Mood Turun di Akhir Minggu? Atasi dengan Sauna

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 04 Aug 2018, 13:34 WIB
Saat mood turun, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan sauna. Tertarik mencoba?
Mood Turun di Akhir Minggu? Atasi dengan Sauna (Luca Bertolli/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang akhir minggu, tak sedikit orang yang mengalami penurunan mood. Kondisi ini kerap terjadi, apalagi setelah menyadari bahwa besok adalah hari Senin dimana Anda harus kembali bangun pagi dan bekerja hingga sore hari. Berdasarkan sebuah penelitian, kondisi mood yang menurun bisa ditolong dengan melakukan sauna.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, mood adalah kondisi perasaan yang mewarnai kehidupan psikologis manusia. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal dalam konteks peristiwa penuh tekanan, meski ada kondisi lain yang dipandang sebagai sebuah gangguan.

“Orang dengan gangguan mood (mood disorder) mengalami keluhan yang berlangsung lama dan mengganggu kemampuan mereka untuk memenuhi tanggung jawab secara normal,” ujar dr. Jesslyn.

Awalnya, gangguan mood terjadi karena ketidakmampuan dalam menjaga stabilitas suasana hati. Tapi lama-kelamaan, karena seringnya suasana hati yang turun, maka mood disorder akan datang dan hinggap dalam diri Anda.

Hal itu tentu amat mengerikan, dan berbahaya bila didiamkan begitu saja. Tenang, jangan takut. Berdasarkan penelitian yang dilansir dari TIME, sauna bisa jadi jawaban atas gangguan mood yang Anda alami di akhir minggu.

Manfaat sauna untuk tingkatkan mood

Sebuah penelitian membeberkan kabar gembira bagi Anda yang suka sauna. Aktivitas menyenangkan ini dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan, baik secara fisik maupun psikis.

Sebuah makalah yang diterbitkan di Mayo Clinic Proceedings menampilkan temuan tentang mandi sauna. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa mandi sauna dapat mendatangkan rasa senang dan relaks, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Diketahui bahwa manfaat tersebut terjadi karena sauna dapat meningkatkan produksi hormon endorfin (hormon bahagia), sehingga dapat membantu mengusir rasa stres. Produksi hormon endorfin yang meningkat juga dapat menciptakan suasana hati yang lebih positif.

“Berada di dalam ruangan yang dikelilingi uap hangat akan membuat denyut jantung meningkat dan pembuluh darah di seluruh tubuh melebar. Kondisi ini akan memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Dengan aliran tubuh yang lancar, otot-otot akan mengalami relaksasi, sehingga tubuh juga terasa lebih relaks dan nyaman,” kata dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter.

Manfaat lain sauna

Tak hanya memperbaiki mood atau suasana hati, sauna juga punya manfaat lain yang tak kalah menarik. Berdasar pada penjelasan dr. Karin Wiradarma, mandi sauna turut ampuh meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut dr. Karin, jika sauna dilakukan secara teratur, kebiasaan ini akan menurunkan risiko kematian akibat sakit jantung. Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena kemampuan sauna salam menurunkan tingkat stres seseorang, sehingga risiko sakit jantung pun ikut berkurang.

Jadi, jika mood atau suasana hati Anda tiba-tiba turun di akhir minggu, tak ada salahnya untuk mencoba mandi sauna. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga bisa mendatangkan banyak manfaat sehat yang tidak terduga. Jadi, Anda tertarik untuk sauna akhir minggu ini?

[NB/ RVS]