Ngantuk Usai Makan Siang di Kantor? Ini Penyebabnya

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 27 Jul 2018, 14:00 WIB
Selepas makan siang di kantor bukannya makin berenergi malah ngantuk. Apa yang salah? Ketahui penyebabnya di sini.
Ngantuk Usai Makan Siang di Kantor? Ini Penyebabnya (WAYHOME-studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebetulnya ngantuk saat di kantor, khususnya usai makan siang, adalah masalah klasik yang dirasakan sebagian pekerja kantoran. Dalam keadaan normal, rasa kantuk mungkin terjadi jika waktu istirahat kurang. Selain itu, ngantuk usai makan siang di kantor juga terjadi karena kebiasaan makan Anda.

Pekerjaan yang menumpuk sering kali membuat seseorang tidak memiliki waktu yang cukup untuk makan. Sehingga, banyak karyawan memanfaatkan jam makan siang untuk makan sebanyak-banyaknya. Apakah ini salah?

Dilansir dari laman Huffington Post, ahli diet dan olahraga asal Australia, Robbie Clark, mengatakan bahwa merasa sedikit lelah setelah makan adalah sesuatu yang normal. Ada beberapa alasan mengapa Anda sering merasa ngantuk atau lelah setelah makan siang. Namun, menurut Robbie asalan utamanya adalah karena proses pencernaan.

Makan terlalu banyak bisa bikin ngantuk

Tanpa Anda sadari, tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna makanan yang disantap saat makan siang di kantor. Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan energi untuk menyokong aktivitas sehari-hari, tapi makan terlalu banyak saat jam makan siang bukanlah sesuatu yang disarankan.

"Tubuh membutuhkan energi untuk berfungsi dan bertahan hidup. Anda mendapatkan energi dari makanan yang dipecah melalui proses pencernaan, lalu diubah menjadi bahan bakar yang kemudian menyediakan kalori ke tubuh,” kata Robbie.

Alasan lain yang mungkin membuat Anda mengantuk usai makan siang di kantor adalah karena jumlah insulin yang diproduksi setelah makan. Perlu diketahui, fungsi insulin adalah meningkatkan masuknya gula ke dalam sel tubuh. Namun, insulin juga diketahui dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Keduanya berkontribusi terhadap munculnya rasa kantuk.

Setelah makan, terutama makanan yang manis, insulin diproduksi oleh pankreas yang kemudian mengubah gula di aliran darah menjadi glikogen dalam sel tubuh. Sekresi insulin yang berlebihan menyebabkan asam amino esensial triptofan berpindah ke otak.

“Ini menyebabkan peningkatan produksi serotonin dan melatonin, yang merupakan dua neurotransmiter dengan efek menenangkan dan membantu mengatur tidur. Satu hal yang menarik, sekitar 90 persen dari serotonin tubuh ditemukan di usus, yang ternyata fungsinya adalah mengatur gerakan usus,” Robbie menjelaskan.

Sementara itu, Jemma O'Hanlon selaku ahli diet setuju bahwa jumlah karbohidrat yang Anda makan saat makan siang dapat memengaruhi rasa kantuk. Anda bisa merasakannya beberapa puluh menit setelah makan.

"Makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, pasta, nasi, dan kentang dapat meningkatkan produksi serotonin, yang sebetulnya dapat meningkatkan suasana hati, tapi di sisi lain juga membuat Anda merasa mengantuk setelahnya,” kata Jemma.

Lantas, jika ngantuk usai makan siang kerap mengganggu ritme produktivitas Anda di kantor, apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

1 of 2

Mengatasi rasa kantuk di kantor setelah makan siang

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, salah satu cara untuk mengatasi ngantuk usai makan siang di kantor adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan makanan yang manis. Selain itu, dr. Alvin juga menganjurkan untuk mencegah rasa kantuk ini datang dengan melakukan dua hal sederhana ini:

● Hindari duduk terlalu lama di kantor

Posisi duduk yang sama dalam waktu lama dapat menyebabkan seorang mengalami kekakuan otot dan terasa pegal. Selain itu, duduk terlalu lama juga sering kali bikin ngantuk. Untuk menyiasati terjadinya hal ini, cobalah untuk mengubah posisi duduk dalam rentan waktu tertentu, atau sekadar berjalan keliling kantor. Anda juga bisa keluar kantor sejenak untuk menghirup udara segar dan mengubah suasana.

● Jangan lupakan olahraga

Olahraga baik untuk melatih daya tahan, meningkatkan kelenturan tubuh, dan memacu jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Tubuh yang kuat diperlukan untuk menjaga kekuatan fisik Anda selama seharian bekerja.

Merasa ngantuk usai makan siang di kantor memang dirasa wajar, tapi ada saat-saat tertentu kondisi ini justru mengancam produktivitas kerja, terutama saat Anda beban kerja menumpuk atau tenggat penyelesaian pekerjaan. Untuk menghindari penurunan performa kerja akibat rasa kantuk yang dirasakan setelah makan siang, jangan lupa untuk mempraktikkan tips di atas, ya!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓