Benarkah Sabun Batangan dapat Menyembuhkan Eksem?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 24 Jul 2018, 15:16 WIB
Pernahkah Anda mendengar selentingan bahwa sabun batangan dapat menyembuhkan eksem? Mari ketahui kebenarannya di sini.
Benarkah Sabun Batangan dapat Menyembuhkan Eksem? (BonNontawat/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Meski banyak orang yang beralih ke penggunaan sabun cair, tapi banyak juga yang masih setia dengan sabun batangan. Selain itu, ada yang percaya bahwa sabun batangan dapat membantu menyembuhkan penyakit eksem. Benarkah demikian? Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari ketahui seluk-beluk sabun batangan.

Sabun batangan tidak higienis?

Teknik pembuatan sabun batangan telah berumur ribuan tahun, yakni sejak zaman Suriah dan Mesir kuno. Di kala itu, sabun dibuat dari minyak yang diambil dari tanaman laurel. Negara yang tidak memiliki pohon laurel menggunakan minyak zaitun sebagai alternatifnya. Selain itu, ada pula yang menggunakan minyak hewan sebagai bahan pembuat sabun batang.

Seiring berjalannya waktu, sabun batangan kian tergeser popularitasnya dengan sabun cair karena dianggap tidak praktis. Dengan sabun cair, Anda pun tak menyentuh langsung sabunnya sehingga menjadikan sabun cair lebih higienis. Sementara itu, sabun batangan di satu kamar mandi bisa disentuh oleh beberapa orang, sehingga banyak orang (sekitar 60 persen) menganggapnya kurang higienis.

Ternyata, anggapan tersebut dipatahkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Penelitian tersebut tidak menemukan bukti bahwa sabun batangan dapat menyebarkan kuman penyebab penyakit, alias aman dan higienis. Namun, ada syaratnya! Sabun batangan harus dalam keadaan kering (jangan banjir dengan air) dan digunakan sendiri. Sebisa mungkin hindari pinjam-meminjam sabun batangan dengan orang lain.

Kelebihan sabun batangan

Meskipun banyak orang menganggap sabun batangan ketinggalan zaman dan tidak praktis, sebenarnya ada banyak kelebihan sabun batangan yang tidak banyak diketahui oleh orang. Misalnya, dapat dibawa dengan aman tanpa khawatir diambil petugas bandara ke pesawat karena bukan berupa cairan.

Kelebihan lainnya adalah, umumnya sabun batangan dijual dengan harga yang lebih murah. Sabun batang juga lebih irit karena lama habisnya. Anda pun tidak perlu khawatir dengan si Kecil yang suka ‘boros’ ketika menekan pump botol sabun cair.

Sabun batangan dapat dibuat dari berbagai bahan alami yang baik untuk menutrisi kulit. Mulai dari bahan dasarnya yang terbuat minyak zaitun atau minyak kelapa, serta minyak aromaterapi dengan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Jika Anda bukan pemilik jenis kulit sensitif, Anda dapat memilih sabun batangan yang memiliki keharuman lembut dan menyegarkan. Namun, apabila kulit Anda tergolong sensitif, pilihlah sabun batangan yang tidak mengandung bahan pewangi dan pewarna.

Lebih jauh lagi, sabun batangan memiliki busa yang lebih sedikit, sehingga memiliki risiko yang lebih kecil untuk membuat kulit iritasi dan kering. Sedangkan sabun cair yang terlalu kental dan pekat dapat mengiritasi kulit dan menjadikan kulit kering terutama jika digunakan pada kulit yang sensitif. Sabun cair yang kental harus diencerkan terlebih dulu supaya lebih ‘bersahabat’ dengan kulit sensitif.

Sabun batangan juga baik digunakan oleh pemilik kulit yang rentan mengalami eksem, karena lebih lembut dan memiliki risiko lebih kecil dalam menimbulkan iritasi. Terutama apabila sabun batangan tersebut mengandung minyak yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit, serta memiliki pH yang sesuai dengan kulit.

Meskipun demikian sabun batangan diketahui baik digunakan untuk pemilik kulit yang rentan mengalami eksem, tapi bukan berarti sabun batangan dapat menyembuhkan eksem. Sabun batangan dapat membantu meningkatkan pertahanan kulit terhadap iritan dan alergen penyebab eksim. Namun, untuk menyembuhkan eksem, Anda tetap harus menggunakan obat dari dokter secara teratur.

Sabun batangan juga dapat digunakan untuk kulit anak dan  bayi yang cenderung halus, tipis dan sensitif. Namun, pastikan sabun mengandung bahan-bahan lembut yang alami, seperti susu, madu, serta terbukti hypo-allergenic. Selain itu, sabun batangan produksi rumahan biasanya dibuat dari bahan dasar tumbuhan, sehingga kaum vegan atau vegetarian dapat menggunakannya tanpa merasa khawatir. Melihat berbagai manfaat dan kelebihan dari sabun batangan, tidak ada salah bagi Anda dan keluarga untuk tetap setia menggunakan sabun batangan.

(RN/ RH)

3llen3llen

selamat siang Dok. saya mau tanya apa penyebab gatal pada bagian selangkangan dan daerah sekita vagina kira kira itu penyebabnya apa ya dok ? dan apa nama penyakitnya ? apakah ino ekskm dok