5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Jun 2018, 17:00 WIB
Nonton Piala Dunia 2018 sambil begadang rasanya tak lengkap jika tidak ditemani kudapan. Ini dia camilan sehat yang bisa menemani.
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Dmitri Ma/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Animo Piala Dunia 2018 sudah begitu terasa! Bagi Anda penggemar sepak bola, melewatkan kompetisi empat tahunan ini rasanya amat disayangkan. Dengan begitu, Anda mesti mempersiapkan banyak hal untuk menyaksikan pertandingan tersebut setiap malam, termasuk camilan sehat untuk menemani sepanjang pertandingan.

Piala Dunia 2018 berlangsung di Rusia pada 14 Juni mendatang, dibuka dengan pertandingan antar tuan rumah melawan Arab Saudi. Jam tayang di Indonesia berkisar antara pukul 9 malam hingga 1 dini hari.

Nonton pertandingan tanpa ditemani kudapan, tentu akan terasa membosankan. Berdasarkan rekomendasi para ahli medis dari KlikDokter, simak rekomendasi 5 camilan sehat untuk nonton Piala Dunia 2018 sebagai berikut:

1. Kacang-kacangan

5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Yulia Furman/Shutterstock)
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Yulia Furman/Shutterstock)

Kacang-kacangan mengandung serat dan mineral yang tinggi. Kandungan protein dalam kacang-kacangan pun tak kalah dengan daging.

Kacang sendiri bahkan baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. American Diabetes Association (ADA) memasukkan kacang ke dalam daftar superfood  untuk penderita diabetes.

“Beberapa pilihan kacang yang baik adalah kacang merah yang dipanggang, kacang tanah, atau kacang almon,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong.

2. Yoghurt rendah lemak

5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (DONOT6_STUDIO/Shutterstock)
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (DONOT6_STUDIO/Shutterstock)

Yoghurt kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, camilan kekinian yang satu ini juga mengandung kalsium, vitamin B2, B12, potasium dan magnesium, yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

“Pilihlah jenis yoghurt yang rendah lemak, dan hindari menambahkan atasan (topping) tinggi kalori, seperti cokelat, biskuit, mochi atau saus manis,” kata dr. Nadia Octavia.

3. Buah-buahan

5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Bergamont/Shutterstock)
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Bergamont/Shutterstock)

Buah-buahan segar mengandung serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk Anda. Camilan sehat yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung, dipotong kecil-kecil, diolah menjadi jus atau smoothie dengan tambahan susu rendah lemak tanpa gula tambahan sama sekali.

“Buah-buahan, seperti pisang, stroberi, mangga, blueberry dan jeruk yang sering dijadikan bahan dasar cold pressed juice, sangat kaya akan kandungan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Namun sebaiknya, pilihlah jus yang tidak diberikan tambahan gula atau pengawet,” ujar dr. Nadia.

4. Sayur-sayuran

5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (South Juls/Shutterstock)
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (South Juls/Shutterstock)

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan kol sangat baik sebagai sumber serat yang rendah kalori namun tetap memberikan energi.

Berdasarkan rekomendasi dr. Sepri, Anda dapat mengonsumsinya setelah ditumis menggunakan minyak zaitun atau dengan memanggang lembaran sayuran hijau sehingga menjadi keripik sayur yang enak dan sehat.

5. Granola

5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Fascinadora/Shutterstock)
5 Camilan Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2018 (Fascinadora/Shutterstock)

Camilan yang satu ini memiliki berbagai manfaat sehat, seperti melancarkan pencernaan, menambah energi, menurunkan kolesterol, dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan seratnya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Granola dapat dikonsumsi dengan berbagai macam kombinasi. Mau dicampur dengan kacang, buah, kue, madu, yoghurt atau dimakan begitu saja, granola sama enaknya.

Pada malam hari atau ketika begadang sambil nonton Piala Dunia 2018, beberapa camilan yang tinggi lemak serta kolesterol harus dihindari. Kudapan tersebut antara lain gorengan, daging merah, serta camilan gurih dengan sodium tinggi.

Anda boleh mengonsumsi kopi dan teh. Namun dianjurkan untuk menggunakan sedikit gula, atau bahkan tidak memakai gula sama sekali.

Agar lebih bersemangat dalam menonton pertandingan Piala Dunia 2018 memang perlu ditemani kawan-kawan dan camilan. Namun, pilihlah camilan sehat di atas ya, agar kesehatan Anda tetap terjaga.

[NP/ RVS]