Anti Melar, Ini 9 Tips Diet yang Ampuh setelah Lebaran
searchtext customer service

Diet Praktis untuk Mengikis Lemak Usai Lebaran

Merasa tak nyaman dengan lemak yang tertimbun usai lebaran? Tenang, Anda bisa coba berbagai tips diet setelah lebaran berikut ini. Yuk, disimak!
Diet Praktis untuk Mengikis Lemak Usai Lebaran

Klikdokter.com, Jakarta Berat badan naik setelah lebaran menjadi hal yang paling ditakuti setiap orang, terutama bagi kaum perempuan. Pasalnya, saat Hari Raya Idul Fitri banyak sekali makanan yang menggoda. 

Anda mungkin akan sulit menolak kelezatan berbagai kue kering hingga berbagai menu makanan lain yang diolah dengan santan dan tinggi lemak. Namun, setelah menikmatinya muncullah kekhawatiran, karena secara tak langsung Anda menimbun sejumlah lemak di dalam tubuh. 

Hal itulah yang kemudian membuat berat badan Anda cenderung naik usai Lebaran. Untuk membantu mengurangi timbunan lemak, Anda bisa melakukan beberapa tips diet setelah lebaran yang bisa dilakukan di rumah. 

Berikut ini di antaranya. 

1 dari 10

1. Tak Melewatkan Sarapan

Tak Melewatkan Sarapan
loading

Menurunkan berat badan bukan berarti memangkas salah satu jam makan. Terlebih banyak anggapan bahwa melewatkan sarapan adalah cara untuk menurunkan berat badan lebih cepat. 

Sesungguhnya, saat diet Anda tidak boleh melewatkan jam sarapan. Anda tetap boleh melakukannya agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Selain itu, sarapan membantu mengontrol nafsu makan saat jam makan siang.

Bayangkan jika Anda melewatkan sarapan, pasti di jam makan siang Anda akan balas dendam karena terlalu lapar. Tak perlu sarapan berat, Anda bisa sarapan dengan oatmeal, susu rendah lemak, maupun beberapa lembar roti gandum.

Artikel Lainnya: Bakar Kalori Setelah Lebaran, Ini Pilihan Olahraganya!

2 dari 10

2. Tetap Makan Makanan yang Bergizi Seimbang

loading

Kurangi porsi makan Anda, khususnya jatah lemak dalam sehari. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh dengan lebih cepat. 

Tak hanya itu, Anda juga wajib menambahkan asam lemak esensial pada menu makan sehari-hari. Asam lemak ini sangat diperlukan untuk proses pembakaran lemak tubuh. 

Anda bisa menemukan asam lemak esensial pada biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan salmon. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, selain membuat kenyang lebih lama, kandungan seratnya membantu mencegah terjadinya sembelit.

3 dari 10

3. Makan dengan Perlahan dan Penuh kesadaran

Makan dengan Perlahan dan Penuh kesadaran
loading

Pernahkah Anda mendengar konsep mindful eating? Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran penuh saat Anda makan sehingga tercapai kepuasan seacar emosi. 

Artinya, saat makan, Anda mengunyah secara perlahan dan secara sadar memperhatikan apa yang dimakan, berapa banyak yang dimakan. Dengan melakukan kebiasaan ini, Anda akan terhindar dari makan terlalu banyak dan Anda akan  berhenti makan sebelum kenyang. 

Artikel Lainnya: Waspada, Inilah Bahaya Makan Kue Lebaran Secara Berlebihan

4 dari 10

4. Batasi Asupan Gula dan Garam

loading

Makanan penutup yang rasanya manis, seperti kue hingga es krim, maupun yang rasanya gurih, memang menggoda. Namun, ada baiknya Anda membatasi mengkonsumsi makanan yang tinggi gula maupun garam. 

Pasalnya makanan yang tinggi gula dan garam akan menghambat proses penurunan berat badan. Jadi, mulai sekarang Anda harus bijak dalam memilih makanan ya!

5 dari 10

5. Selipkan Camilan Sehat

Selipkan Camilan Sehat
loading

Ketika tubuh lapar dan kadar gula menurun, Anda akan kelimpungan dengan serangan rasa lapar yang berdatangan. Karenanya, Anda akan terpicu untuk makan lebih banyak dan membuat kadar lemak semakin menumpuk.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat menyisipkan camilan sehat, seperti buah, kacang-kacangan, dan yogurt rendah lemak di antara makan besar, sebanyak 2-3 kali sehari.

6 dari 10

6. Istirahat Cukup

loading

Kebutuhan insulin dalam tubuh untuk mengontrol gula darah dapat terganggu jika Anda tidur kurang dari 6 jam dalam sehari. Pada keadaan ini, tubuh akan melepaskan sejumlah hormon yang menjadi faktor utama penambahan berat badan.

Apabila Anda tak ingin mengalami hal tersebut, cukupi kebutuhan istirahat Anda. Disarankan untuk tidur selama 7–8 jam dalam sehari dan hindari tidur terlalu larut.

Artikel Lainnya: Makan Banyak saat Lebaran, Coba Minuman Penurun Kolesterol Ini, Yuk!

7 dari 10

7. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
loading

Air putih dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Jadi, dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, Anda juga turut menjaga kerja hati yang terus berusaha mengolah kadar lemak berlebih yang ada di dalam tubuh. 

Selain itu, minum air putih 1-2 gelas sebelum makan juga bisa membantu Anda untuk tidak kalap saat jam makan. Jika Anda bosan dengan air putih, Anda bisa menggantinya dengan air kelapa maupun jus buah tanpa gula tambahan. 

Sebaiknya, Anda pun bijak dalam mengkonsumsi minuman kemasan, seperti minuman bersoda atau minuman manis yang sedang tren, misalnya bubble tea. Pasalnya, minuman ini juga tinggi akan gula dan memicu penambahan berat badan. 

8 dari 10

8. Olahraga

loading

Salah satu jenis olahraga yang baik untuk menurunkan lemak, terutama usai Lebaran, adalah latihan cardio. Anda bisa pilih lari, jogging, jalan cepat, berenang, ataupun bersepeda. Olahraga cardio sangat baik untuk dilakukan minimal 30 menit sehari, sebanyak 3–5 kali dalam seminggu.

Tak suka olahraga cardio? Cobalah untuk melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyapu, mengepel, berkebun, dan sebagainya. Faktanya, pekerjaan rumah yang menuntut gerakan berdiri, jongkok, dan berjalan memiliki cara kerja dan manfaat yang mirip dengan olahraga cardio, lho!

9 dari 10

9. Sabar dan Disiplin

Sabar dan Disiplin
loading

Untuk mendapatkan berat badan ideal, pasti membutuhkan usaha. Oleh sebab itu, bersabarlah dan lakukan dengan disiplin, baik itu menjalani pola makan sehat maupun rutin berolahraga. 

Jangan tergoda untuk sering cheating sebagai bentuk reward terhadap diet yang sedang Anda jalani. Semakin Anda sering cheating di masa diet, semakin besar pula kemungkinan Anda gagal mencapai berat badan ideal. 

Baca Juga

Itulah beberapa tips diet setelah lebaran yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tak menjadi gundukan lemak setelah Lebaran. Jika Anda kesulitan dalam menurunkan berat badan meski sudah mencobanya, tidak ada salahnya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis Gizi. 

Yuk, gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis Gizi yang terpercaya. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Ketahui Nutrisi yang Hilang Selama Puasa

Info Sehat
30 Apr

Segudang Manfaat Diet Vegetarian untuk Kesehatan

Info Sehat
14 Apr

Tips Menaikkan Berat Badan bagi Penderita Celiac

Info Sehat
13 Apr

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

Info Sehat
29 Mar

Apakah Santan Bisa Bikin Gemuk?

Info Sehat
29 Mar

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Mohamad Pandu
4 Tahun Lalu

boleh jug tips dari dokter ellen

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat