Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

Susu UHT bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Apa saja manfaat susu ini bagi kesehatan anak?
Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

Klikdokter.com, Jakarta Susu UHT adalah salah satu jenis susu yang sering dijadikan pilihan sebagai susu pengganti ASI setelah si Kecil melewati masa menyusui hingga 2 tahun. Digemari karena rasanya yang enak, Anda mesti tahu apa saja manfaat susu UHT bagi anak.

Sering dijumpai dalam bentuk susu kotak atau kemasan lainnya, susu UHT dikenal sebagai sumber kalsium, sehingga tetap disarankan untuk diberikan kepada si Kecil karena kandungan nutrisinya penting bagi pertumbuhannya.

UHT adalah singkatan dari ultra-high temperature, yang berarti susu melewati proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi. Susu UHT dipanaskan pada suhu sekitar 140-150 derajat selama 2 detik kemudian, langsung dikemas.

Pemanasan tersebut bertujuan untuk membunuh kuman dan membuat susu lebih tahan lama, meskipun tanpa diberikan pengawet dan kemudian disimpan ke lemari pendingin.

Artikel lainnya: Tips Memilih Susu UHT yang Aman untuk Anak

1 dari 3

Berbagai Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Anak

Anak sedang Minum Susu UHT
loading

Dari segi kandungan zat gizi susu UHT, berikut ini adalah berbagai manfaat konsumsinya bagi anak.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu UHT mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan komponen penyusun tulang dan gigi.

Pada anak, proses pertumbuhan tubuhnya banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang. Selain itu, kalsium juga berperan pada kerja otot tubuh. Maka dari itu, dalam hal ini kandungan kalsium pada susu UHT sangat penting.

Sekotak susu UHT umumnya mengandung kalsium sekitar 300 mg dan hampir mencukupi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun, yaitu 500 mg.

Artikel lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT?

Nah, sisanya bisa dilengkapi dari sumber makanan tinggi kalsium lainnya, seperti keju yoghurt, ikan sarden, atau ikan teri.

  1. Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Selama proses tumbuh kembang, ada salah satu makronutrien yang tidak boleh absen dalam menu si Kecil, yaitu protein.

Disebut juga sebagai zat pembangun, protein berperan penting dalam tubuh, seperti pertumbuhan otot, daya tahan tubuh, dan metabolisme. Susu UHT umumnya mengandung sekitar 8 mg protein dalam satu sajian.

  1. Sumber Energi

Selain karbohidrat, lemak yang terkandung dalam susu UHT juga dapat dijadikan sumber energi bagi untuk si Kecil beraktivitas. Selain itu, kandungan gula yang kadang ditambahkan juga bisa menjadi sumber energi.

Artikel lainnya: Susu Rasa Buah, Baik untuk Kesehatan Anak?

  1. Membantu Perkembangan Otak

Perkembangan otak pada masa anak-anak merupakan fase yang sangat penting. Untuk mendukungnya, diperlukan asupan yang tinggi lemak.

Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, anak-anak membutuhkannya. Salah satu sumber lemak yang bisa dikonsumsi adalah susu UHT, khususnya yang full cream.

  1. Membantu Penyerapan Vitamin

Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang membutuhkan lemak untuk dapat larut dan dimetabolisme tubuh. Susu UHT kandungan lemaknya tinggi bisa membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut.

  1. Melengkapi Kebutuhan Gizi Anak

Susu UHT mengandung mikronutrien berupa mineral dan sering kali ditambahkan vitamin demi melengkapi kebutuhan gizi buah hati. Mineral yang ada dalam susu UHT biasanya meliputi magnesium, zink, fosfor, selenium, vitamin A, B, dan D.

Artikel lainnya: Tips Memilih Susu Pasteurisasi yang Aman untuk Dikonsumsi

2 dari 3

Batasan Usia Anak Boleh Minum Susu UHT

Anak sedang Minum Susu UHT
loading

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memperbolehkan konsumsi susu UHT sebagai penambah asupan gizi jika anak sudah berusia di atas 2 tahun, setelah pemberian ASI selesai.

Hal tersebut sedikit berbeda dengan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP), yang memperbolehkan susu UHT sebagai penambah asupan gizi untuk anak yang usianya minimal di atas 1 tahun.

AAP mengatakan bahwa anak di bawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga pemberian susu UHT  berisiko menimbulkan gangguan pencernaan, infeksi, dan gagal ginjal.

Batasan usia di atas harus diperhatikan, agar manfaat yang diharapkan dari kandungan nutrisi susu UHT tidak malah menyebabkan masalah kesehatan bagi anak.

Baca Juga

Selain itu, konsumsinya hanya boleh dijadikan sebagai tambahan, tidak boleh menggantikan makanan sebagai sumber nutrisi utama.

Tumbuh kembang anak harus didukung oleh nutrisi terbaik dengan pola makan sehat, salah satunya lewat susu UHT yang punya banyak manfaat. Ingin tahu lebih lanjut tentang nutrisi terbaik untuk anak? Anda juga bisa menanyakannya langsung ke dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(RN/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Tips Memilih Susu UHT yang Aman untuk Anak

Info Sehat
01 Apr

Tips Memilih Susu Pasteurisasi yang Aman untuk Dikonsumsi

Info Sehat
01 Apr

Coba Cek, Ternyata Ini Manfaat Minum Susu untuk Lansia

Info Sehat
14 Mar

Peran Susu untuk Menambah Tinggi Badan, Efektifkah?

Info Sehat
29 Feb

Adakah Pilihan Susu yang Rendah Atau Tanpa Laktosa?

Info Sehat
27 Feb

3 KOMENTAR

Avatar
Nurul Aisyah savahana
3 Bulan Lalu

saya suka susu

Avatar
Lili Elida
6 Bulan Lalu

klo saya tidak minum susu uht akan menyebabkan penyakit apa

Avatar
Icus
2 Tahun Lalu

helpful article

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk