Manfaat Sehat di Balik Me Time

Me time tidak hanya membuat Anda rileks dan bahagia, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.
Manfaat Sehat di Balik Me Time

Klikdokter.com, Jakarta Apakah pergi ke salon atau spa sering Anda lakukan saat merasa penat dengan pekerjaan? Menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang disenangi sendirian biasa disebut dengan “me time”.

Selain dapat membuat Anda lebih bahagia, pentingnya waktu untuk diri sendiri memiliki sederet manfaat sehat. Berbeda dengan kesepian yang bisa mendatangkan berbagai penyakit, me time dapat menjadi momen Anda menyepi sekaligus menyehatkan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat me time yang akan Anda peroleh:

1 dari 5

1. Pikiran Menjadi Lebih Jernih

Me Time Membuat Pikiran Menjadi Lebih Jernih
loading

Deadline pekerjaan atau pertengkaran dengan pasangan tentu bisa membuat pikiran kalut. Padahal, otak juga butuh beristirahat agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat me time membuat Anda fokus pada diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Pikiran pun menjadi lebih jernih sehingga Anda lebih fokus dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah.

2. Lebih Kreatif

Banyak orang memilih untuk bekerja di malam hari saat sedang sendirian. Pentingnya waktu untuk diri sendiri dapat memunculkan ide kreatif yang lebih banyak ketimbang saat Anda bersama orang lain.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Washington University, Amerika Serikat, orang yang memikirkan ide sambil berkelompok cenderung memiliki lebih sedikit ide ketimbang orang yang menyendiri untuk mencari ide, lalu bekerja berkelompok.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Apakah Anda merasakan rileks setelah melakukan creambath atau refleksi? Jika ya, Anda tidak sendirian. Manfaat me time yang diisi hobi menyenangkan akan membuat Anda menjadi santai. Anda pun akan menjadi lebih bahagia sesudahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Heart Journal, seseorang yang memiliki perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Artikel Lainnya: Benarkah Orang Baik Tak Selalu Bahagia?

2 dari 5

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Me Time Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi
loading

Manfaat me time ikut berperan terhadap kemampuan bersosialisasi. Saat melakukan me time, Anda bisa saja bertemu dengan orang yang satu hobi. Nah, menjalin relasi baru membuat kemampuan komunikasi, memahami diri, dan rasa percaya diri Anda meningkat.

5. Bertemu dengan Orang-Orang Baru

Menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan kegiatan tanpa orang terdekat atau orang yang Anda kenal juga bisa termasuk me time. Contohnya, Anda bisa berlibur atau menonton bioskop sendirian.

Manfaat me time memungkinkan Anda untuk bertemu orang-orang baru dengan hobi yang sama dengan Anda. Lalu, Anda pun akan membangun relasi baru dengan orang tersebut.

Artikel Lainnya: Gelar Akademik Lebih Tinggi dari Orang Tua, Kunci Kebahagiaan Pria?

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat me time dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, lho. Hal ini disebabkan oleh efek me time sendiri yang dapat membuat bahagia, lalu pada akhirnya bisa berdampak baik terhadap daya tahan tubuh.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif, berupa perasaan bahagia, berenergi, dan tenang cenderung lebih jarang terkena penyakit flu. Tentunya emosi positif tersebut bisa Anda peroleh setelah menghabiskan waktu sendirian.

3 dari 5

7. Menurunkan Tingkat Stres

Me Time Menurunkan Tingkat Stres
loading

Salah satu manfaat me time adalah untuk menghilangkan stres. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres Anda. Dengan demikian, risiko Anda terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung pun akan berkurang.

Artikel Lainnya: Berstatus Single, Ini Manfaat Jomlo untuk Kesehatan Mental

8. Memperbaiki Hubungan dengan Orang Lain

Interaksi sosial dengan orang lain terkadang menimbulkan rasa jenuh. Akibatnya, masalah-masalah pun tak dapat dihindarkan, entah terhadap orang tua, teman, atau pasangan Anda.

Manfaat me time dapat membantu Anda menenangkan diri sendiri. Bila sudah kembali tenang, Anda bisa kembali berinteraksi dan memperbaiki hubungan dengan orang lain.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Saat mengalami kepenatan atau bahkan merasa buntu ketika mengerjakan sesuatu, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Manfaat me time dapat membantu Anda untuk kembali berkonsentrasi.

4 dari 5

10. Lebih Produktif

Ilustrasi Me Time Membuat Seseorang Lebih Produktif
loading

Memiliki pekerjaan atau tugas yang menumpuk pastinya akan terasa sangat melelahkan. Beristirahat sejenak dari rutinitas yang padat akan sangat baik untuk meningkatkan produktivitas kita setelahnya. Jadi, jangan terus memaksakan diri, ya.

Baca Juga

Menjadi ‘egois’ sesekali dengan melakukan me time tentu tak ada salahnya. Selain akan membuat Anda bahagia, manfaat me time juga beragam untuk tubuh. Yuk, mulai atur waktu me time Anda!

Untuk membaca artikel lainnya seputar gaya hidup dan kesehatan, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter, ya.

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Anak Bunuh Diri, Bagaimana Orang Tua Melanjutkan Hidup?

Info Sehat
08 Sep

Pelanggar PSBB Dihukum Masuk Peti, Berbahayakah untuk Mental?

Info Sehat
07 Sep

Doomscrolling, Perilaku Suka Baca Berita Negatif yang Memicu Depresi

Info Sehat
04 Sep

Suka Tebar Pesona dengan Rekan Kerja, Ini Kata Psikolog

Info Sehat
01 Sep

Duck Syndrome, Pura-Pura Tenang Walau Menanggung Banyak Beban

Info Sehat
28 Agt

1 KOMENTAR

Avatar
Henry Ernawan
2 Tahun Lalu

buat gua sih selalu ada me-time tiap ari...............nongkrong di WC :p

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk