Susu Bubuk vs Susu Cair, Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 14 Apr 2020, 09:12 WIB
Untuk anak, lebih baik pilih susu bubuk atau susu cair? Apakah terdapat perbedaan kandungan gizi susu di antara kedua jenis susu tersebut?
Susu Bubuk vs Susu Cair, Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

Klikdokter.com, Jakarta Kebutuhan nutrisi harian si Kecil semakin banyak ketika dirinya genap berusia 1 tahun. Di usia ini, ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena itu, tidak sedikit orang tua yang memberikan susu tambahan, baik susu bubuk atau susu cair.

Susu bubuk umumnya berbahan dasar susu sapi yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi bubuk kering. Susu bubuk dibuat dengan cara memanaskan susu cair hingga kering, dengan menggunakan alat berupa spray drying.

Selain bisa berupa susu skim, susu bubuk juga tersedia dalam bentuk full cream atau whole milk.

Sementara untuk susu cair, jenis ini terbagi menjadi dua macam: susu cair segar dan susu cair olahan. Susu cair segar berasal langsung dari perahan hewan ternak penghasil susu.

Produk susu jenis ini bebas dari kolostrum dan tidak diolah lagi dengan tambahan pemanis atau perasa buatan.

Berbeda halnya dengan susu cair segar, susu cair olahan mengalami proses pengolahan untuk mempertahankan zat gizi, menambah cita rasa dan mempertahankan daya simpan susu.

Susu cair olahan dapat berupa susu pasteurisasi, susu UHT, susu skim, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Apakah Nutrisi dalam Susu Soya Setara dengan Susu Sapi?

1 of 3

Perbedaan Susu Bubuk dan Susu Cair

Susu Bubuk dan Susu Cair
Susu Bubuk dan Susu Cair

Berikut ini adalah perbedaan kandungan gizi susu, baik dalam susu bubuk atau susu cair:

  • Kalori dan Protein

Satu porsi susu bubuk rendah lemak dengan susu cair rendah lemak mengandung 80 kalori. Keduanya juga memiliki sekitar 8 gram protein per porsi.

  • Vitamin

Untuk kandungan vitamin, susu cair memiliki vitamin B-kompleks yang sedikit lebih banyak daripada susu bubuk, terutama vitamin B-5 dan B-12. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Perlu diketahui, vitamin B-5 membantu memelihara membran sel dalam tubuh. Sementara itu, vitamin B-12 membantu transportasi oksigen dalam tubuh.

Secangkir susu cair mengandung 1,2 mikrogram vitamin B-12 dan 0,9 miligram vitamin B-5. Sementara itu, untuk porsi serupa pada susu bubuk yang dilarutkan memiliki 0,9 mikrogram vitamin B-12 dan 0,8 miligram vitamin B-5.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Atasi Alergi Susu Sapi pada Si Kecil

  • Selenium

Susu cair memberikan sedikit lebih banyak fosfor dan selenium daripada susu bubuk. Kedua mineral tersebut memainkan peran dalam fungsi enzim, yang mendukung metabolisme sel tubuh.

Satu porsi susu segar mengandung 7,6 mikrogram selenium. Sementara itu, porsi yang sama pada susu bubuk yang dilarutkan mengandung 6,3 mikrogram selenium.

  • Fosfor

Susu cair menyediakan 247 miligram fosfor atau 35 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan, susu bubuk memiliki kandungan fosfor yang sedikit lebih rendah, yaitu hanya 227 miligram.

Secara garis besar, susu bubuk dan susu cair memiliki kemiripan dalam kandungan nutrisi utama. Namun, kandungan nutrisi yang paling utuh ada pada susu cair.

Hal ini karena susu bubuk sudah mengalami proses pengolahan dan pemanasan, sehingga kadar nutrisinya akan berubah sebesar 30%.

Jika memang demikian, lebih baik mana susu bubuk atau susu cair? Apakah susu cair lebih superior karena nutrisinya lebih banyak? Atau justru sebaliknya?

Artikel Lainnya: Ingin Berikan Susu Kedelai pada Si Kecil? Cek Dulu 3 Tips Ini

2 of 3

Lebih Baik Mana, Susu Bubuk atau Susu Cair?

Ilustrasi Susu Bubuk atau Susu Cair
Ilustrasi Susu Bubuk atau Susu Cair

Perlu diketahui bahwa susu pada dasarnya sangatlah menyehatkan, asalkan dikonsumsi pada porsi yang tepat secara rutin dan teratur. Adapun beberapa manfaat susu bagi anak, yaitu:

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu memiliki kadar kalsium yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

  • Meningkatkan Energi

Susu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Meningkatkan Kekuatan Otot

Susu memiliki kandungan protein yang dapat membantu kekuatan otot. Manfaat ini sangat penting untuk mendukung aktivitas anak yang sangat beragam.

  • Membantu Kinerja Hormon di Dalam Tubuh

Kandungan kalium di dalam susu membantu fungsi hormon bekerja dengan baik. Berkat manfaat ini, tubuh pun dapat berfungsi dengan lebih optimal.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Anak yang minum susu pada porsi yang tepat secara rutin memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Hal ini membuatnya terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke saat dewasa nanti.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, susu mana yang terbaik dan harus dipilih? Apakah susu bubuk atau susu cair?

Sebenarnya, tidak ada yang lebih baik atau buruk di antara keduanya. Dari sisi rasa, susu bubuk memiliki lebih sedikit varian daripada susu cair. Namun dari segi ketahanan, susu bubuk lebih tahan lama ketimbang susu cair.

Jadi, jika bertanya mana yang terbaik antara susu bubuk atau susu cair, jawabnya tergantung pada kebutuhan dan selera masing-masing individu. Jika Anda ragu, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter. Anda juga bisa bertanya melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓