Kondisi Kali Item dan Ancaman Kesehatan yang Mengintai

Oleh Novita Permatasari pada 24 Jul 2018, 17:00 WIB
Jelang Asian Games, Kali Item ditutup untuk meredam bau tak sedap. Polusi udara yang ditimbulkan bisa berdampak pada kesehatan.
Kondisi Kali Item dan Ancaman Kesehatan yang Mengintai (Liputan6dotcom)

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah persiapan Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus mendatang, kondisi Kali Item di daerah Kemayoran mendapat sorotan luas. Pasalnya, netizen sibuk mengomentari kain waring yang digunakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menutup kali itu. Tujuannya, apa lagi kalau bukan untuk mengurangi bau tidak sedap yang mengganggu. Polusi udara dari kali berair hitam  yang terletak di samping Wisma Atlet Kemayoran tersebut, rawan mengancam kesehatan warga yang tinggal di sekitarnya.

Pemprov DKI Jakarta mengklaim, pemasangan jaring berwarna hitam sepanjang 600 meter tersebut dinilai dapat mengurangi bau tak sedap yang muncul dari kali. Kondisi kali yang berbau tentu akan sangat mengganggu para atlet yang ditempatkan di wisama tersebut. Ditambah lagi lokasi makan mereka yang terletak di dekat kali jelas sangat rawan terpapar bau tak sedap Kali Item.

Berdasarkan kajian ilmiah dari UWSRA (Urban Water Security Research Aliand), pemasangan kain waring yang biasa digunakan untuk menaungi kolam budi daya ikan, ternyata bisa mengurangi penguapan hingga 90 persen. Diharapkan dengan memasang kain waring atau jaring hitam tersebut dapat mengurangi polusi udara akibat pencemaran Kali Item.

Polusi udara dari bau busuk Kali Item

Kondisi Kali Item yang terletak di dekat Wisma Atlet – yang sedianya ditempati para atlet yang akan berlaga dalam Asian Games – sangat kotor.  Airnya yang berwarna hitam pekat dan berbau tajam berasal dari limbah rumah tangga di sekitar kali. Akibatnya bau menyengat pun merebak ke udara.

Aroma busuk tersebut merupakan tanda bahwa air di Kali Item mengandung racun karena terkontaminasi oleh limbah, serta gas lain termasuk karbon dioksida, nitrogen oksida dan metana. Bila tidak diatasi, cepat atau lambat berpotensi mengancam kesehatan para atlet Asian Games karena letak kali yang berdekatan dengan area makan mereka.

Situs pecinta lingkungan Ecube Labs menyatakan bahwa polusi udara yang meluap dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan serta gangguan kesehatan lainnya. Hal ini terjadi karena kontaminan terserap oleh paru-paru saat seseorang bernapas.

1 of 2

Ancaman penyakit dari Kali Item

Dijelaskan oleh dr. Dyan Mega Inderawati bahwa ketika bau tak sedap dari Kali Item terhirup, polutan yang juga berada di dalam udara, dapat menyebabkan saluran napas terganggu.

“Bau tersebut mengiritasi saluran napas dan menimbulkan batuk serta sesak napas. Bila tak segera diatasi, infeksi bisa menyebar hingga saluran napas bagian bawah, yakni organ paru,” jelasnya.

Kondisi ini pula yang akan dihadapi oleh para atlet yang akan bertanding dalam Asian Games 2018, yang kebetulan ditempatkan di lokasi tersebut.

“Infeksi saluran pernapasan tersebut bisa mengurangi kualitas penerimaan oksigen atlet. Mungkin kalau sebelumnya kuat lari dengan kecepatan tertentu, kecepatannya akan berkurang karena penerimaan oksigen ke dalam tubuh juga berkurang,” terang dr. Ega.

Selain itu, karena berdampingan dengan tempat makan atlet, kondisi air Kali Item yang kotor juga berisiko mengundang binatang atau serangga-serangga lain penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang patut diwaspadai merebak akibat kondisi Kali Item antara lain diare dan penyakit kulit akibat gigitan serangga.

Oleh karenanya untuk menjaga kondisi kesehatan, sangat disarankan bagi para atlet untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, istirahat yang cukup, serta asupan air minum sesuai kebutuhan sangat. Penggunaan masker untuk melidungi pernapasan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi paparan bau dari Kali Item.

Keputusan Gubernur DKI Jakarta untuk menutup Kali Item dengan kain waring menjelang Asian Games 2018, sementara waktu memang bisa mengurangi sedikit bau tak sedap. Namun, masyarakat di sekitar Kali Item tentu berharap agar langkah pembersihan Kali Item dapat terus dilanjutkan agar warga sekitar kali dapat terhindar dari infeksi saluran pernapasan dan gangguan kesehatan lainnya.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓