Mengungkap Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang enak, susu almond juga memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil. Apa saja manfaatnya?
Mengungkap Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Susu khusus untuk ibu hamil menjadi nutrisi yang cukup penting agar kondisi ibu dan janin tetap sehat. Selain susu sapi, susu almond dapat menjadi pilihan jika ibu tidak cocok meminum susu sapi.

Dengan rutin meminum susu almond, ibu hamil dapat memperoleh sejumlah manfaat. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat susu almond untuk ibu hamil.

 

1 dari 3

Manfaat Susu Almond

Ilustrasi Ibu Hamil sedang Minum Susu Almond
loading

Susu almond merupakan hasil dari perasan kacang almon yang dihaluskan dengan air. Susu jenis ini tidak mengandung protein susu dan laktosa, meski bentuk dan namanya mengandung kata “susu”.

Susu almond sangat bagus karena memiliki kandungan gizi yang hampir serupa dengan kacang almond, yaitu vitamin E dan riboflavin. Bedanya, susu almond memiliki kadar zat gizi yang lebih sedikit lantaran telah melewati berbagai proses hingga akhirnya berbentuk susu.

Artikel Lainnya: Susu Almond vs Susu Kedelai, Mana Lebih Baik?

Untuk ibu hamil yang memiliki alergi susu sapi atau seorang vegetarian, susu almond bisa menjadi susu alternatif pengganti susu sapi. 

Apalagi, susu almond dapat membantu menyumbang kebutuhan makronutrisi dan mikronutrisi ibu hamil. Karenanya, susu jenis ini bisa mendatangkan beberapa manfaat berikut ini:

  1. Meningkatkan Produksi ASI

Minum susu almond saat hamil ternyata bisa meningkatkan produksi ASI. Hal ini berkat salah satu kandungan susu almond yaitu omega-3. Zat ini memang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

  1. Memberikan Energi Tambahan

Manfaat susu almond untuk ibu hamil lainnya adalah dapat memberikan energi. Meski dalam jumlah yang tidak banyak, susu almond mengandung karbohidrat dan protein yang bisa membantu memenuhi suplai energi untuk ibu hamil. Karbohidrat juga berperan pada pertumbuhan dan perkembangan janin agar optimal.

  1. Memelihara Fungsi Jantung

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada susu almond dapat membantu memelihara fungsi jantung ibu hamil, sekaligus mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas yang meningkat seiring bertambahnya usia kandungan. Karena itu, jangan sepelekan manfaat susu almond untuk ibu hamil.

  1. Mencegah Peningkatan Kolesterol

Susu almond tidak mengandung lemak jenuh dan tinggi kandungan omega-3, sehingga dapat dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Anda tidak perlu takut akan terjadinya peningkatan kadar kolesterol karena minum susu ini.

Artikel Lainnya: Ini Dia Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

  1. Menjaga Kesehatan Jantung Ibu dan Janin

Kandungan omega-3 dalam susu almond dapat menjaga kesehatan jantung ibu dan janin, terutama jika rutin dikonsumsi selama masa kehamilan.

  1. Memperlancar Pencernaan

Salah satu manfaat susu almond untuk ibu hamil adalah dapat membuat pencernaan lebih baik. Susu almond kaya akan kandungan serat, sehingga apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu memperlancar pencernaan.

  1. Mencegah Diabetes Gestasional

Kandungan gula rendah alami pada susu almond dapat menghindarkan ibu dari gangguan diabetes gestasional (diabetes yang muncul saat kehamilan).

  1. Mencegah Cacat Saraf pada Bayi

Susu almond memiliki kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berguna untuk pembentukan tabung saraf janin. Apabila diminum secara teratur selama masa kehamilan, maka dapat membantu mencegah cacat saraf pada bayi.

Artikel Lainnya: Susu Jenis Apakah yang Paling Sehat?

2 dari 3

Waspadai Efek Samping Berikut

Susu Almond
loading

Sekarang Anda sudah tahu, kan, manfaat susu almond untuk ibu hamil? Meski memiliki beberapa manfaat di atas, susu almond ternyata juga punya sisi yang kurang baik, antara lain:

  • Kurang Asupan Yodium

Kandungan yodium pada susu almond ternyata lebih rendah. Padahal, yodium itu sendiri sangat penting bagi ibu hamil untuk memelihara fungsi tiroid.

  • Kurang Asupan Kalsium

Susu almond terutama yang diproduksi sendiri memiliki kandungan kalsium yang rendah. Apabila Anda sering mengonsumsi susu almond selama masa kehamilan, sebaiknya menambah asupan kalsium dari makanan atau minuman lainnya.

  • Kurang Asupan Protein

Kandungan protein pada susu almond tidak sebanyak yang didapatkan dari susu sapi. Sebaiknya saat mengonsumsi susu almond, Anda menambahkan asupan makanan tinggi protein dalam menu harian Anda.

Baca Juga

Itulah beragam manfaat susu almond untuk ibu hamil. Secara keseluruhan, menjadikan susu almond sebagai alternatif susu sapi bisa memberikan Anda manfaat. Namun, Anda dianjurkan untuk mengombinasikan konsumsinya dengan makanan sehat dan bergizi seimbang.

Jika Anda memiliki riwayat alergi kacang, akan lebih baik jika susu almond dihindari sama sekali. Anda tak ingin reaksi alergi tiba-tiba muncul di tengah kehamilan, bukan?

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Waspadai Bahaya Ibu Hamil yang Kurang Gizi

Info Sehat
03 Jul

Bolehkah Ibu Hamil Makan Satai? Ini Faktanya

Info Sehat
30 Jun

Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

Info Sehat
23 Jun

Segudang Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

Info Sehat
18 Jun

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

Info Sehat
11 Jun

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk