiatnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Para peneliti dari Imperial College London, Inggris, menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dalam sehari, kebutuhan serat alami seseorang akan meningkat. Dengan demikian, risiko terkena kanker usus pun akan menurun sebesar 10 persen.

Bahkan, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak sekalipun, gandum mampu memberikan efek. Memasukkan 90 gram gandum dalam menu makanan keseharian Anda dapat menurunkan 20 persen risiko kanker usus.

3. Opor ayam tanpa santan

Dapat dipahami bahwa kebiasaan menyajikan opor ayam saat Lebaran memang sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Menghilangkan menu opor ayam dari sajian Lebaran Anda tentunya membutuhkan adaptasi yang tidak mudah. Solusinya, Anda tetap dapat menyajikan makanan lezat ini, namun mengolahnya dengan cara yang lebih sehat.

Bahan pengganti santan yang bisa Anda gunakan antara lain kacang atau kemiri yang ditumbuk halus, susu kedelai, krim rendah lemak, atau plain yoghurt. Terutama kemiri dan kacang-kacangan sudah dikenal dapat memberikan rasa gurih dan tekstur creamy yang berasal dari kandungan lemak tak jenuhnya.

Jenis kacang yang biasa digunakan adalah kacang mede dan almon. Dengan bahan ini, Anda juga dapat membuat garang asam dan sayur bobor bayam tanpa harus menggunakan santan.

4. Sajian daging tanpa lemak

Rendang daging tentunya sangat menggoda dan menjadi salah satu menu Lebaran yang selalu dicari. Tak perlu khawatir, Anda tetap dapat menyajikannya, namun pilihah daging tanpa lemak, yaitu bagian has dalam.

5. Salad sayur

Menu ini wajib ada di meja makan Anda saat lebaran. Sayur-sayuran dapat membantu menetralisir berbagai makanan yang Anda konsumsi saat Lebaran. Selain kaya vitamin, kandungan serat pada sayuran juga dapat memperlancar pencernaan Anda.

6. Buah potong

Jika ingin camilan sehat, sajikan buah-buahan potong untuk  keluarga Anda. Rasa manis alami dari buah-buahan tak akan membuat Anda khawatir akan naiknya berat badan usai libur Lebaran berakhir.

7. Jus buah

Daripada menyuguhkan minuman sirup atau soda, lebih baik Anda membuat jus dengan berbagai campuran buah atau sayuran yang sudah pasti sehat. Dengan demikian, tubuh Anda dan keluarga pun tetap bugar selama Idul Fitri.

Berbagai menu sehat di atas merupakan inspirasi hidangan Lebaran yang bisa Anda sajikan di rumah saat hari raya nanti. Makan enak, tetap bisa sehat juga kan? Selamat Hari Raya Idul Fitri!

[RVS]