5 Khasiat Rumput Laut untuk Kulit

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 25 Jul 2018, 17:30 WIB
Tak hanya sehat untuk dikonsumsi, rumput laut juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja?
5 Khasiat Rumput Laut untuk Kulit (boommaval/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya populer untuk dikonsumsi, rumput lain juga merupakan salah satu bahan favorit untuk produk kosmetik dan perawatan kulit. Untuk merawat kulit, khasiat rumput laut ternyata sudah lama diakui dan dimanfaatkan di Asia. Tak hanya di Asia, di Barat pun rumput laut dikenal kaya akan nutrisi dan digadang-gadang sebagai salah satu superfood.

Secara umum, dalam 100 gram rumput laut mengandung sebanyak 45 kkal, 10 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 1 gram lemak. Dengan jumlah tersebut, rumput laut dapat memenuhi 14-35 persen kebutuhan harian serat, 27-180 persen magnesium, 15-60 persen kalsium, dan 3-20 persen kebutuhan harian besi.

Nah, penasaran dengan beragam manfaat rumput laut untuk kulit? Baca pemaparannya di bawah ini!

1. Melembapkan kulit kering

Rumput laut merupakan agen humektan (pelembap) alami yang dapat membantu kulit mengikat air. Fungsi ini penting agar kulit terhindar dari dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit lainnya.

Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan dapat lebih menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Ini akan membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.

2. Membantu mengatasi eksem

Bagi Anda yang familiar dengan eksem, tentu tahu bahwa kulit kering adalah musuh bagi penderita eksem. Khasiat melempabkan yang dimiliki oleh rumput laut juga dapat membantu mencegah kambuhnya eksem. Selain itu, rumput laut juga berkhasiat menenangkan (soothing) dan membantu meredakan area kulit yang kering dan gatal saat eksem kambuh, sekaligus memicu regenerasi sel dan membantu penyembuhan luka.

3. Detoks kulit dan membersihkan pori

Rumput laut diketahui mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi yang dapat membantu detoksifikasi kulit dari racun dan kotoran akibat paparan lingkungan. Berbagai produk scrub yang berbahan utama rumput laut juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sebum yang bercampur dengan kotoran, yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.

4. Merawat kulit berminyak dan mencegah penuaan dini

Untuk Anda pemilik kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, Anda mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat. Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit, sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

Kandungan antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu Anda dalam memerangi radikal bebas, radang, dan dampak buruk lingkungan pada kulit. Ini tentu saja berkontribusi untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

5. Merangsang pertumbuhan rambut sehat

Tak hanya lidah buaya yang terkenal dengan khasiatnya terhadap kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut, begitu juga dengan rumput laut. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut akan menyuplai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk rambut tumbuh sehat.

Sudah ada penelitian yang membuktikan manfaat rumput laut untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga dapat membantu mengatasi masalah pada rambut seperti rambut rontok dan kebotakan. Kandungan yodium pada rumput laut juga diketahui efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut yang rontok untuk tumbuh kembali dengan cepat. Makanlah rumput laut secara teratur untuk mendapatkan rambut lebat dan sehat.

Dengan begitu banyaknya khasiat rumput untuk bagi kulit dan kesehatan tubuh secara umum, sayang rasanya rumput laut dilewatkan dalam menu harian maupun bahan utama dalam berbagai produk kecantikan kulit. Meski demikian, jangan dikonsumsi secara berlebihan dan sebaiknya kombinasikan dengan sumber makanan sehat lainnya untuk manfaat yang optimal.

[RN/ RVS]