Pemakai Heroin Rentan Mengalami Masalah Gigi dan Mulut

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 26 Jul 2018, 13:34 WIB
Mengonsumsi narkoba jenis heroin ternyata dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Ini penjelasannya.
Pemakai Heroin Rentan Mengalami Masalah Gigi dan Mulut (Oleg Mikhaylov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Narkoba sudah bukan merupakan hal yang asing untuk disimak. Hal ini karena masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia kian hari makin meningkat. Salah satu jenis narkoba yang banyak dikonsumsi adalah heroin atau yang biasa dikenal dengan nama putauw.

Penggunaan heroin

Heroin (diacetylmorphine) adalah golongan opioid yang bersifat illegal dan banyak disalahgunakan pemakaiannya. Obat ini mengandung unsur zat adiktif dan dapat digunakan dalam berbagai cara, tergantung dari keinginan penggunanya.

  • Penyuntikan

Merupakan cara yang paling umum dilakukan kalangan pecandu dengan menyuntikkan heroin yang telah dicairkan ke dalam pembuluh darah vena. Karena penggunaan jarum suntik yang sama dengan pecandu lain, risiko penyakit seperti HIV/AIDS dan hepatitis pun menjadi tak terhindarkan.

  • Dihisap

Cara ini dilakukan dengan menggunakan pipa yang diasapkan, dicampur dengan rokok, kemudian asapnya dihirup melalui pipa panjang. Selain itu, pecandu juga bisa menggunakan heroin bentuk bubuk yang dihirup melalui hidung.

Cara kerja heroin dalam tubuh

Heroin termasuk golongan obat yang berbahaya karena begitu dipakai akan berdampak cepat. Setelah interaksi kimia terjadi, sel-sel saraf yang terkena akan dipaksa melepaskan neurotransmitter yang disebut dopamin.

Dopamin adalah molekul khusus dan penting dalam memediasi perasaan senang yang bermanfaat bagi pengguna. Hal inilah yang memicu pengguna untuk menggunakan heroin terus-menerus.

Karena bekerja dengan menekan beberapa fungsi sistem saraf pusat, seperti detak jantung, tekanan darah, pernapasan dan pengaturan suhu tubuh, penggunaan heroin dalam jangka panjang terbukti dapat menimbulkan kerusakan otak.

1 of 2

Masalah gigi dan mulut akibat penggunaan heroin

Selain gangguan kesehatan di atas, nyatanya konsumsi heroin juga menimbulkan masalah gigi dan mulut. Pecandu terkadang tidak menyadari bahwa hal ini juga berdampak buruk bagi kesehatan rongga mulut mereka. Berikut ini adalah masalah pada rongga mulut yang akan terjadi:

  1. Mulut kering (xerostomia)

Heroin dapat mengakibatkan risiko mulut terasa lebih kering karena obat ini dapat mengurangi aliran air liur sehingga pH menjadi asam yang menyebabkan email pada gigi-geligi menjadi rusak. Padahal aliran air liur sangat penting guna untuk mengurangi akumulasi bakteri dan menetralisir asam-asam yang dapat menyebabkan pembusukan pada gigi. Selain itu air liur juga berfungsi untuk remineralisasi gigi-geligi.

  1. Atrisi Gigi

Atrisi gigi adalah suatu keadaan hilangnya lapisan email hingga dentin dimana akibat adanya gesekan antar gigi. Semakin sering terjadinya kontak antar gigi semakin besar terjadinya atrisi. Efek pada pengguna heroin mempengaruhi sistem saraf sehingga membuat pengguna menjadi lebih aktif. Hiperaktivitas pada otot-otot sekitar mulut memicu terjadinya kebiasaan buruk seperti bruxism. Hal ini juga dapat menyebabkan kelelahan pada TMJ (Temporo Mandibular Joint).

  1. Karies Gigi

Pada pengguna heroin dengan cara dihisap, karies ditandai dengan kerusakan yang parah pada permukaan gigi dan hal tersebut dapat melibatkan lebih dari satu gigi. Karies tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penurunan laju aliran saliva, oral hygiene yang buruk dan disebabkan iritasi langsung bahan kimiawi dari heroin.

Masalah kesehatan gigi yang buruk dapat memperparah peradangan dan terdapatnya bakteri dalam darah. Bahayanya, infeksi ini dapat meningkatkan insiden penyakit sistemik, seperti jantung koroner, stroke, diabetes, dan penyakit pernapasan.

Narkoba termasuk heroin bukanlah obat yang bisa dikonsumsi sembarangan. Sekali Anda mencobanya pasti akan mengalami kecanduan dan mengalami sejumlah gangguan kesehatan termasuk masalah gigi dan mulut. Melihat banyaknya dampak buruk pemakaian narkoba terhadap kesehatan, jauhilah narkoba sebelum Anda terlambat.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓