5 Tips Mengatasi Badan Lemas Saat PMS

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 17 Jul 2018, 15:00 WIB
Cara sederhana ini bisa membantu Anda mengatasi badan lemas, sehingga tetap aktif saat PMS menyerang.d
5 Tips Mengatasi Badan Lemas Saat PMS (Chris-Tefme/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang menstruasi, seorang wanita kerap mengalami perubahan dalam tubuhnya, baik fisik mapun psikis. Selain kondisi emosi yang tidak stabil, ketika masuk di tahap Pre-Menstrual Syndrome (PMS), seorang wanita akan mengalami badan lemas.

Kondisi ini merupakan hal yang normal, tapi jangan biarkan keluhan yang ada mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan kiat sederhana berikut ini, Anda akan terbebas dari badan lemas selama PMS:

1. Terus bergerak

Olahraga ringan adalah salah satu cara mudah untuk atasi badan lemas. Tak harus berkunjung ke pusat kebugaran, cukup lakukan gerakan mudah di lingkungan tempat Anda beraktivitas. Misalnya, ketika tubuh terasa lemas saat bekerja di kantor, berjalanlah keliling lingkungan kantor.

Aktivitas ini juga dapat menstimulasi otak untuk menghasilkan energi, sehingga badan terasa lebih segar. Lakukan berbagai gerakan fisik setidaknya selama 30 menit setiap harinya.

2. Konsumsi makanan sumber energi

Salah makan bisa jadi biang kerok rasa lemas yang semakin menjadi. Oleh karena itu, memilih menu yang tepat bisa jadi solusi jitu atasi badan lemas. Alih-alih melahap setumpuk nasi di jam makan siang, coba pilih roti gandum yang jauh lebih sehat dan memberi energi lebih optimal.

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang akan diolah tubuh secara bertahap. Hasilnya, cadangan energi yang dimiliki tubuh lebih stabil sepanjang hari.

Sebaliknya, nasi putih, makanan dan minuman manis yang tinggi kadar gulanya dapat membuat tubuh kebanjiran energi dengan cepat dan gula darah turun, sehingga menyebabkan badan lemas.

3. Hindari konsumsi kafein

Tidak hanya kopi, teh dan coklat merupakan sumber kafein yang sebaiknya dihindari saat sedang PMS. Kafein mampu menyerap cadangan air dalam tubuh, sehingga rentan menyebabkan dehidrasi yang membuat badan lemas. Pada beberapa orang kafein bahkan dapat memicu migrain yang pada akhirnya memperparah lemas yang dirasakan.

4. Coba relaksasi

Relaksasi bisa dilakukan dengan yoga, mendengarkan lagu klasik, istirahat dan menghirup aromaterapi atau melakukan pijatan ringan. Hal-hal sederhana ini efektif memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat membuat hati merasa senang.

5. Batasi cemilan di antara jam makan

Kebiasaan ngemil bisa jadi penyebab rasa lemas yang dialami. Cemilan ini umumnya tinggi gula dan garam. Gula berlebih yang terkandung di dalamnya membuat tubuh kebanjiran energi namun cepat merasa lemas setelahnya.

Sedangkan kandungan garam mampu menyerap air dari dalam tubuh yang menyebabkan tubuh rentan mengalami dehidrasi hingga timbul rasa lemas.

Pada dasarnya, menjalankan pola hidup sehat merupakan kunci untuk mengusir badan lemas kala Anda mengalami PMS. Lakukanlah kiat-kiat di atas agar tubuh tetap bugar, berenergi dan siap menjalani aktivitas dengan optimal.

[NP/ RVS]