Kenali 5 Penyebab Bercak Putih di Wajah

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 26 Jul 2018, 15:30 WIB
Ketahui berbagai penyebab munculnya bercak putih di wajah, berikut ini.
Kenali 5 Penyebab Bercak Putih di Wajah (Kotin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya bercak putih di wajah tentu akan mengganggu rasa percaya diri Anda. Sekecil apa pun bercak putih yang muncul di wajah akan membuat penampilan Anda terganggu. Meskipun tidak menunjukkan penyakit yang serius, Anda tidak boleh menyepelekan gangguan kulit ini.

Kondisi daerah tropis yang cenderung lembap, membuat bercak putih bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini adalah penyebab paling sering munculnya bercak putih di wajah:

1. Panu

Gangguan kulit ini biasanya terjadi di daerah tropis. Secara medis, panu disebut dengan nama Pitiriasis versicolor. Sebagai salah satu penyebab bercak putih pada wajah, biasanya panu disertai dengan rasa gatal. Biasanya juga terdapat lapisan kulit mati yang mengelupas di atas bercak putihnya.

Biasanya panu lebih rentan dialami oleh orang yang banyak berkeringat, memiliki kulit berminyak, tinggal di daerah yang lembap, atau orang yang daya tahan tubuhnya menurun. Karena disebabkan oleh jamur, maka pengobatan panu dilakukan dengan memberikan obat antijamur yang dioleskan ke bercak di kulit sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu.

2. Vitiligo

Pada penderita vitiligo, sel kulit berhenti membuat melanin (zat yang mewarnai kulit), sehingga kulit akan membentuk bercak-bercak putih. Tak hanya di wajah, bercak putih karena vitiligo juga bisa timbul di bagian tubuh lainnya seperti lengan, tungkai, kemaluan, dan rambut.

Pengobatan vitiligo bisa terbilang cukup kompleks dan harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Penanganannya bisa dengan obat yang dioleskan, penyinaran sinar ultraviolet, bahkan kadang tindakan operasi juga bisa dilakukan.

3. Sun spot

Terkadang, sun spot disebut dengan istilah hipomelanosis gutata idiopatik. Kondisi ini merupakan kelainan kulit akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Gejalanya berupa bercak putih di wajah, lengan, atau tungkai.

Bercak ini tak menimbulkan rasa gatal atau nyeri dan sama sekali tak berbahaya. Namun, untuk menghilangkan bercak putih akibat sun spot bukanlah perkara mudah. Perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit untuk kemungkinan pemberian obat atau terapi laser. Untuk mencegah kondisi ini, hindarilah paparan sinar matahari yang terlalu menyengat dan gunakan tabir surya jika akan bepergian.

4. Dermatitis atopik

Kelainan kulit ini disebabkan karena alergi. Sebagian orang sering menyebutnya dengan istilah eksim. Umumnya gejala dermatitis atopik muncul berupa bercak kemerahan atau bercak putih di daerah pipi, lengan, atau tungkai.

Bercaknya juga terasa gatal, terutama saat di malam hari. Biasanya penderita dermatitis atopik memiliki kulit yang kering. Untuk mengatasi keluhan yang terjadi, orang yang mengalami dermatitis atopik harus menggunakan pelembap kulit dan menggunakan krim antiradang untuk mengatasi gejala alergi. Selain itu juga tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat.

5. Pitiriasis alba

Pernahkah Anda melihat anak kecil atau remaja dengan bercak putih di pipinya? Kemungkinan besar pitiriasis alba yang menjadi penyebabnya. Meski belum jelas penyebabnya, namun umumnya pitiriasis alba menyerang anak dan lebih rentan terjadi pada penderita alergi.

Bercak kulit akibat pitiriasis alba umumnya berwarna putih atau merah muda, berbentuk bulat atau oval, dan terletak di daerah dagu atau pipi. Penyakit ini bisa terbilang ringan karena tak menimbulkan keluhan yang berarti. Dalam beberapa minggu atau bulan, bercak akibat pitiriasis alba biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Kelima penyebab bercak putih di atas bukanlah kondisi yang membahayakan jiwa. Namun karena terletak di wajah, bercak putih tersebut bisa mengusik penampilan. Untuk lebih pastinya, saat terdapat bercak putih di wajah Anda, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]