Senin Pagi Badan Lemas Usai Nonton Piala Dunia? Ini Solusinya

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 09 Jul 2018, 13:01 WIB
Jika Senin pagi Anda mengalami badan lemas usai malam sebelumnya begadang nonton Piala Dunia, ini solusinya.
Senin Pagi Badan Lemas Usai Nonton Piala Dunia? Ini Solusinya (G-stockstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Demam Piala Dunia 2018 masih berlangsung, Anda yang menggemari sepak bola pastinya enggan untuk melewatkan pertandingan yang makin dekat ke babak final. Anda pun rela begadang. Alhasil, saat harus kembali memulai aktivitas hari Senin pagi, badan malah lemas. Adakah solusinya?

Begadang nonton Piala Dunia nyatanya bisa bikin badan lemas. Hal ini terjadi karena jam istirahat Anda otomatis berkurang, sehingga menjadikan tubuh kurang fit untuk menjalani aktivitas pagi hari.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, badan lemas sejatinya bisa terjadi karena:

  1. Kurang mengonsumsi makanan bergizi

Coba perhatikan menu makanan Anda sehari-hari, apakah bergizi seimbang atau justru kebanyakan mengandung lemak trans (misalnya makanan yang digoreng)? Nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh. Energi ini digunakan untuk menjalankan fungsi sel-sel dalam tubuh. Ketika tidak ada sumber energi, maka tubuh akan terasa lemas.

  1. Kurang darah (anemia)

Anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menjalankan fungsi sel-sel. Ketika tidak ada pasokan oksigen, maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat seperti saat operasi besar, melahirkan, atau kecelakaan.

  1. Tekanan darah rendah

Berbeda dengan kurang darah, tekanan darah rendah diukur dengan menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah normal berkisar antara 110–120 per 70–80 mmHg. Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Tekanan darah rendah yang dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian.

  1. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan. Segeralah minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

1 of 2

Solusi mengatasi badan lemas

Sebetulnya masih ada banyak lagi penyebab badan lemas lainnya, seperti karena adanya penyakit tertentu yang mendasari. Jika Anda merasakan keluhan badan lemas, dr. Ellen Theodora menganjurkan untuk mengatasinya dengan cara ini:

  1. Perbanyak asupan makanan bergizi

Saat nonton Piala Dunia, hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan.  Pilih makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat saat masa pemulihan ini. Sumber makanan yang baik tentunya dapat memberikan nutrisi yang juga baik, yang bisa menambah energi pada tubuh.

  1. Jaga cairan tubuh

Seperti yang telah Anda ketahui, sebagian besar tubuh terdiri dari air. Oleh sebab itulah air juga merupakan salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Manfaat air putih begitu banyak, yang salah satunya adalah membantu Anda untuk mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit. Jagalah selalu tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Jam tidur yang cukup

Anda dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya. Karena saat tidur, energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih dapat bekerja secara maksimal. Akali kebiasaan begadang akibat nonton Piala Dunia dengan melakukan tidur siang atau power nap saat ada waktu senggang.

  1. Jangan lupa untuk berolahraga

Olahraga dapat memicu agar energi tubuh kembali. Selain olahraga intensitas sedang, olahraga ringan seperti meditasi atau yoga juga bagus untuk menenangkan pikiran. Dengan begitu, energi positif dapat tersalurkan ke tubuh.

  1. Hindari stres

Pada kenyataannya, stres sungguh memengaruhi pikiran Anda dan berkaitan dengan pemulihan kesehatan. Apagi saat tim unggulan kalah, tentunya menimbulkan kekecewaan dan kesedihan bagi orang-orang yang pada dasarnya sudah dalam kondisi stres. Terimalah dengan lapang dada dan bersikap sportif. Beri selamat teman-teman pendukung tim rival.

Senin pagi badan terasa lemas usai begadang nonton Piala Dunia malam sebelumnya? Jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mengatasinya. Lakukan beberapa tips yang disebutkan di atas dan sebisa mungkin buatlah komitmen untuk terus menjalani gaya hidup sehat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓