Amankah Penggunaan Losion pada Bayi?
searchtext customer service

Amankah Penggunaan Losion pada Bayi?

Banyak cara untuk merawat kulit bayi. Salah satunya dengan penggunaan losion. Namun, apakan penggunaan pelembap bayi aman? Simak penjelasannya.
Amankah Penggunaan Losion pada Bayi?

Penggunaan berbagai produk khusus bayi adalah salah satu upaya orangtua untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

Nah, bicara mengenai kesehatan kulit bayi, banyak orangtua yang bertanya-tanya, apakah penggunaan pelembap bayi aman?

Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih tipis dan cenderung mudah iritasi. Padahal, integritas kulit yang baik sangatlah penting sebagai perisai tubuh si kecil dari berbagai kuman di lingkungan sekitar.

Jika kulit bayi rusak, kuman akan mudah masuk melalui celah kulit yang rusak tersebut. Bayi pun jadi lebih mudah sakit. Itulah alasannya penggunaan krim atau losion pada bayi perlu dilakukan.

1 dari 3

Manfaat Penggunaan Losion atau Cream pada Bayi

loading

Pada awal kelahiran, kelenjar rambut dan kelenjar keringat bayi belum berfungsi secara sempurna. Hal tersebut menyebabkan kulit bayi cenderung lebih kering.

Oleh karena itu, penggunaan losion atau krim bayi adalah pilihan yang tepat untuk mencegah kulit kering sekaligus merawat kulitnya.

Menggunakan krim untuk kulit bayi pada dasarnya aman dan justru dianjurkan. Dengan catatan, losion atau krim yang digunakan khusus diformulasikan untuk kulit bayi. Mengapa?

Artikel Lainnya: Tips Pakai Skincare untuk Bayi Usia 0 hingga 12 Bulan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menjaga integritas kulit bayi sangatlah penting. Kulit yang kering akan mudah gatal dan terkelupas.

Akibatnya, dapat muncul kerusakan mikro pada kulit yang tidak kasatmata. Untuk mencegah kulit bayi mengalami kekeringan, rawat kulitnya dengan losion atau krim.

Waktu yang direkomendasikan untuk memberikan losion atau krim pada bayi adalah ketika selesai dimandikan. Hal ini karena air akan mengikis pelindung kulit. Si kecil pun lotion atau krim untuk melembapkan kulit bayi.

2 dari 3

Memilih Losion atau Cream yang Tepat untuk Bayi

loading

Anda memang tidak boleh sembarangan memilih produk perawatan kulit untuk bayi, seperti losion. 

Pilihlah krim kulit yang bagus untuk bayi dan dibuat khusus untuk mereka. Losion atau krim khusus bayi punya kandungan yang lebih ringan dan disesuaikan dengan kulit si kecil yang masih tipis.

Apabila krim anak untuk usia yang lebih besar atau bahkan losion untuk orang dewasa dioleskan ke bayi, kulitnya bisa teriritasi.

Jika kulit bayi sampai iritasi, integritas kulit akan terganggu. Akibatnya, kuman bakal lebih mudah masuk melalui kulit.

Jangan sampai tujuan awal penggunaan krim pada bayi untuk mencegah kekeringan kulit bayi, justru malah berujung terjadinya iritasi yang dapat memperberat kerusakan.

Artikel Lainnya: Kondisi Kulit Bayi Baru Lahir dan Artinya bagi Kesehatan

Agar kulit bayi senantiasa terlindungi, pastikan untuk memilih losion atau krim khusus bayi yang tepat. Apa saja kriteria memilih pelembap bayi yang direkomendasikan dokter?

  1. Prinsip less is moresaat memilih produk perawatan bayi. Produk tanpa kandungan pewarna, pengawet, atau pengharum yang terlalu menyengat adalah pilihan tepat.
  1. Pada kulit bayi normal, Anda mungkin tidak akan menemui kendala dalam merawat kulit. Namun, pada kulit bayi sensitif, Anda harus memilih losion atau krim dan perawatan kulit untuk kulit sensitif dan dipantau sampai bayi berusia 1 tahun.
  1. Pilih krim yang sesuai pH kulit bayi. Kulit bayi memiliki pH (tingkat asam basa) sekitar 5,5. Jadi, sebaiknya Anda memilih losion atau krim yang mendekati angka pH 5,5.
  1. Pilih losion atau krim bayi hypoallergenic, yang berarti sudah melalui pengujian khusus pada kulit bayi. Hal ini akan meminimalkan atau menghindari terjadinya reaksi alergi pada kulit bayi akibat penggunaan produk tertentu dan aman untuk bayi berkulit sensitif.
  1. Pilih krim yang aman digunakan di seluruh tubuh, termasuk wajah. Anda jadi tidak perlu menggunakan bedak tabur yang dapat meningkatkan risiko gangguan pernapasan karena adanya iritasi pada saluran pernapasan bayi.

Untungnya, semua kriteria di atas dapat Bunda temukan dalam PUREBB Soothing Cream. Pelembap kulit khusus bayi ini membantu melembapkan kulit bayi yang kering, sensitif, kemerahan, serta gangguan kulit lainnya.

Artikel Lainnya: Berbagai Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi

PUREBB Soothing Cream, sesuai dengan namanya, berbentuk krim. Teksturnya lebih kental karena kandungan minyaknya lebih banyak dibandingkan air. Kulit bayi yang cenderung sensitif juga butuh ekstra pelembap.

PUREBB Soothing Cream diperuntukkan bagi baby newborn, bayi prematur, kulit sensitif, dan si kecil yang mengalami gangguan kulit.

PUREBB Soothing Cream juga aman digunakan di seluruh tubuh, termasuk wajah sebagai pengganti bedak. Jadi, tidak perlu khawatir, produk ini aman meski si kecil sering tak sengaja memasukkan tangan ke dalam mulut.

Baby cream ini mengandung bahan-bahan alami yang tentunya aman bagi kulit si kecil. Antara lain, oat kernel yang dapat menenangkan kulit dan membantu mengatasi rasa gatal dan perih akibat iritasi.

Krim kulit bayi ini tidak mengandung pengawet (bebas paraben) dan non-alkohol, sehingga terhindar dari iritasi.

PUREBB Soothing Cream juga mengandung sunflower seed oil sebagai pelembap (moisturizer) sekaligus membantu regenerasi kulit. Kandungan olive leaf di dalamnya juga berfungsi sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur.

Kandungan-kandungan tersebut amat baik untuk menenangkan, menyejukkan, mengurangi gatal, serta menjadi antioksidan sekaligus meregenerasi sel-sel kulit.

PUREBB Soothing Cream dilengkapi dengan formula low hazard active ingredients, yakni produk ini menggunakan bahan yang aman (green index).

Produk ini juga diproduksi di perusahaan farmasi standar GMP (good manufacturing practice) sehingga terjamin keamanannya bagi si kecil.

Artikel Lainnya: Alergi pada Kulit Bayi yang Perlu Anda Tahu

PUREBB Soothing Cream juga sudah berlabel Hypoallergenic jadi meminimalkan terjadinya risiko reaksi alergi pada bayi.

Tingkat pH yang ditawarkan produk pelembap kulit bayi ini juga sesuai dengan anjuran, yakni 5,5.

Mengoleskannya secara teratur dapat menjaga kelembapan sekaligus keseimbangan kulit si kecil setiap hari.

Oleskan PUREBB Soothing Cream ke seluruh tubuh termasuk wajah bayi secara merata dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari setelah mandi.

Jangan tunggu kulit si kecil kering, kusam, dan bermasalah. Jaga kesehatan kulit bayi sedari dini. Pilih PUREBB Soothing Cream yang terbuat dari bahan-bahan alami dan teruji klinis aman untuk bayi.

Baca Juga

Apabila kondisi kulit bayi mengalami masalah, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dapatkan informasi menarik seputar tips merawat kesehatan kulit anak di tautan berikut.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Bahaya Putihkan Selangkangan dengan Ketoconazole-Betametason

Info Sehat
27 Okt

Manfaat Pakai Topi Pada Bayi Baru Lahir

Info Sehat
26 Okt

Memahami Katarak Kongenital pada Bayi Baru Lahir

Info Sehat
24 Okt

Inilah Penyebab Alis Tipis dan Sulit Tumbuh

Info Sehat
21 Okt

Mitos atau Fakta? Konsumsi Antasida untuk Bayi Berisiko Patah Tulang

Info Sehat
18 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat