Tips Sehat Nonton Semifinal Piala Dunia

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 10 Jul 2018, 13:57 WIB
Jika Anda merencanakan untuk begadang nonton pertandingan semifinal piala dunia, lakukan tips sehat berikut ini.
Tips Sehat Nonton Semifinal Piala Dunia (Olena-Yakobchuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pertandingan pertama babak semifinal Piala Dunia 2018 akan berlangsung dini hari nanti. Babak semifinal Piala Dunia 2018 bakal mempertemukan empat tim kuat, yaitu Prancis vs Belgia dan Kroasia vs Inggris. Jika Anda adalah pencinta sepak bola, jadwal pertandingan yang makin mendekati babak final tentunya tak akan Anda lewatkan. Apalagi jika satu dari empat negara tersebut adalah jagoan Anda. Karena nonton pertandingan ini mengharuskan Anda untuk begadang hingga menjelang subuh, tetap prioritaskan kesehatan dengan melakukan berbagai tips sehat dari KlikDokter.

Efek buruk kurang tidur akibat begadang nonton Piala Dunia

Begadang memang diketahui bisa berdampak buruk bagi tubuh, apalagi jika dilakukan terus-menerus. Contohnya saat Anda tak pernah melewatkan pertandingan Piala Dunia selama tiga minggu terakhir.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, dari KlikDokter, dampak buruk dari begadang adalah kelelahan pada tubuh akibat memforsir fisik dan mental untuk bekerja melampaui kemampuan tubuh pada waktu normal.

“Begadang dapat memengaruhi kesehatan kulit, sehingga wajah Anda dapat terlihat lebih tua karena sel-sel kulit tidak mendapatkan cukup waktu untuk istirahat. Selain itu, risiko akibat dari begadang juga termasuk dispepsia, mag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipretensi, stroke, dan serangan jantung,” dr. Nitish menjelaskan.

Kelelahan akibat begadang nonton Piala Dunia juga mampu mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh, sehingga membuatnya menjadi mudah terinfeksi virus, kemudian jatuh sakit. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal ini.

Begadang membuat badan lemas dan gampang sakit, karena kebiasaan tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidak cukup tidur, sangat mungkin untuk jatuh sakit setelah terpapar virus, misalnya virus influenza.

Pada dasarnya, kebutuhan untuk tidur dengan cukup berdasar pada fungsi bahwa hal itu dapat melawan risiko terserang infeksi. Selain gangguan kesehatan, kurang tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

“Begadang sama sekali tidak mendatangkan kebaikan bagi tubuh Anda. Pertama, Anda akan bangun dalam keadaan yang tidak segar. Akibatnya, Anda akan merasa letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, saat tidur tubuh berusaha mengganti sel-sel yang rusak. Hal yang paling sederhana dapat terlihat lewat kondisi kulit. Mereka yang sering begadang biasanya bermasalah dengan jerawat. Ketiga, kebiasaan begadang juga dapat meningkatkan berat badan,” kata dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menambahkan.

1 of 2

Tips sehat menonton piala dunia

Menonton pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 dan mendukung tim nasional favorit Anda sah saja. Meski demikian pastikan Anda juga menjalani tips sehat yang dipaparkan oleh dr. Nitish ini:

1. Cukupi jam tidur

Umumnya, durasi minimum jam tidur orang dewasa adalah 6 jam dalam sehari. Pastikan Anda mencukupi jam tidur Anda yang “tersita” karena begadang. Bagaimanapun, tidur adalah hak bagi tubuh untuk mendapatkan jatah istirahatnya dan Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika dalam sehari jatah tidur Anda berkurang, penuhilah segera sebelum merasa lelah.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Asupan nutrisi ketika begadang ikut menentukan kondisi kesehatan. Banyak orang melakukan kesalahan dengan memilih kopi, rokok, makanan kemasan, ataupun aneka gorengan untuk menemani begadang. Lebih baik pilih yang sehat!

Pilihlah minuman seperti teh dan makanan yang direbus. Hindari juga makanan yang tinggi akan kadar gula yang marak berasal dari makanan kemasan dan minuman bersoda. Perbanyaklah asupan cairan Anda. Terlebih lagi, hindari juga rokok serta alkohol.

3. Rutin berolahraga

Jika Anda gemar begadang, imbangi dengan rutin melakukan olahraga. Manfaat olahraga rutin adalah membuat kondisi tubuh Anda menjadi berstamina. Dengan demikian, Anda akan memiliki daya tahan yang lebih baik daripada mereka yang sering begadang tapi malas berolahraga.

Dengan melakukan tips sehat di atas, diharapkan Anda akan terhindar dari berbagai dampak buruk begadang terhadap kesehatan. Selamat nonton semifinal Piala Dunia, dan semoga tim unggulan Anda melenggang ke babak final!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓