Wajib Tahu, Inilah Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi Orang Dewasa

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi orang dewasa? Waspada, jangan sampai gigi Anda rusak gara-gara kebiasaan tersebut!
Wajib Tahu, Inilah Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi Orang Dewasa

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki gigi yang sehat, putih, dan bersih adalah dambaan setiap orang. Namun, mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah mengedipkan mata. Pasalnya, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi, yang mungkin Anda lakukan tanpa disadari.

Memang, kebiasaan buruk tersebut tidak langsung menyebabkan dampak buruk pada kesehatan gigi. Namun, apabila dilakukan secara terus-menerus, risiko kerusakan gigi akan terus meningkat seiring waktu. Risiko ini bisa melonjak sangat tinggi jika Anda juga tidak merawat gigi dan mulut dengan teliti.

 

1 dari 2

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

loading

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi:

1. Merokok

Seorang Pria sedang Merokok
loading

Tak hanya mengganggu kesehatan tubuh, merokok juga dapat merusak gigi, gusi dan mulut. Hal ini bisa terjadi karena rokok terdiri atas tembakau, tar, nikotin, karbon monoksida, amonia dan zat berbahaya lainnya yang bisa mengiritasi rongga mulut.

Tidak hanya sekedar iritas, kebiasaan merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya gigi kuning, peradangan gusi atau gingivitis, gusi menghitam, bau mulut, hingga penyakit kanker mulut.

Artikel lainnya: Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Gigi Anak

2. Bernapas dengan Mulut

Kebiasaan ini umumnya dilakukan saat mengalami gangguan napas atau hidung tersumbat. Memang, bernapas dengan mulut dapat membantu meringankan keluhan tersebut.

Akan tetapi, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan rahang atas menyempit sehingga menyebabkan gigi berjejal atau tidak beraturan. Selain itu, kebiasaan bernapas dengan mulut juga bisa memicu peradangan pada gusi serta bau mulut alias halitosis.

3. Konsumsi Minuman Soda

Minuman Soda
loading

Terlalu sering konsumsi minuman soda atau berkarbonasi akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan gigi. Ini karena jenis minuman tersebut memiliki kandungan asam, gula dan karbonasi, yang dapat mempercepat pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut.

Di samping itu, kandungan yang ada pada minuman bersoda juga bisa mempercepat terjadinya proses pengikisan lapisan enamel gigi yang merupakan lapisan luar pelindung gigi. Lapisan enamel gigi yang terkikis dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan mudah berlubang.

4. Menggemeretakkan Gigi

Kebiasaan menggemeretakkan gigi dikenal dengan istilah bruxism. Kebiasaan ini umumnya dipicu oleh stres, kecemasan, dan frustasi. Bruxism biasanya terjadi pada malam hari, di saat sedang tidur dan tidak disadari oleh penderitanya.

Bruxism mengakibatkan kerusakan pada lapisan atau permukaan gigi, yang memicu gigi sensitif serta dapat menimbulkan gangguan pada sendi rahang. Kebiasaan buruk ini juga bisa mengganggu orang-orang di sekitar Anda, karena suara gemeretaknya yang bisa terdengar nyaring.

Artikel lainnya: Hindari Kebiasaan Ini Agar Gigi Lebih Sehat!

5. Mengunyah Hanya pada Satu Sisi Gigi

Ilustrasi Mengunyah Hanya pada Satu Sisi Gigi
loading

Kebiasaan mengunyah pada satu sisi gigi berisiko menimbulkan gangguan pada sendi rahang, rasa sakit pada rahang, hingga sakit kepala atau migrain.

Keluhan tersebut terjadi karena otot-otot pengunyahan tidak bekerja secara seimbang, dan sendi pada sisi yang dipakai mengunyah bekerja secara berlebihan sehingga dapat menyebabkan cedera pada struktur sendi dan otot yang berkaitan.  

6. Mengonsumsi Makanan Lengket dan Manis

Makanan manis, seperti cokelat, permen karet, dan lolipop memang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Tapi ternyata, yang paling merusak gigi adalah jenis permen lengket yang dapat menempel erat di permukaan gigi.

Permen gummy, jelly beans dan permen karamel akan menempel di bagian leher gigi sampai mereka larut atau meleleh seluruhnya. Hal ini menyebabkan gigi terendam dalam cairan gula, yang dapat menarik perhatian kuman penghasil zat asam. Nah, zat asam itulah yang akan merusak permukaan email gigi.

7. Membuka Kemasan dengan Gigi

Membuka Kemasan dengan Gigi
loading

Sering membuka kemasan makanan dengan gigi? Jika ya, Anda sebaiknya waspada. Sebab, hal tersebut termasuk sebagai salah satu kebiasaan buruk yang merusak gigi.

Fakta menyebutkan bahwa kebiasaan membuka kemasan makanan atau tutup botol dengan gigi dapat menyebabkan gigi retak atau patah. Jika kondisi tersebut terjadi, tindakan penambalan gigi sangatlah diperlukan. Pada kasus yang parah, pasien bahkan perlu mendapat perawatan saraf gigi yang intensif.

Artikel lainnya: 3 Hal yang Bisa Memperburuk Kondisi Gigi Sensitif

8. Minum Kopi Terlalu Sering

Beberapa orang memang merasa harus memulai harinya dengan minum kopi. Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini juga dapat menjadi penyebab gigi rusak pada orang dewasa?

Kopi mengandung senyawa yang dapat mengurangi produksi air ludah di dalam mulut. Sebagai akibatnya, Anda bisa mengalami gigi kuning, mulut kering, dan gigi berlubang.

Jadi, jika Anda termasuk ‘coffee person’ yang tidak ingin mengalami keluhan tersebut, pastikan untuk minum air putih lebih sering. Jika memungkinkan, pilih juga jenis kopi decaf, agar mulut Anda tidak mengalami kekeringan.

Agar terhindar dari risiko gigi berlubang, sebaiknya gunakan pula pemanis sugar free. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol agar produksi air liur bisa terangsang dan menurunkan risiko terjadinya gigi berlubang.

9. Keseringan Makan Camilan Manis

Aneka Camilan Manis
loading

Apakah Anda termasuk sering makan camilan manis di siang hari? Jika ya, itu berarti bahwa Anda telah membiarkan gigi berendam dalam gula secara terus-menerus.

Hal tersebut bisa mengundang hadirnya si kuman di mulut. Kuman akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi. Akibatnya, gigi menjadi mudah berlubang dan risiko Anda mengalami diabetes juga akan meningkat.

10. Konsumsi Minuman Berenergi setelah Olahraga

Sehabis olahraga, belum lengkap rasanya jika tidak mengonsumsi minuman berenergi. Memang, minuman berenergi tersebut seakan-akan memberikan efek segar dan bersifat menggantikan tenaga yang hilang.

Namun dibalik itu, minuman energi juga bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan gigi Anda karena memiliki kandungan gula dan asam yang tinggi. Alhasil, kesehatan gigi dan mulut Anda pun bisa terancam.

Nyatanya, konsumsi minuman berenergi dapat merusak gigi kira-kira 20 menit setelahnya. Dan, karena minuman ini tidak terlalu manis, Anda pun akan tertarik untuk terus mengonsumsinya. Hal ini bisa meningkatkan risiko gigi berlubang dan diabetes hingga berkali-kali lipat, lho!

Baca Juga

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi. Jika Anda merasa pernah melakukannya, segera koreksi agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga. Dan yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk periksa ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kebiasaan buruk yang merusak gigi? Atau, Anda punya pernyataan lain seputar gigi dan mulut? Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter gigi melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Fungsi Otak Bisa Turun Akibat Kesehatan Mulut yang Buruk

Info Sehat
18 Apr

Malas Gosok Gigi? Waspada Masalah Kesehatan Ini!

Info Sehat
14 Apr

Kurang Vitamin D Picu Rematik

Info Sehat
26 Mar

Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Info Sehat
26 Mar

Tiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
07 Feb

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk