Ini Dia Posisi Tidur Terbaik agar Anda Bebas dari Mengorok

Oleh dr. Nabila Viera Yovita pada 21 Apr 2020, 10:43 WIB
Posisi tidur yang baik mesti diketahui, khususnya oleh orang yang punya masalah mendengkur alias ngorok. Tujuannya, agar Anda bisa tidur tanpa mengeluarkan suara berisik.
Ini Dia Posisi Tidur Terbaik agar Anda Bebas dari Mengorok

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa posisi tidur yang baik bisa jadi cara untuk menghindari masalah mendengkur?

Hanya dengan menerapkan hal tersebut, itu bisa membantu Anda serta pasangan tidur lebih nyenyak!

Mengorok kerap tidak disadari karena volumenya yang kecil. Namun, sekecil apa pun suaranya, itu juga dapat mengganggu hingga Anda sendiri maupun pasangan jadi terbangun.

Mengorok sebenarnya hal yang sering ditemukan dimana-mana. Kaum pria-lah yang biasanya mengalami kondisi ini, meski wanita juga ada. Selain itu, orang yang obesitas biasanya juga akan ngorok saat tidur.

Meski dianggap hal biasa, ngorok bisa mengurangi energi yang Anda miliki di keesokan harinya. Alhasil, Anda akan lelah dan sulit konsentrasi!

Berangkat dari masalah itulah, salah posisi tidur harus segera diatasi supaya tak bikin Anda mendengkur.

Artikel Lainnya: Waspada, Sleep Apnea Bisa Pengaruhi Kehamilan

1 of 4

Posisi Tidur yang Salah Menyebabkan Ngorok

Pria Ngorok saat Tidur Terlentang
Pria Ngorok saat Tidur Terlentang

Untuk penderita obstructive sleep apnea, salah posisi tidur bisa berdampak buruk. Ngorok yang dihasilkan bisa semakin keras jika penderitanya tidur terlentang.

Cara agar tidak mendengkur buat penderita sleep apnea adalah mereka harus tidur menyamping. Pasalnya, tidur terlentang berdampak pada gravitasi terhadap saluran pernapasan atas.

Gaya gravitasi yang terjadi saat tidur terlentang membuat lidah dan langit-langit mulut jatuh ke tenggorokan. Itu memicu penyempitan saluran napas dan bikin napas jadi tak normal!

Di luar persoalan salah posisi tidur, adapun faktor risiko yang dapat menyebabkan ngorok, antara lain berikut ini.

  • Usia Lanjut

Penuaan menyebabkan relaksasi pada otot lidah dan tenggorokan. Alhasil, timbul getaran saat menarik napas dan menyebabkan suara mendengkur.

  • Kondisi Hidung dan Tenggorokan

Tulang hidung yang bergeser ke salah satu sisi, polip hidung, dan adanya amandel yang membesar, alergi, maupun sedang mengalami pilek, merupakan beberapa penyebab mendengkur. 

Artikel Lainnya: 4 Fakta dan Mitos tentang Sleep Apnea

  • Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman keras sebelum tidur tidak akan membuat Anda tidur nyenyak.

Alkohol merupakan pelemas otot, sehingga itu juga memengaruhi otot tenggorokan dan saluran pernapasan. Lalu, otot tenggorokan akan menghasilkan getaran ketika tidur.

  • Berat Badan Berlebih

Dengan lemak yang tertimbun, kekuatan otot akan melemah dan meningkatkan jaringan lemak di sekitar leher dan tenggorokan.

  • Bentuk Dagu

Dagu yang berbentuk retrognathia akan mendorong saluran pernapasan atas ke bagian belakang tenggorokan, sehingga mempersempit saluran dan menimbulkan suara ngorok.

Artikel Lainnya: Penyakit Berbahaya di Balik Kebiasaan Mengorok

2 of 4

Posisi Tidur yang Baik dan Benar

Posisi Tidur yang Baik dan Benar dengan Tidur Menyamping
Posisi Tidur yang Baik dan Benar dengan Tidur Menyamping

Sementara itu, sempat disinggung bahwa posisi tidur penyebab ngorok  adalah terlentang.

Nah, dengan menerapkan posisi tidur yang baik, itu bisa jadi cara untuk menghindari mendengkur dan istirahat lebih nyenyak. Adapun posisi yang dimaksud, antara lain:

  • Tidur Menyamping

Dengan tidur menyamping, Anda dapat mencegah penyempitan saluran pernapasan yang dapat terjadi ketika tidur terlentang.

Cegah kembali tidur dalam posisi terlentang dengan mengganjal punggung dengan bantal. Saluran pernapasan akan lebih stabil pada posisi tidur menyamping.

  • Tinggikan Posisi Kepala

Meninggikan kepala setinggi 10 sentimeter dapat membantu Anda untuk tidak mengorok. Berikan bantal tambahan saat tidur. Sebab, posisi saluran pernapasan akan lebih tersangga dan terbuka.

Artikel Lainnya: Sleep Apnea, Gangguan Tidur Penyebab Kebutaan pada Penyandang Diabetes

3 of 4

Tips Bebas Ngorok

Bebas Ngorok dengan Memenuhi Kebutuhan Asupan Cairan Tubuh
Bebas Ngorok dengan Memenuhi Kebutuhan Asupan Cairan Tubuh

Selain menjaga posisi saat tidur, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan untuk mengurangi dengkuran Anda saat tidur, seperti beberapa hal berikut ini.

  • Penuhi Kebutuhan Asupan Cairan Tubuh

Usahakan untuk minum air putih sebelum tidur. Hal ini dapat mencegah cairan sekresi di dalam hidung dan tenggorokan menjadi tidak lengket.

  • Atur Suhu Kamar

Suhu kamar yang terlalu dingin membuat udara menjadi kering dan memicu hidung menjadi mampet. Itu dapat membuat terbatasnya udara di saluran pernapasan.

  • Turunkan Berat Badan

Jika berat badan Anda berlebih, sebaiknya Anda mulai menguranginya. Sebab, lemak berlebihan di sekitar leher dapat menyebabkan tenggorokan menyempit saat berbaring dan menghasilkan suara mendengkur.

  • Hentikan Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, sebaiknya segera hentikan. Paparan asap rokok dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada saluran pernapasan, sehingga dapat menutup aliran udara.

Sedangkan konsumsi alkohol berlebih membuat otot pernapasan menjadi lemas. Lidah pun akan mudah jatuh ke bagian belakang dan menyebabkan suara dengkuran.

Kini, Anda sudah mengetahui tentang penyebab mendengkur, posisi tidur yang baik dan yang salah untuk orang yang ngorok, serta cara agar tidak mendengkur.

Apabila cara-cara di atas masih belum bisa meringankan masalah mendengkur yang Anda miliki, segeralah berkonsultasi langsung kepada kami melalui fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(AM/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓