Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 01 Aug 2018, 17:00 WIB
Kuku sehat bukan sekadar impian. Anda bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan di bawah ini.
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (AndreyCherkasov/Shuterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, kuku sering diabaikan kebersihan dan kesehatannya. Padahal, sama seperti bagian tubuh lain, kuku yang tidak sehat juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit.

Jika tidak terawat, kuku dapat menjadi rapuh. Kondisi ini merupakan salah satu tanda infeksi jamur yang dalam dunia medis disebut onikomikosis.

 “Jamur ini sering menyerang kuku kaki dibandingkan kuku tangan akibat dari penggunaan sepatu. Karena kuku kaki sering tertutup, dapat tumbuh jamur yang memang senang hidup di daerah lembap dan gelap,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Nutrisi untuk mendapatkan kuku sehat

Kuku yang kuat, berkilau, dan halus adalah dambaan semua orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Megan Wolf, ahli diet yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

“Tubuh harus secara konstan meregenerasi sel-sel yang membentuk kuku dan proses tersebut membutuhkan pasokan nutrisi yang sehat untuk,” katanya.

Menariknya, sejumlah makanan dapat memperkuat kuku agar lebih sehat. Berikut adalah daftar makanannya:

1. Edamame

Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (KobchaiMa/Shuterstock)
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (KobchaiMa/Shuterstock)

Mengonsumsi edamame sebelum makanan berat adalah pilihan cerdas. Kedelai menyediakan sistein, yakni asam amino yang diperlukan untuk produksi keratin protein sebagai salah satu penguat kuku Anda. Libby Mills, ahli diet yang berbasis di West Chester, Pennsylvania, menjelaskan bahwa edamame adalah sumber folat yang baik dan diperlukan untuk memproduksi sel kuku baru.

2. Telur

Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Proshkin-Aleksandr/Shuterstock)
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Proshkin-Aleksandr/Shuterstock)

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung biotin dan vitamin B, sehingga ampuh mendorong produksi protein dalam matriks kuku, jaringan yang menghasilkan sel kuku. "Biotin telah terbukti meningkatkan ketebalan kuku dan mencegahnya menjadi rapuh," kata Mills.

Patut dicatat bahwa sumber terbaik dalam mendapatkan biotin adalah asupan bahan alami. Mengonsumsi suplemen biotin yang kini marak dijual di pasaran belum tentu memberikan khasiat serupa, bahkan bisa mengganggu kesehatan.

3. Kacang mede

Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Cattlaya-Art/Shuterstock)
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Cattlaya-Art/Shuterstock)

Anda membutuhkan asupan zat besi setiap hari karena tubuh tidak dapat menyimpannya dalam jangka panjang. Kaya akan zat besi, kacang mede diperlukan untuk pembelahan sel dan sintesis protein yang sangat penting untuk kuku.

Konsumsi kacang mede dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kuku Anda tetap berkilau dan kuat. Ingat, kuku kering dan lemah adalah tanda Anda kekurangan zat besi!

4. Ubi

Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Boonchuay1970/Shuterstock)
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (Boonchuay1970/Shuterstock)

Ubi yang mengandung vitamin A membantu sel-sel kuku bereproduksi dengan benar. Ketika Anda tidak mendapat cukup vitamin A, kuku akan terasa lebih rapuh dan menimbulkan munculnya tonjolan vertikal yang membelah serta retak pada kuku.

5. Paprika kuning

Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (DenisProduction.com/Shuterstock)
Kuku Lebih Sehat dengan 5 Makanan Ini (DenisProduction.com/Shuterstock)

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen, sebagai protein struktural di kuku. Produksi kolagen yang berkurang seiring pertambahan usia dapat menghasilkan kuku yang lebih tipis dan lebih lemah.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi paprika kuning yang kaya vitamin C untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Satu paprika kuning besar sanggup menyediakan empat kali jumlah vitamin C harian yang disarankan.

Kondisi kuku mampu mencerminkan kesehatan Anda saat ini. Bila kuku bermasalah, ada baiknya segera ditangani secara medis.

“Jika tidak menunjukkan perbaikan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Mungkin obat oles saja tidak cukup untuk mengatasi kuku rapuh yang Anda alami. Terkadang dibutuhkan pengobatan dari dalam oleh dokter agar kuku kembali cantik dan sehat,” kata dr. There.

Anda memimpikan kuku yang cantik dan berkilau? Ciptakan kuku sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan di atas. Selain itu, biasakan jalani pola hidup sehat seperti makan teratur, rajin olahraga, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

[NP/ RVS]