Kiat Memilih Sabun yang Sesuai untuk Wajah

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 27 Jul 2018, 16:00 WIB
Kulit wajah yang bersih, sehat dan cerah, harus ditunjang dengan produk perawatan yang sesuai, termasuk sabun untuk wajah.
Kiat Memilih Sabun yang Sesuai untuk Wajah (White-bear-studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak semua orang dapat memahami jenis kulit yang dimilikinya. Perawatan kulit dengan produk – termasuk sabun – yang tidak sesuai dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi dan kemerahan. Wajah bersih, sehat dan cerah yang diimpikan pun hanya impian semata.

Salah satu perawatan yang harus dilakukan setiap hari adalah mencuci wajah. Penggunaan produk sabun untuk wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit penggunanya. Berikut ini adalah pembagiannya:

1. Kulit normal

Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit. Hal ini yang membantu berkulit normal untuk terhindar dari masalah di wajah, seperti pori-pori membesar, kulit sensitif, muncul komedo dan jerawat.

Walaupun jenis kulit ini jarang menimbulkan masalah, namun Anda yang memiliki tipe kulit normal tetap harus melakukan perawatan dengan melakukan pembersihan muka secara rutin dua kali dalam sehari, serta menambahkan pelembab wajah setiap harinya. Pembersihan wajah bisa menggunakan sabun yang memiliki pH netral atau cleanser yang berlabel soap-free.

2. Kulit berminyak

Sesuai dengan namanya, tipe kulit berminyak memproduksi minyak berlebih di wajah. Ciri-ciri kulit ini adalah pori-pori yang membesar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo dan mudah berjerawat.

Karena banyaknya produksi minyak yang dihasilkan, maka kotoran mudah menempel dan menimbulkan masalah di wajah, sehingga kulit wajah harus dirawat dengan produk perawatan wajah yang sesuai.

Perawatan dilakukan dengan rutin membersihan wajah sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari menggunakan pembersih berbusa (foamy) yang bersifat oil-free (tidak mengandung minyak), non comedogenic dan jika Anda memiliki jerawat, pilihlah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide.

3. Kulit kering

Tipe kulit kering memiliki kadar minyak yang rendah dan sebum, sehingga kulit tidak dapat mempertahankan kelembapannya dan mudah bermasalah. Ciri kulit kering adalah pori-pori tidak terlihat, wajah terlihat kusam dan kasar, kulit terlihat memiliki sisik halus yang mudah terkupas dan kulit terasa kencang seperti tertarik setelah mandi.

Perawatan wajah dilakukan dengan rutin membersihkan wajah satu kali dalam sehari. Disarankan untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan pelembap seperti susu atau minyak. 

4. Kulit berkomedo

Kulit yang memiliki komedo biasanya juga berminyak. Sabun pembersih wajah yang tepat untuk kulit berkomedo adalah yang mengandung scrub. Tekstur scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghambat pertumbuhan komedo menjadi lebih banyak.

Selain perawatan wajah dilakukan secara rutin, untuk mendapatkan kulit sehat Anda juga harus rutin mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Selain itu cukupilah asupan air putih 1,5 L per hari, tidur cukup 8 jam sehari dan hindari rokok.

Dengan menggunakan sabun untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, wajah akan terhindar dari masalah kulit. Hasilnya, wajah pun terlihat sehat dan bersinar.

[NP/ RVS]