Adakah Vaksin untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?

Ada vaksin untuk berbagai jenis penyakit. Tapi bagaimana dengan penyakit yang menyerang mulut dan gigi? Adakah vaksinnya?
Adakah Vaksin untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?

Klikdokter.com, Jakarta Vaksin berguna untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu. Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui suntikan maupun mulut. Ada vaksin untuk penyakit difteri, campak, flu, dan lainnya. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang vaksin untuk gigi?

Sejumlah penelitian telah dilakukan sejak lama untuk menciptakan vaksin yang dapat mencegah karies gigi. Sebab kondisi ini merupakan penyakit multifaktor yang bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu, para ilmuwan masih berusaha mengembangkan vaksin yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

1 dari 4

Karies pada Gigi

Karies Gigi
loading

Meskipun bukan penyakit yang mematikan, munculnya karies pada gigi memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari. Hal ini karena rasa sakit gigi yang timbul dapat menyebabkan Anda kesulitan dalam mengunyah makanan, beraktivitas, bahkan tersenyum.

Karies gigi merupakan gangguan kesehatan mulut yang paling sering dijumpai. Ini adalah suatu penyakit infeksi yang menimbulkan lubang pada gigi. Karies gigi disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans.

Artikel Lainnya: Imunisasi Gigi, Penting tapi Sering Diabaikan

Mekanisme terjadinya karies gigi dimulai dari pembentukan plak dari sisa-sisa makanan dan bakteri, yang kemudian menempel pada permukaan gigi dalam waktu yang lama. Plak ini lalu berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan pH dalam mulut, sehingga menyebabkan terkikisnya lapisan pelindung gigi (email) dan terjadilah karies gigi.

Saat ini beragam strategi pencegahan karies sedang dilakukan. Misalnya dengan edukasi kesehatan mulut, kontrol plak secara kimiawi dan mekanis, penggunaan fluoride, serta aplikasi pit dan fissure sealant.

Banyak dari cara ini dapat efektif secara luas. Namun, beberapa faktor seperti ekonomi, budaya atau kebiasaan, serta tingkat pengetahuan menjadi penghalang sehingga angka karies pada masyarakat tetap tinggi.

Cara terbaru dalam melawan karies gigi yaitu melalui pengembangan vaksin yang efektif dan sesuai untuk masyarakat. Khususnya pada masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan perawatan atau pelayanan kesehatan yang terbatas. 

Artikel Lainnya: Adakah Dampak Polio pada Kesehatan Gigi dan Mulut?

2 dari 4

Vaksin untuk Atasi Karies Gigi

Ilustrasi Sebelum Bleaching Gigi
loading

Vaksin adalah zat imunobiologis yang dirancang untuk menghasilkan perlindungan spesifik terhadap penyakit tertentu. Para ilmuwan berpikir bahwa pencegahan pembentukan penyakit ini dapat dilakukan dengan pengembangan antibodi terhadap karies gigi, yang dikenal sebagai vaksin karies.

Saat ini, vaksin karies sedang dikembangkan untuk mengobati karies gigi. Vaksin tersebut berisi kandungan bakteri Streptococcus mutans yang dilemahkan.

Banyak upaya telah dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini dengan vaksin dalam bentuk protein, synthetic peptides, dan adjuvant mucosa pada hewan. Vaksin tersebut mendapat respons positif, tetapi masih perlu disesuaikan untuk rongga mulut manusia.

Vaksin untuk gigi ini memiliki cakupan besar di masa depan. Karena itu, perlu banyak penelitian ulang untuk membuat vaksin karies gigi agar sesuai pada manusia. Namun, sampai saat ini belum ada vaksin di sektor kesehatan yang memberikan perlindungan jangka panjang terhadap gigi.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Anak

3 dari 4

Cara Mencegah Karies Gigi

loading

Vaksin atau imunisasi untuk gigi dan mulut memang butuh penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan langkah pencegahan guna mencegah karies gigi. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah karies gigi:

  • Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Gosoklah gigi dua kali sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Anda juga perlu membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

  • Konsumsi Buah dan Sayur 

Kandungan dalam buah dan sayur bagus untuk memperkuat gigi.

  • Rutin ke Dokter Gigi

Para ahli menyarankan agar Anda memeriksa gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Baca Juga

Masih banyak pengujian yang perlu dilakukan sebelum vaksin ini siap untuk dipakai dan dipasarkan. Namun, meskipun nantinya vaksin ini dapat membantu dalam pencegahan karies, tentunya menggosok gigi tetap menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengunjungi dokter gigi secara berkala.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut, silahkan konsultasikan dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Pentingnya Pakai Pasta Gigi Berbahan Herbal untuk Gigi Sensitif

Info Sehat
21 Apr

Hindari Kebiasaan Ini Agar Gigi Lebih Sehat!

Info Sehat
17 Apr

Malas Gosok Gigi? Waspada Masalah Kesehatan Ini!

Info Sehat
14 Apr

Stigma Masyarakat Terhadap Dokter Gigi

Info Sehat
31 Mar

Jangan Sepelekan Sikat Gigi di Malam Hari bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
30 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk