Tips Bebas Flu Usai Begadang Nonton Piala Dunia

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 08 Jul 2018, 08:00 WIB
Jangan biarkan Anda terkena flu yang mengganggu usai begadang nonton Piala Dunia. Ikuti solusi tercepat untuk meredakan flu berikut ini.
Tips Bebas Flu Usai Begadang Nonton Piala Dunia (Iakov Filimonov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Begadang dapat memunculkan berbagai macam risiko penyakit, salah satunya adalah penyakit flu. Terlebih saat menonton Piala Dunia, Anda dituntut untuk tetap terjaga sampai tengah malam. Dampak buruk dari begadang adalah kelelahan karena terforsirnya fisik dan mental untuk bekerja melampaui batas waktu biasanya

Selain itu, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, begadang dapat memengaruhi kesehatan kulit, sehingga wajah Anda dapat terlihat lebih tua dikarenakan sel-sel kulit tidak mendapatkan cukup waktu untuk istirahat.

“Risiko akibat begadang dapat pula menimbulkan kondisi dispepsia, mag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Resthie turut menyampaikan bahwa kelelahan juga menyebabkan tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga mudah terinfeksi virus seperti flu.

Oleh karena itu, diperlukan taktik yang tepat guna untuk mengantisipasi risiko kesehatan akibat begadang nonton Piala Dunia. Jika Anda terkena flu usai begadang nonton Piala Dunia, coba redakan segera dengan mengikuti anjuran dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter berikut ini:

  1. Cukup minum

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat membantu meredakan gejala flu, termasuk mengencerkan dahak yang kental.

Berbagai macam cairan dapat Anda minum, yang paling mudah adalah air putih hangat. Selain itu, coba juga teh jahe atau jus buah untuk mencukupi asupan vitamin dan antioksidan.

  1. Terapi uap

Kelembapan udara ternyata membantu meredakan gejala flu. Jadi, saat mengonsumsi minuman panas, hiruplah uap dari minuman tersebut. Anda juga bisa mencoba mandi air panas.

Cara sederhana lainnya? Isi baskom dengan air panas, lalu posisikan kepala Anda di atas baskom. Untuk hasil yang lebih efektif, tutupi kepala dan baskom dengan kain atau tambahkan minyak esensial pada air panas.

  1. Makan sehat

Saat flu, cobalah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan zat-zat lainnya agar flu cepat mereda, misalnya dengan memasak menggunakan bumbu jahe, bawang putih, dan kunyit. Sumber protein seperti ayam dan ikan berlemak (tuna atau salmon) juga sangat baik untuk melawan flu.

  1. Kumur dengan air garam

Jika flu disertai radang tenggorokan, cobalah berkumur dengan air garam. Cara membuat larutannya sangat mudah: campur ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga garam larut dalam air, lalu berkumurlah dengan air garam tersebut.

  1. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan

Ingin flu Anda cepat sembuh? Perhatikan juga kebersihan rumah maupun lingkungan Anda. Sia-sia saja makan sehat dan istirahat cukup jika kamar tidur Anda penuh kuman.

Selain itu, dalam membersihkan rumah, pastikan pembersih yang Anda gunakan benar-benar dapat menyapu kuman dengan baik, misalnya saja yang mengandung antibakteri. Ingatlah bahwa membersihkan rumah dengan air saja tidak cukup untuk membasmi kuman-kuman yang tak terlihat.

Kena flu saat begadang nonton Piala Dunia dapat mengganggu keseruan Anda menyimak pertandingan tim andalan. Ikuti saran-saran di atas agar flu cepat mereda. Ciptakan momen emas Anda mendukung tim favorit tanpa harus terkena gangguan kesehatan seperti flu.

[NP/ RVS]