Amankah Mengonsumsi Suplemen Penurun Kolesterol?

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 12 Jul 2018, 11:00 WIB
Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi suplemen penurun kolesterol. Amankah bagi kesehatan?
Amankah Mengonsumsi Suplemen Penurun Kolesterol? (Anatoliy Karlyuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol tinggi dapat berdampak negatif pada tubuh, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen penurun kolesterol agar dapat kembali beraktivitas dengan nyaman.

Kadar normal kolesterol dalam darah

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), berikut adalah kadar normal  kolesterol dalam darah:

  • Kadar Kolesterol LDL (kolesterol jahat): kurang dari 100 mg / dL
  • Kadar Kolesterol HDL (kolesterol baik): 60 mg / dL atau lebih tinggi
  • Kadar trigliserida: kurang dari 150 mg / dL
  • Kolesterol total Anda harus kurang dari 200 mg / dL

Jadi, jika kadar kolesterol Anda lebih tinggi dari yang direkomendasikan CDC seperti di atas, sebaiknya Anda melakukan upaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tips menurunkan kadar kolesterol

Cara menurunkan kadar kolesterol yang paling ampuh adalah dengan  melakukan  diet dan meningkatkan aktivitas fisik.

Anda mungkin memerlukan obat atau suplemen untuk mengelola kadar kolesterol dalam darah. Namun, tidak ada suplemen yang dapat menggantikan olahraga teratur dan diet sehat. Meski demikian, ada beberapa pilihan suplemen  yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Pilih suplemen yang memang terbukti secara medis dapat menurunkan kolesterol dengan pemakaian teratur. Jangan menggunakan suplemen yang belum ada bukti atau jurnal medisnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

  1. Mempertahankan berat badan tetap ideal

Sekecil apapun berat ekstra yang Anda miliki dapat berkontribusi pada kadar kolesterol. Menurunkan 5-10 persen berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik Anda, sehingga kesehatan jantung pun dapat terjaga.

  1. Perbanyak aktivitas fisik

Jika Anda tidak mempunyai kelebihan berat badan, olahraga tetap dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Bahkan, aktivitas fisik yang ringan pun dapat membantu. Cobalah berjalan 10 menit saat istirahat makan siang atau naik tangga dan hindari lift.

Jika Anda telah terbiasa, olahraga rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Lakukan setidaknya minimal 4-5 kali seminggu, selama 30 minggu.

  1. Batasi konsumsi lemak jenuh

Cobalah untuk membatasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi, seperti:

  • Keju
  • Daging berlemak
  • Kulit ayam
  • Kuning telur
  • Susu

Beralihlah ke daging tanpa lemak, tanpa kulit, dan susu skim. Batasi pula asupan makanan penutup yang mengandung kalori tinggi.

  1. Hindari konsumsi lemak trans

Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan kolesterol baik. Lemak jenis ini sering ditemukan dalam makanan yang digoreng serta dipanggang menggunakan minyak bekas dan tidak diganti selama beberapa waktu.

Jumlah lemak trans dalam makanan telah menurun sejak FDA mengeluarkan peringatan awal terhadap lemak trans pada tahun 2013. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai jenis lemak trans yang ditemukan dalam makanan kemasan tidak diakui keamanannya. Lemak trans tersebut merupakan minyak terhidrogenasi parsial.

Untuk mencegah masuknya kolesterol jahat dalam tubuh, selalu periksa daftar bahan pada makanan kemasan apa pun yang Anda pilih. Pastikan persentase lemak trans adalah nol gram dan daftar bahan tidak mengandung minyak terhidrogenasi.

Konsumsi suplemen penurun kolesterol memang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, langkah terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda adalah dengan mengganti kebiasaan mengonsumi makanan tidak sehat dengan makanan bergizi seimbang. Selain itu, lakukanlah olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan Anda. Jadi, yuk, mulai gaya hidup sehat!

[NP/ RVS]