Tips Atasi Badan Lemas Sebelum Nonton Semifinal Piala Dunia

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 11 Jul 2018, 15:00 WIB
Jangan biarkan badan lemas membuat momen semifinal Piala Dunia yang hendak Anda saksikan menjadi sirna. Atasi dengan cara ini!
Tips Atasi Badan Lemas Sebelum Nonton Semifinal Piala Dunia (igorstevanovic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas menjadi sebuah kondisi yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Ketika hendak nonton semifinal Piala Dunia 2018, tentu keluhan tersebut akan sangat mengganggu dan bisa merenggut momen penting yang hanya terjadi empat tahun sekali.

Banyak perkara yang dapat mencetuskan badan lemas. Berdasarkan penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, berikut beberapa di antaranya:

● Makanan atau minuman yang Anda konsumsi

Mengonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya, kedua zat tersebut dapat membuat Anda semakin lelah dan mudah lemas. Selain itu, ada sederet risiko kesehatan lain yang bisa ditimbulkan kafein dan gula, seperti berat badan berlebih atau obesitas, hingga penyakit jantung dan diabetes.

● Kurangnya waktu istirahat

Lama jam tidur yang paling ideal adalah 8 jam dalam sehari, menyesuaikan usia dan kondisi biologis yang ada. Jika Anda kurang tidur, kelelahan dan badan lemas sangat mungkin untuk terjadi. Begitu pula sebaliknya, jika Anda kebanyakan tidur.

● Minimnya aktivitas fisik

Para ahli menyarankan agar Anda rutin berolahraga paling tidak 30 menit selama 4 hari dalam seminggu. Jika kurang atau lebih dari itu, bukan tak mungkin badan lemas yang akan terjadi kemudian.

● Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan penyebab kelelahan yang paling sering terjadi. Keadaan ini sering dialami oleh wanita, terutama berkaitan dengn menstruasi yang berat. Meskipun demikian, pria juga bisa saja mengalami kondisi kurang darah atau anemia.

● Depresi

Bila Anda merasa lelah, disertai dengan kesedihan, dan nafsu makan hilang, maka kemungkinan besar Anda mengalami depresi. Selain lemas dan kelelahan, kondisi itu juga memiliki ancaman kepada aspek kesehatan tubuh lainnya.

Tips praktis atasi badan lemas

Jangan biarkan badan lemas merusak momen Anda nonton semifinal Piala Dunia. Berdasarkan anjuran dr. Vita, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keluhan tersebut:

1. Banyak minum air putih

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada 2012 menyatakan bahwa penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood dan badan lemas.

“Minum air putih lebih banyak dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, terutama bagi Anda yang banyak memiliki aktivitas. Setidaknya, minumlah 8 gelas air putih dalam sehari. Namun jika kegiatan Anda banyak, boleh konsumsi air lebih banyak lagi,” ujar dr. Vita.

2. Konsumsi sumber makanan vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah, dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Vitamin B12 bisa Anda dapatkan dari sarden, ikan salmon, ikan tuna, daging sapi, dan susu.

3. Kelola stres

Stres berkepanjangan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Kondisi ini yang menyebabkan orang kurang bersemangat, hingga merasakan badan lemas. Untuk mengatasi keadaan itu, dr. Vita memberikan saran: “Cobalah lakukan meditasi selama 15 menit setiap hari. Pusatkan perhatian pada napas dan tubuh Anda.”

4. Cukup istirahat

Seperti telah disinggung di atas, kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat mengakibatkan badan lemas. Karenanya, tidurlah dengan durasi yang paling ideal, yakni 8 jam dalam sehari atau sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

5. Perbanyak makan buah dan sayur

Daripada mengonsumsi gula dan kopi untuk mengatasi badan lemas, lebih baik Anda mengonsumsi buah dan sayur. Dengan begini, tubuh Anda akan mendapatkan pasokan zat gizi yang memadai, sehingga keluhan badan lemas tak terjadi kemudian. Sebagai bonus, konsumsi sayur dan buah yang cukup juga bisa menurunkan risiko obesitas.

Jangan biarkan badan lemas menghancurkan momen semifinal Piala Dunia yang hanya terjadi empat tahun sekali. Lakukan tips di atas dengan saksama, dan jangan ragu bila Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter, jika Anda merasakan gejala badan lemas.

[NB/ RVS]