Periksa Kesehatan ke Dokter Langganan Bisa Turunkan Risiko Kematian?

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 06 Apr 2020, 22:45 WIB
Periksa kesehatan ke dokter langanan konon dapat memberikan manfaat pengobatan yang lebih efektif. Bagaimana secara medis?
Periksa ke Dokter yang Sama Bisa Turunkan Risiko Kematian?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang mungkin memiliki dokter langganan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, entah itu dokter umum ataupun dokter spesialis. Hal ini dilakukan karena dianggap bisa memberikan hasil pengobatan yang lebih efektif. Apakah terbukti?

Nyatanya, memeriksakan diri ke dokter yang sama secara rutin, misalnya saat periksa kesehatan tahunan, akan sangat menguntungkan Anda. Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal BMJ tahun 2018 menunjukkan bahwa periksa ke dokter yang sama akan menciptakan perawatan yang berkesinambungan. 

Hal tersebut memberikan sejumlah manfaat, baik bagi pasien maupun dokter yang merawat. 

Artikel Lainnya: Jangan Lakukan Hal Ini saat Mau Periksa Kesehatan

Untuk pasien, manfaat periksa ke dokter yang sama adalah sebagai berikut:

  • Pasien relatif akan lebih patuh pada anjuran dokter, sehingga angka keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi. 
  • Pasien akan dengan rela hati melakukan saran dokter untuk mencegah penyakit, misalnya melakukan vaksin tertentu dan langkah-langkah lainnya.
  • Pada pasien yang terbiasa periksa ke dokter yang sama akan memiliki frekuensi lebih rendah untuk masuk ke unit gawat darurat 
  • Secara psikologis, pasien juga akan merasa lebih nyaman untuk terbuka pada dokter dalam penyampaian keluhan.
  • Pasien akan lebih mudah menyampaikan rasa cemas yang dia alami. Sehingga, tingkat kepuasan pasien pun akan meningkat. 

Dari sisi dokter, memiliki pasien langganan juga akan berdampak positif. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Dokter akan memiliki gambaran riwayat perjalanan penyakit pasien melalui rekam medis dari kunjungan-kunjungan sebelumnya
  • Dokter akan lebih mudah mendeteksi faktor risiko yang dimiliki pasien, misalnya riwayat penyakit dalam keluarga, anggota keluarga yang tinggal satu rumah, riwayat pekerjaan, dan kebiasaan pasien

Melalui data yang diberikan pasien tiap kunjungan, pemahaman dokter terhadap kondisi pasien akan lebih menyeluruh (komprehensif). Dengan ini, dokter dapat memberikan pengobatan yang paling tepat dan pendekatan pencegahan penyakit yang sesuai dengan kondisi pasien. 

Lantas, bagaimana dengan angka kematian? Apakah periksa ke dokter yang sama dapat mencegah kematian? 

Artikel Lainnya: Cek Kondisi Kesehatan Lewat Jari, Mungkinkah?

1 of 2

Periksa di Dokter yang Sama Bisa Kurangi Risiko Kematian?

Ilustrasi Seorang Pasien Periksa di Dokter
Ilustrasi Seorang Pasien Periksa di Dokter

Untuk menjawab pertanyaan ini, berbagai penelitian telah dilakukan. Salah satunya adalah penelitian di Taiwan pada tahun 2017 yang dimuat dalam The American Journal of Managed Care

Para peneliti menganalisis data dari ratusan ribu pasien diabetes (penyakit gula) sejak tahun 1997 sampai 2009. Hasilnya, pasien diabetes yang rutin kontrol ke dokter memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan yang jarang kontrol. Hal tersebut bisa jadi juga terjadi pada kondisi selain diabetes.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kontrol rutin ke dokter hanya salah satu langkah untuk menurunkan risiko kematian. Karena pada dasarnya, ada banyak faktor yang berpengaruh pada hal tersebut. 

Di samping itu, tidak dimungkiri juga bahwa seorang dokter sering kali memerlukan pendapat dari dokter lain terutama spesialisas tertentu untuk merujuk pasiennya. Itu sebabnya, pasien kadang harus berkonsultasi pada lebih dari satu dokter untuk pengobatan penyakitnya. 

Bila memang merasa kurang puas dengan satu dokter, sebagai pasien Anda berhak meminta pendapat dari dokter lain. Hal ini biasanya pun disarankan oleh para dokter. 

Periksa kesehatan ke dokter yang sama secara rutin memang memiliki sejumlah manfaat, bahkan dapat menurunkan risiko ataupun mencegah kematian. 

Jadi, bila telah menemukan dokter yang cocok dengan selera Anda, tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter tersebut secara rutin untuk penanganan penyakit yang lebih baik dan optimal. 

Apabila Anda ingin merasakan pengalaman berkonsultasi dengan dokter yang berbeda-beda, tidak ada salahnya untuk periksa kesehatan secara online melalui Live Chat 24 jam dari KlikDokter

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓