Tips Sederhana Hindari Asam Lambung Naik

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 21 Apr 2020, 16:01 WIB
Asam lambung naik bisa terjadi secara tiba-tiba. Lakukan tips berikut ini untuk mencegahnya.
Tips Sederhana Hindari Asam Lambung Naik

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit asam lambung sering kali terjadi pada orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Asam lambung yang naik akan menyebabkan keluhan seperti rasa terbakar di dada (heartburn), mual, ingin muntah, dan mulut terasa asam. 

Kondisi ini tentu saja membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Lalu, apakah hal tersebut berbahaya dan bagaimana cara mencegah asam lambung naik? Simak ulasannya berikut ini.

1 of 3

Asam Lambung Naik Bisa Picu GERD

Asam Lambung Naik Bisa Picu GERD
Asam Lambung Naik Bisa Picu GERD

Penyakit asam lambung bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab asam lambung naik sangat beragam dan jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa berujung pada GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD merupakan gangguan pencernaan di mana sfingter esofagus bagian bawah tidak dapat menutup dengan sempurna atau terjadi kelemahan. Hal ini mengakibatkan isi lambung kembali mengalir ke kerongkongan. Isi lambung dapat berupa cairan asam lambung saja, atau bersama dengan makanan yang dikonsumsi.

Artikel Lainnya: Asam Lambung Naik, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kelemahan dari sfingter ini bisa terjadi dengan sendirinya pada wanita hamil atau orang yang obesitas. Selain itu, mereka yang menderita asma, diabetes, skleroderma, dan hiatus hernia juga rentan terkena GERD.

Ketika asam lambung atau makanan naik kembali ke kerongkongan, umumnya orang akan merasakan sensasi panas di dada. Jika mengalami hal ini setidaknya dua kali seminggu, kemungkinan besar Anda menderita GERD. Gejala lain yang menyertai GERD adalah mual, muntah, nyeri ulu hati, dan mulut terasa asam atau pahit.

Dengan mencegah asam lambung naik, otomatis Anda juga dapat mencegah terjadinya GERD. Untuk lebih jelasnya, simak tips agar asam lambung tidak naik berikut ini.

Artikel Lainnya: Awas, Makanan dan Minuman Ini Bikin Asam Lambung Naik!

2 of 3

Tips Mudah Cegah Asam Lambung Naik

Tips Mudah Cegah Asam Lambung Naik
Tips Mudah Cegah Asam Lambung Naik

Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari naiknya asam lambung, seperti:

  1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Lambung dan isinya akan sangat mudah mengalami regurgitasi (keadaan cairan yang naik ke lambung) jika Anda berbaring persis setelah makan. Anda dianjurkan untuk tidak langsung tiduran, paling tidak 2–3 jam setelah makan. 

  1. Minum Air Putih

Konsumsi air putih dapat membantu mendorong makanan ataupun asam lambung yang naik ke tenggorokan. Selain itu, juga membantu menetralkan pH di lambung.

  1. Tarik Napas Dalam-Dalam

Menarik napas dalam-dalam juga dapat mencegah asam lambung naik. Mengapa? Hal ini membantu menurunkan kadar udara yang ditelan sekaligus menguatkan otot-otot yang mengelilingi sfingter esofagus bagian bawah. Lakukan cara ini secara rutin untuk menekan kambuhnya asam lambung.

Artikel Lainnya: Asam Lambung Naik, Ini Gejala dan Solusinya

  1. Kunyah Permen Karet

Permen karet tak hanya membantu mengatasi bau mulut, tapi juga mencegah GERD. Dalam kasus ini, bukan permen karet yang berkhasiat, tapi lebih pada aktivitas mengunyah. 

Dengan mengunyah permen karet, akan terjadi peningkatan produksi air liur yang dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan menekan risiko regurgitasi.

  1. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Makanan dan minuman ini sebaiknya dihindari, yaitu kopi, cokelat, minuman bersoda, minuman beralkohol, daging, makanan yang berlemak, serta makanan asam. 

Sebaliknya, konsumsilah sayuran (buncis, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, atau timun), jahe, oatmeal, buah-buahan yang tidak asam, serta daging rendah lemak agar terhindar dari peningkatan asam lambung.

  1. Ubah Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampak sepele ternyata dapat mencetuskan asam lambung, seperti makan terlalu cepat, berbicara saat makan, dan ngemil sebelum waktunya tidur malam. 

Perhatikan juga porsi makanan Anda. Makan dengan porsi terlalu besar membuat perut penuh dan dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, sehingga risiko naiknya asam lambung atau kambuhnya GERD lebih tinggi.

  1. Modifikasi Gaya Hidup

Menerapkan gaya hidup sehat adalah cara paling efektif untuk mencegah naiknya asam lambung. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, berolahraga setidaknya 2 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit, istirahat cukup, berhenti merokok, serta mengelola stres dengan baik.

Terapkanlah langkah-langkah sederhana tersebut untuk mencegah asam lambung naik. Selain dengan menghindari faktor pencetus, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika naiknya asam lambung terjadi terlalu sering atau gejala terasa lebih intens dan berat.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar virus corona atau penyakit lainnya, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

Lanjutkan Membaca ↓
Lampung JobsLampung Jobs

Makasih kak infonya sangat bermanfaat