5 Tanda Persalinan Ibu Hamil Makin Dekat

Oleh Novita Permatasari pada 05 Jul 2018, 17:00 WIB
Terkadang, ibu hamil tidak menyadari bahwa kondisi kehamilannya sudah menunjukkan tanda-tanda persalinan. Berikut ini adalah penjelasannya.
5 Tanda Persalinan Ibu Hamil Makin Dekat (Africa-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Di masa kehamilan, salah salah satu kekhawatiran yang dirasakan ibu hamil adalah seputar persalinan. Tak heran, sebagian besar ibu hamil, terutama yang tengah mengalami kehamilan pertama, pasti benar-benar mengupayakan segala cara agar persalinannya berjalan lancar.

Menurut International Confederation of Midwives, sekitar 290.000 ibu hamil dan 3 juta bayi dalam setahun tidak terselamatkan nyawanya saat menjalani persalinan. Hal ini disebabkan pengetahuan yang kurang soal persiapan dan tanda persalinan pada ibu hamil.

Tak heran, berbagai usaha dilakukan oleh ibu hamil untuk memperlancar persalinan. Data yang dihimpun oleh Egensdiagnostics.com pada 2014 memaparkan bahwa 4 dari 10 ibu hamil melakukan senam kegel guna memperlancar momen melahirkan.

Tanda-tanda menjelang persalinan

Agar tepat prediksi dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ibu hamil dan orang-orang terdekatnya perlu mengetahui berbagai tanda-tanda persalinan sudah dekat. Berikut ini beberapa tanda yang dipaparkan oleh Babyologist:

1. Posisi kepala bayi sudah berada di bawah tulang panggul

Beberapa minggu sebelum persalinan dimulai, janin akan berada di bawah panggul Anda. Pada kondisi ini, Anda mungkin merasakan sedikit tekanan di bawah tulang rusuk. Ketika duduk, Anda pun akan merasa bayi ada di pangkuan.

2. Keluar lendir darah dari kemaluan

Dijelaskan oleh dr. Grace Valentine, adanya lendir yang keluar (atau disebut bloody show), biasanya ditandai dengan munculnya plak mucus yang kental dan menyumbat serviks. Lendir ini biasanya akan keluar beberapa hari sebelum persalinan hingga persalinan tiba akibat dari serviks yang perlahan membuka.

3. Terasa nyeri di daerah panggul dan sekitarnya

Saat janin sudah berada di bawah, ibu hamil akan merasa nyeri di daerah panggul. Kondisi ini normal terjadi karena janin akan dilahirkan.

4. Organ serviks melunak dan melebar

Pada minggu akhir sebelum melahirkan, akan terjadi perubahan pada jaringan ikat serviks yang melunak dan akhirnya tipis dan melebar hingga 1-2 sentimeter.

Itulah sebabnya mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir), biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan vagina untuk melihat apakah sudah ada perubahan pada leher rahim.

Demikianlah beberapa tanda menjelang persalinan yang sebaiknya diketahui oleh ibu hamil, dan orang-orang di sekitarnya. Pengetahuan ibu hamil yang lebih baik dapat membantu menciptakan proses kehamilan yang lebih nyaman dan persalinan yang lebih lancar. Baca artikel bertema serupa di sini.

[RVS]