Makan Produk Probiotik untuk Usir Sakit Perut, Efektifkah?

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 10 Jul 2018, 16:20 WIB
Mengonsumsi asupan yang mengandung probiotik disinyalir mampu mengusir sakit perut dengan lebih efektif. Apa kata medis?
Makan Produk Probiotik untuk Usir Sakit Perut, Efektifkah? (B-D-S-Piotr-Marcinski/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Asupan yang mengandung probiotik – baik makanan maupun suplemen – dipercaya  dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bakteri baik ini juga diyakini memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi masalah sakit perut. Benarkah demikian?

Sebelum menjawab itu, Anda perlu tahu bahwa probiotik adalah mikroorganisme baik yang bisa mendatangkan beragam manfaat sehat. Organisme berukuran sangat kecil ini sebenarnya ada di dalam saluran pencernaan manusia secara alami. Meski demikian, juga dapat ditemukan pada sejumlah makanan dan suplemen.

Beberapa makanan mengandung probiotik, misalnya yoghurt, susu berfermentasi, beberapa jenis keju, tempe, kimchi, dan acar. Sedangkan suplemen khusus yang mengandung probiotik dapat ditemukan dalam rupa tablet, kapsul, bubuk, maupun cairan. Lactobacillus dan Bifidobacterium adalah beberapa jenis probiotik yang bisa ditemukan pada makanan atau suplemen

Cara kerja probiotik

Probiotik membantu menjaga kesehatan dengan cara menurunkan jumlah bakteri jahat si saluran cerna. Dengan demikian, risiko terjadinya infeksi maupun inflamasi di organ tubuh tertentu menjadi lebih kecil.

Terkait itu, beberapa studi menyimpulkan bahwa probiotik dapat mencegah dan mengobati masalah pada perut bagian dalam. Bakteri baik ini memberikan manfaat signifikan pada kasus keluhan perut yang disebabkan oleh sindrom usus besar (irritable bowel syndrome), intoleransi laktosa, tukak saluran cerna, konstipasi, maupun penyakit inflamasi usus seperti ulseratif atau Chron.

Peneliti percaya bahwa probiotik mampu mengubah komposisi koloni bakteri pada usus. Dengan ini, inflamasi atau peradangan yang sedang terjadi bisa diperbaiki, sehingga fungsi usus akan kembali normal secara bertahap.

Hal itu terjadi karena beberapa jenis probiotik diketahui dapat memengaruhi pergerakan usus dengan melunakkan kotoran, mengubah sekresi dan absorpsi air maupun elektrolit, serta mengubah kontraksi sel otot polos. Selain itu juga berguna untuk meningkatkan produksi laktat dan asam lemak rantai pendek, serta menurunkan pH intralumen.

Dalam konteks konstipasi, misalnya, probiotik dapat meningkatkan peristaltik usus dan mempersingkat waktu transit usus secara keseluruhan. Ini berarti, keluhan yang terjadi juga bisa segera hilang.

Untung rugi probiotik

Secara umum, probiotik yang terkandung dalam makanan dan suplemen khusus aman untuk dikonsumsi. Namun pada beberapa orang, konsumsi probiotik dapat menimbulkan efek samping yang tergolong ringan, misalnya sakit perut, perasaan kembung atau begah, rasa haus yang meningkat, konstipasi, hingga diare selama beberapa hari.

Tak sebatas itu, probiotik juga memiliki potensi untuk memicu reaksi alergi pada golongan orang tertentu. Bahkan, penggunaan probiotik pada orang yang mengalami penyakit serius atau memiliki sistem kekebalan tubuh rendah cenderung tidak dianjurkan karena dapat memicu komplikasi serius.

Probiotik dan sakit perut

Sampai saat ini, para peneliti belum dapat menyimpulkan secara pasti apakah makanan dan suplemen yang mengandung probiotik dapat membantu mengatasi masalah sakit perut atau tidak. Beberapa studi mengatakan: ya. Sayangnya beberapa lainnya mengatakan bahwa mengonsumsi probiotik tidak memberikan efek yang terlalu signifikan.

Lebih jauh, para peneliti juga belum dapat mengonfirmasi probiotik jenis apa yang memberikan manfaat pada masalah sakit perut. Mereka, para peneliti dan ahli kesehatan, masih memerlukan studi-studi lanjutan untuk memastikan hal tersebut.

Meski demikian, tak ada salahnya bila Anda ingin menambahkan asupan yang mengandung probiotik ke dalam menu sehari-hari. Selama dikonsumsi dalam jumlah cukup dan tidak bertentangan dengan kondisi kesehatan, probiotik mungkin akan mendatangkan segudang manfaat menguntungkan.

[NB/ RVS]