Ini Alasan Anda Perlu Otot Pantat yang Kuat

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 20 Jun 2018, 11:30 WIB
Dibanding otot-otot lainnya, otot pantat kadang terlupakan saat latihan. Padahal menggemblengnya agar kuat sangat penting untuk kesehatan.
Ini Alasan Anda Perlu Otot Pantat yang Kuat (G-Stockstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sejumlah orang mengencangkan otot pantat karena berbagai macam alasan. Selain demi keindahan, otot bokong yang kencang nyatanya baik untuk kesehatan dan kebugaran bagian tubuh yang lain.

Banyak kebiasaan yang bisa membuat otot pantat atau bokong Anda mengendur, salah satunya duduk terlalu lama. Hal tersebut dipaparkan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

“Jika Anda sering duduk terlalu lama, bentuk bokong juga dapat mengalami perubahan. Tonus otot dapat berkurang dan membuat bentuk bokong menjadi tidak berisi,” ujarnya.

Terlalu lama duduk juga dapat memicu nyeri pada punggung bawah yang dapat menjalar ke kaki kiri atau kanan. Nyeri ini juga bisa terasa saat perubahan posisi.

Karena itulah penting sekali untuk menciptakan otot pantat yang kuat. Tak hanya berpengaruh pada area tertentu, tetapi juga dapat berperan positif pada bagian tubuh lain.

Dilansir Shape.com, ini alasan Anda perlu otot pantat yang kuat:

1. Melindungi kesehatan punggung

Seluruh otot di tubuh Anda saling bekerja sama. Itulah sebabnya Anda tidak bisa mengurangi atau menguatkan hanya satu otot pada satu waktu. Faktanya, area yang banyak melibatkan kerja sama salah satunya adalah otot pantat dan punggung.

Beberapa jenis latihan fisik atau olahraga seperti squat, konon dapat memperkuat otot pantat dan itu turut berdampak pada punggung Anda. Pernah mengalami sakit punggung pada momen-momen tertentu? Bisa jadi itu karena Anda kurang melatih otot pantat Anda.

2. Membentuk pinggul yang fungsional

Bokong yang kuat berarti seluruh sistem pinggul Anda sangat berfungsi. Hal ini bakal membantu Anda dalam aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan, berlari, melompat, jongkok, dan sebagainya secara fleksibel.

Demi membangun serta menciptakan pinggul yang fungsional, perhatikan dan jaga kemampuan jongkok Anda. Biasanya beberapa orang mengaku susah jongkok karena dua hal, yakni otot yang lemah atau banyak lemak menumpuk.

3. Segala aktivitas fisik butuh otot pantat yang kuat

Bukan hanya untuk olahraga, kekuatan otot pantat menjadi kunci bagi Anda untuk berhasil menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Dari bersepeda hingga terengah-engah menaiki tangga, otot pantat Anda sebenarnya sedang bekerja keras untuk segala aktivitas fisik yang dilakukan.

"Memiliki otot pantat yang kuat akan memastikan bahwa semua bagian tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya," kata Sara Lewis, pelatih fisik sederet bintang Hollywood seperti Ryan Gosling, Kim dan Khloë Kardashian, Christina Ricci, Sofía Vergara, serta pemilik XO Fitness di Los Angeles.

4. Memperkuat lutut

Selain daerah pinggul, memperkuat otot pantat juga penting untuk paha depan dan otot-otot yang mengelilingi serta mendukung lutut. Tanpa otot pantat yang kuat, Anda tidak akan dapat dengan aman melakukan gerakan-gerakan krusial saat berolahraga.

“Sulit bagi otot lutut yang lemah untuk menempatkan posisi secara benar. Hal itu bisa meningkatkan risiko Anda mengalami cedera,” kata Lewis.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan otot pantat yang kuat. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, langkah awal untuk mendapatkan bokong kencang dapat dilakukan dengan cara olahraga atau fitness.

“Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, lakukan mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri,” kata dr. Jesslyn.

Catat hal di atas sebagai alasan penting mengapa Anda harus membangun otot pantat yang kuat. Singkirkan rasa malas dan ciptakan tubuh yang lebih sehat dengan olahraga teratur. Selain itu, hindari kebiasaan buruk seperti duduk terlalu lama.

[RS/ RVS]