Benarkah Kolang-kaling Efektif Atasi Asam Urat?
searchtext customer service

Benarkah Kolang-kaling Efektif Atasi Asam Urat?

Banyak orang beranggapan bahwa kolang-kaling mampu mengobati penyakit asam urat. Bagaimana fakta medisnya? Yuk, simak di sini.
Benarkah Kolang-kaling Efektif Atasi Asam Urat?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal kolang-kaling? Biji tanaman pohon aren (Arenga pinnata) tersebut kerap dijadikan campuran minuman manis yang menyegarkan. 

Biji berbentuk lonjong pipih berwarna putih bening ini juga cukup mudah ditemukan di pasar swalayan dan juga tradisional.

Kolang kaling digemari bukan hanya karena rasanya yang enak. Ada beberapa manfaat kolang-kaling yang diyakini berguna bagi kesehatan. Salah satunya khasiat kolang-kaling untuk asam urat. Benarkah hal tersebut? 

Artikel lainnya: Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

Fakta Manfaat Kolang-kaling untuk Asam Urat

Fakta Manfaat Kolang-kaling untuk Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout muncul ketika kadar asam urat di dalam tubuh berlebihan. Senyawa ini terbentuk dari pemecahan purin. Zat ini diperlukan untuk membentuk materi genetik (DNA) manusia. 

Purin sendiri banyak terdapat pada makanan, seperti jeroan (otak, limpa, hati, usus), daging merah, seafood; serta sayur-sayuran seperti brokoli, taoge, jamur, kacang-kacangan, kol, kembang kol, dan juga bayam.

Selain itu, minuman beralkohol dan minuman manis juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sebenarnya, asam urat dapat dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal melalui urine. Namun, apabila produksi dan asupan asam urat sangat berlebihan, kerja ginjal dapat terganggu.

Jika asam urat tidak dapat dikeluarkan, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya pembentukan kristal gout atau kristal urat. Kristal ini dapat menumpuk pada sendi-sendi terutama sendi jempol kaki. 

Artikel lainnya: Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil

Penumpukan kristal gout di sendi ini selanjutnya menyebabkan terjadinya peradangan dan berbagai gejala, seperti nyeri pada jempol kaki, rasa nyeri juga bisa menjalar hingga pergelangan kaki dan tangan, jari-jari tangan, siku, dan sendi lainnya.

Dengan mengetahui kondisi di atas, apakah buah kolang-kaling dapat membantu meredakan keluhan asam urat?

Sebelum menjawabnya, Anda perlu tahu kalau kolang kaling mengandung beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, dan fosfor. 

Walaupun demikian, tidak ada zat yang terkandung di dalam kolang-kaling yang dapat membantu menyembuhkan asam urat. 

Artinya, rumor yang menganggap ada manfaat buah kolang kaling untuk asam urat adalah keliru.

Penderita Asam Urat Tetap Boleh Makan Kolang-kaling?

Penderita Asam Urat Tetap Boleh Makan Kolang-kaling?

Kolang-kaling memang tidak dapat membantu mengatasi penyakit asam urat. Akan tetapi, tidak ada salahnya bila Anda ingin mengonsumsi makanan yang satu ini.

Namun, Anda perlu memperhatikan porsi yang dikonsumsi. Konsumsi dalam jumlah yang wajar dan jangan sampai berlebihan.

Artikel lainnya: Potensi Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Penting juga untuk mengombinasikannya dengan gaya hidup sehat lain. Seperti makan bergizi seimbang, hindari asupan tinggi purin, minum air putih yang cukup, hindari minum alkohol berlebihan, dan juga rutin berolahraga.

Di sisi lain, apabila Anda menderita gout, sebaiknya segera berobat dan berkonsultasi dengan dokter. 

Dokter akan memberikan obat untuk meredakan peradangan, bengkak, dan nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Setelah gejala peradangan mereda, dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Selain itu, Anda tidak dapat langsung mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah pada saat terjadi serangan. Hal ini karena dapat memperparah kondisi yang sedang terjadi.

Baca Juga

Anda masih punya pertanyaan lain seputar penyakit asam urat? Jangan ragu manfaat layanan konsultasi dokter online di fitur Live Chat 24 Jam KlikDokter. 

(HNS/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Aturan Mengkonsumsi Singkong untuk Penderita Diabetes

Info Sehat
18 Mei

Benarkah Penderita Asam Urat Harus Pantang Sayuran Hijau?

Info Sehat
18 Mei

Telur Puyuh vs Telur Ayam, Mana yang Kolesterolnya Lebih Tinggi?

Info Sehat
16 Mei

Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh Anda

Info Sehat
16 Mei

Jus Mengkudu, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Info Sehat
15 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat