Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 06 Apr 2020, 08:49 WIB
Terkadang anak suka malas sikat gigi malam hari. Jangan dibiarkan terus, nyatanya manfaat gosok gigi di malam hari sangat penting lho!
Seorang Anak sedang Menggosok Gigi di Malam Hari

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan gigi adalah salah satu hal penting bagi semua orang, tak terkecuali untuk anak.  Punya gigi sehat bisa didapatkan dengan cara sikat gigi malam hari. Apa si Kecil masih suka malas gosok gigi? 

Kebiasaan menyikat gigi di malam hari yang tidak teratur akan berakibat buruk. Sebab, masalah gigi yang muncul di rongga mulut dapat mengganggu fungsi pengunyahan dan menurunkan tingkat kecerdasaan, serta kepercayaan diri anak.

Untuk mencegahnya, menggosok gigi adalah salah satu langkah mudah yang dapat dilakukan.

 

1 of 3

Pentingnya Menggosok Gigi Malam Hari bagi Anak

Seorang Anak sedang Menggosok Gigi di Malam Hari
Seorang Anak sedang Menggosok Gigi di Malam Hari

Menggosok gigi adalah salah satu kegiatan membersihkan rongga mulut yang paling sederhana dan efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel agar plak tidak terbentuk di permukaan gigi.

Dengan membersihkan gigi secara teratur, dapat membantu mencegah gigi berlubang atau penyakit gusi. Pada kondisi yang parah dan tidak terawat, akan menyebabkan kehilangan gigi.

Ingin tahu cara menyikat gigi yang benar untuk anak? Nah, Anda bisa mulai dengan pemakaian alat yang tepat. Pilih sikat gigi anak dengan bulu yang lembut, dan gunakan pasta gigi khusus anak-anak.

Sebaiknya, ajak anak untuk ikut memilih sikat giginya. Jadi, si Kecil bisa selalu merasa senang ketika harus menyikat gigi karena ia memakai sikat gigi kesukaannya. Momen mengajarkan anak menggosok gigi jadi lebih menyenangkan, deh!

Artikel lainnya: 8 Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

Penting untuk menyikat gigi selama 2-3 menit sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan aktivitas ini pada pagi dan malam sebelum tidur, ya!

2 of 3

Alasan Kenapa Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

Ibu dan Anak Menggosok Gigi di Malam Hari
Ibu dan Anak Menggosok Gigi di Malam Hari

Tahukah Anda? Menggosok gigi pada malam hari lebih efektif, lho, dibanding pada pagi hari. Namun, bukan berarti sikat gigi pada pagi hari lantas disepelekan, ya! Anak tetap harus sikat gigi pada kedua waktu tersebut agar kesehatan gigi lebih terjaga.

Berikut ini adalah tiga alasan penting mengapa anak harus menggosok gigi malam hari:

  1. Bakteri Lebih Cepat Berkembang Biak

Kondisi di mana mulut kekurangan air liur seperti saat tidur malam hari, ketika tidak ada aktivitas membuat pH di dalam mulut bersifat asam.

Hal ini mengakibatkan aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari!

Air liur yang berfungsi untuk self-cleansing pun berkurang. Jadi, setiap kali anak tidak menggosok gigi sebelum tidur, ini seakan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di mulut anak.

Bakteri akan mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan email gigi. Inilah yang bikin gigi jadi mudah berlubang.

  1. Timbulnya Bau Mulut

Bila anak tidak menggosok gigi di malam hari, plak dapat menempel pada gigi. Lama-kelamaan, plak akan mengeras, sehingga terbentuklah karang gigi. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah bau mulut pada anak.

Artikel lainnya: 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Anak

  1. Makan saat Malam Hari sebelum Tidur

Makan malam tentu sudah menjadi rutinitas si Kecil. Banyak pendapat yang mengatakan, berkumur saja sudah cukup untuk membersihkan gigi sehabis makan malam sebelum tidur.

Padahal, berkumur saja sebetulnya masih kurang! Anak tetap harus menyikat giginya dengan sempurna.

Kurangi kebiasaan anak yang suka makan makanan manis di malam hari, dan rutinlah menggosok gigi sebelum tidur agar gigi tetap bersih dan sehat.

Sehabis makan, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit sebelum menggosok gigi. Bila tidak, asam akan terdorong ke lapisan gigi dan lama-lama asam tersebut bisa mengikis lapisan permukaan gigi.

Meskipun masih berupa gigi susu yang memang nantinya akan digantikan dengan gigi permanen, namun Anda wajib untuk tetap memelihara kesehatan gigi si Kecil sedini mungkin.

Hal ini penting agar anak terbiasa dalam merawat giginya saat nanti gigi permanennya sudah tumbuh.

Menjaga kesehatan gigi tidak dapat dipelajari sendiri oleh anak. Oleh karena itu, orang tua sangat berperan dalam mengenalkan dan membantu anak dalam merawat giginya.

Dengan memberi contoh dan mendampinginya, dapat membuat si Kecil mau dengan senang hati menyikat gigi dibanding bila Anda hanya menyuruhnya.

Jadi, mulai saat ini, ajarkan anak untuk rajin menggosok gigi agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat terlindungi. Tak hanya di malam hari, sikat gigi pagi hari juga jangan dilupakan, ya!

Sikat gigi malam hari sungguh penting, bukan? Bila ingin konsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut anak, chat dokter gigi lewat fitur Live Chat di aplikasi. Jangan lupa selalu update tips kesehatan dari KlikDokter!

(FR/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓