Tips Mengobati Diare untuk Ibu Menyusui

Oleh Novita Permatasari pada 26 Jul 2018, 13:09 WIB
Saat ibu menyusui terserang diare, tidak boleh asal mengonsumsi obat untuk meredakan menceret.
Tips Mengobati Diare untuk Ibu Menyusui (Didesign021/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika ibu menyusui mengalami diare, akan timbul rasa khawatir bahwa penyakit yang dideritanya bisa menginfeksi bayi mereka. Demi menghindari kemungkinan itu, para ibu mencari segala cara agar bisa segera sembuh dari diare. Meski demikian, penggunaan obat pereda diare tidak disarankan bagi ibu menyusui, karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kualitas ASI.

Sebagai solusinya, untuk mengobati diare, ibu menyusui dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini:

  1. Menu BRAT (Banana, Rice, Applesauce, Toast)

Menurut situs kesehatan WebMD, cara kerja BRAT adalah dengan memberikan kesempatan pada usus untuk beristirahat dan mengurangi jumlah kotoran yang dihasilkan. Konsumsi menu BRAT akan memadatkan feses saat buang air besar.

Karena menu yang terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang ini rendah serat, protein, dan lemak, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar Anda kembali mengonsumsi makanan dengan komposisi nutrisi seimbang dalam 24 setelah diare sembuh.

Menu seimbang tersebut harus terdiri dari campuran buah-buahan, sayuran, daging, yoghurt, dan karbohidrat kompleks.

  1. Sumber probiotik

Konsumsi makanan dengan probiotik seperti yogurt atau kefir dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan yang hilang karena diare. Pastikan yogurt atau kefir yang Anda makan bebas dari gula, karena makanan tinggi gula justru dapat memperburuk kondisi diare.

Dilansir dari Babyologist, yoghurt juga memiliki kandungan asam laktat dan lactobacillus yang mendukung penyembuhan diare serta menjaga keseimbangan bakteri baik dalam percernaan ibu menyusui. Selain itu, dijelaskan juga bahwa konsumsi yoghurt secara rutin dapat menghasilkan ASI yang berkualitas.

  1. Teh chamomile

Saat diare, tenangkan diri Anda dengan minum teh yang berasal dari bunga kamomil atau yang lebih popular disebut chamomile tea. Minuman ini dapat membuat otot dan lapisan usus lebih rileks, sehingga dapat membantu meredakan kram dan peradangan.

Selain itu, sifat anti spasmodik pada chamomile mampu menghentikan diare secara alami. Saat diare, Anda akan banyak kehilangan cairan tubuh. Minum teh chamomile merupakan salah satu cara yang baik agar tetap terhidrasi.

  1. Cuka apel

Cuka sari apel banyak digunakan orang untuk membantu menghentikan gejala diare karena dapat menggantikan magnesium serta kalium yang hilang karena diare. Anda disarankan untuk mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel setiap hari sampai diare sembuh.

  1. Sup ayam

Selain sebagai asupan cairan, kandungan garam mineral dalam sup dapat membantu meredakan dehidrasi dan mengembalikan nafsu makan ibu menyusui. Tak hanya itu, sup ayam juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengisi nutrisi dan eletroklit yang hilang karena diare.

Para peneliti dari University of Nebraska menemukan fakta bahwa 12 dari 13 merek sup ayam dapat membantu memblok sel-sel putih yang menyebabkan sakit. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan asam amino yang dilepaskan saat Anda memasak ayam.

  1. Kentang rebus

Kandungan karbohidrat dan potasium dalam kentang baik untuk mengembalikan daya tahan tubuh ibu menyusui yang mengalami diare. Kandungan vitamin C dalam kentang juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kentang akan membantu Anda menyerap cairan dan zat patinya membantu memadatkan feses.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, sebagian besar obat diare yang dijual bebas mengandung zat attapulgite atau arang aktif.

“Kandungan tersebut sebenarnya aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan tidak masuk ke dalam ASI. Namun, agar lebih aman, ibu menyusui dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pilihan obat diare terbaik,” jelasnya.

Selama terkena diare, selain mengonsumsi makanan di atas, ibu menyusui direkomendasikan untuk terus menyusui untuk melindungi bayi tertular penyebab infeksi diare. Penuhi juga asupan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Baca artikel bertema sejenis di sini.

[RVS]