Kapan Anak Boleh Mulai Minum Susu UHT?

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 09 Apr 2020, 19:46 WIB
Susu UHT sehat dan punya banyak manfaat. Tapi kapan sebaiknya anak minum susu UHT? Adakah batas usia minimal untuk anak? Ketahui di artikel ini.
Kapan Anak Boleh Mulai Minum Susu UHT?

Klikdokter.com, Jakarta Pertanyaan ‘kapan anak boleh minum susu UHT’ sering kali ditanyakan para orang tua yang memiliki bayi atau batita. Selain praktis dan rasanya enak, susu UHT atau Ultra High Treatment memang menyajikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan susu UHT antara lain adalah kalsium dan protein, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak. Seperti Anda tahu, kalsium sangat penting untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang.

Sementara protein, selain untuk pertumbuhan, juga berperan dalam proses penyembuhan, penggantian jaringan dan sel tubuh yang mati atau rusak, melawan penyakit, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Selain kaya nutrisi, susu ini juga steril berkat dipanaskan 2-4 detik dengan suhu yang sangat tinggi, sekitar 137⁰ Celsius. Proses singkat dalam suhu yang tinggi ini juga lebih efektif membunuh kuman dibandingkan pasteurisasi.

Artikel lainnya: Bolehkah Balita Minum Susu Kental Manis?

Proses tersebut sekaligus membuat susu dapat disimpan lebih lama dalam suhu ruangan asalkan kemasannya masih tertutup rapat.

Namun demikian, pemberian susu dalam kemasan ini tidak boleh diberikan secara sembarangan pada anak-anak. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua. Salah satunya terkait usia. Jadi, kapan anak boleh minum susu UHT?

1 of 3

Usia Anak untuk Minum Susu UHT

Anak sedang Minum Susu UHT
Anak sedang Minum Susu UHT

Usia anak minum susu UHT yang disarankan adalah di atas satu tahun. Mengapa demikian? Bayi dilahirkan dengan kondisi fungsi saluran cerna dan ginjal yang belum sempurna.

Jika diberikan terlalu dini, kandungan elektrolit yang tinggi dalam susu UHT belum dapat diproses oleh ginjal bayi. Si Kecil pun berisiko mengalami masalah ginjal di kemudian hari.

Artikel lainnya: Tips Memilih Susu UHT yang Aman untuk Anak

Selain itu, saluran cerna bayi juga belum sempurna untuk mencerna nutrien yang terkandung di dalam susu UHT. Hal ini dapat menyebabkan gangguan penyerapan, diare, muntah, sakit perut, dan masalah saluran cerna lainnya.

Berbeda dengan susu UHT, ASI dan susu formula memiliki kandungan nutrien dan elektrolit yang sesuai dengan kemampuan saluran cerna dan ginjal bayi.

Karena pertimbangan itu, disarankan anak baru boleh diberikan susu dalam kemasan ini di atas usia satu tahun. Untuk anak di bawah satu tahun, hanya boleh diberikan ASI atau susu formula khusus bayi.

2 of 3

Porsi Susu UHT yang Dianjurkan

Anak sedang Minum Susu UHT
Anak sedang Minum Susu UHT

Susu UHT dapat diberikan secara bertahap kepada anak di atas satu tahun agar tubuh dapat beradaptasi terlebih dahulu. Pemberian susu UHT kepada anak usia 1-3 tahun rata-rata adalah 2-3 gelas berukuran 200-250 ml per hari.

Artikel lainnya: Berapa Lama Susu Bisa Bertahan di Suhu Ruangan?

Pemberian susu UHT juga harus diatur agar tidak terlalu dekat dengan waktu pemberian makan karena akan menyebabkan anak kenyang hingga tidak mau makan. Padahal, pada anak di atas satu tahun pemenuhan kebutuhan nutrisi utama yang dianjurkan adalah dari makanan padat.

Selain itu, perhatikan beberapa hal ini ketika ingin memberikan susu UHT kepada anak:

Perhatikan tanggal kedaluwarsa serta kemasannya. Jangan berikan susu yang tidak layak konsumsi atau kemasannya sudah rusak pada anak.

Cara penyimpanan susu UHT. Simpan susu di tempat sejuk atau di dalam kulkas. Jika sudah dibuka, susu dapat disimpan dalam kulkas selama 24 jam saja. Jika tidak habis, sebaiknya dibuang untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Pastikan anak tidak memiliki alergi susu sapi. Jangan berikan susu UHT jika si Kecil memiliki alergi susu sapi karena minuman ini terbuat dari susu sapi yang dapat menimbulkan gejala alergi pada anak dengan alergi susu sapi.

Hindari pemberian susu UHT dengan beraneka rasa. Biasanya, susu ini ditambahkan aneka perasa dan pemanis sehingga dapat membuat anak terbiasa minum minuman manis. Jika dibiarkan, ini akan terbawa hingga anak dewasa dan dapat memicu obesitas.

Pada anak obesitas, hindari pemberian susu UHT berlebihan karena akan menyebabkan berat badan anak sulit turun.

Pada dasarnya, anak minum susu UHT tetap diperbolehkan. Asalkan, si Kecil sudah berusia di atas satu tahun dan tetap memperhatikan kondisi kesehatan mereka. Cari tahu makanan bergizi untuk buah hati Anda lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓