Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia

Oleh Rieke Saras pada 08 Jul 2018, 12:00 WIB
Berencana nobar Piala Dunia malam ini? Untuk Anda para wanita, ikuti tips sehat berikut supaya tak tumbang keesokan harinya.
Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (MIND AND I/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sepak bola tak hanya milik pria, tapi juga wanita. Meski memang, jika sedang nobar Piala Dunia, pria tetap jadi penonton yang paling banyak (dan heboh) di antara kerumunan. Untuk Anda wanita yang gemar nonton bola hingga larut malam, hati-hati dengan kesehatan, apalagi jika keesokan paginya harus kuliah atau bekerja. Bisa-bisa Anda tumbang dan jadi zombi seharian. 

Bukan hanya persoalan tidur larut malamnya, melainkan juga duduk selama berjam-jam, ngemil makanan tinggi garam dan lemak, serta risiko serangan jantung karena emotional roller coaster saat nonton tim favorit Anda.

Ini sama sekali tidak berlebihan. Studi yang dimuat di New England Journal of Medicine melihat betapa banyaknya kejadian serangan jantung baik pada pria maupun wanita di Jerman saat Piala Dunia 2006, demikian dikutip dari Smithsonian. Peneliti juga menyimpulkan bahwa menonton pertandingan bola dapat menggandakan risiko serangan jantung. Lebih lanjut, meski tim Anda menang atau kalah, risiko itu tetap mengintai Anda.

Supaya Anda tetap fit setelah nobar bola, ikut tips sehat berikut, seperti dilansir Active dan Bupa:  

  • Ngemil sehat

 

Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Vorobyeva/Shutterstock)
Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Vorobyeva/Shutterstock)

Anda sering makan keripik kentang atau hamburger saat nobar bola? Lebih baik setop dan ganti dengan kudapan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

Potonglah berbagai varian buah seperti jeruk, stroberi, anggur, dan kiwi. Warna-warna yang cerah dari buah-buahan tersebut akan membuat Anda lebih tertarik untuk memakannya. Kacang-kacangan sehat seperti almon, pistachio, walnut, dan macadamia dapat menjadi pilihan.

Tetap tak bisa berpaling dari piza yang baru diantar oleh sahabat Anda sebagai “teman” nobar? Oke, tapi pastikan makan sedikit saja dan pilih yang topping sayurnya paling banyak, ya!

  • Minum air putih

 

Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Billion Photos/Shutterstock)
Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Billion Photos/Shutterstock)

Siapkanlah air putih di dekat Anda selama pertandingan berlangsung. Coba tahan diri Anda untuk tidak meminum soda tinggi gula atau alkohol bergelas-gelas. Untuk beberapa orang, nobar bola tanpa ngebir rasanya memang kurang afdol, tapi ingat saja untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih.

Agar lebih semangat minum air putih, Anda bisa mengakalinya dengan menjadikannya infused water. Irisan buah-buahan akan membuat rasa air putih yang hambar menjadi lebih sedap dan manis.

  • Bergerak aktif

 

Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Photographee.eu/Shutterstock)
Tips Sehat untuk Wanita yang Gemar Nobar Piala Dunia (Photographee.eu/Shutterstock)

Selama jeda iklan, angkat pantat Anda dan bergeraklah. Mungkin akan terasa aneh pada awalnya, tapi tak ada salahnya untuk dicoba, kan? Anda dapat melakukan gerakan sit-up, push-up, plank, atau bahkan melompat-lompat bersama teman-teman atau anjing Anda. Bisa juga dengan berjalan-jalan keluar sebentar.

Ingat, duduk dalam waktu yang lama bisa menaikkan risiko Anda terkena masalah kesehatan seperti diabetes mellitus hingga kanker. Bahkan, setiap jam yang Anda habiskan untuk duduk menonton TV melambungkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak tujuh persen!

Selain tiga tips di atas, usahakan untuk tidur yang cukup. Jika Anda harus bekerja keesokan harinya, cobalah untuk tidur siang selama beberapa menit dan cukup minum air putih. Bila Anda seorang wanita perokok, kurangilah batang rokok Anda selama nobar Piala Dunia, dan yang paling baik adalah berhenti selamanya dari kebiasaan buruk ini. Hal yang paling penting, lakukan medical check-up secara rutin untuk memonitor kesehatan Anda.

[RS/ RVS]