Persiapan Penting Saat si Kecil Akan Vaksin MR

Oleh dr. Atika pada 06 Agu 2018, 09:09 WIB
Jangan tunda pemberian vaksin MR pada anak Anda. Bagi Anda yang telah menjadwalkan pemberian vaksin MR untuksi Kecil, ini persiapannya.
Persiapan Penting Saat si Kecil Akan Vaksin MR (Dmitry Naumov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tumbuh dan kembang yang optimal adalah harapan setiap orang tua bagi sang buah hati. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, anak akan lebih mudah membangun potensi dan bakatnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, kesehatan anak harus menjadi prioritas utama yang wajib dipertahankan oleh orang tua.

Salah satu cara jitu yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan pemberian vaksin.  Saat ini, satu jenis vaksin yang sedang gencar digalakkan pemerintah adalah vaksin MR (Measles Rubella).

Anak dan orang dewasa sama-sama berisiko

Vaksin MR adalah vaksin yang ditujukan untuk mencapai kekebalan terhadap penyakit campak (measles) dan rubela. Keduanya merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Virus campak dan rubella sama-sama masuk melalui saluran pernapasan.

Penyakit campak dan rubella tidak hanya berisiko menjangkiti kelompok anak-anak, tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Ketahuilah bahwa kedua penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius. Penyakit campak yang tidak ditangani dengan baik, atau bila dialami oleh anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah, dapat menyebabkan sejumlah gangguan lanjutan berat. Komplikasi tersebut misalnya radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, dan gizi buruk. Jika kondisi semakin parah, penderita bahkan bisa menghadapai risiko kematian.

Penyakit rubella sesungguhnya adalah penyakit yang ringan bila terjadi pada usia anak-anak. Namun, bila dialami oleh seseorang yang sedang hamil (terutama trimester pertama kehamilan) dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

1 of 2

Persiapan sebelum vaksin

Menilik komplikasi berat yang dapat muncul akibat kedua penyakit ini, maka langkah pencegahan tentunya merupakan cara yang terbaik. Vaksin MR diberikan untuk anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun. Sebelum mendapatkan vaksin MR, berikut beberapa persiapan penting yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Pahami kontra indikasi vaksin MR

Apabila anak dalam kondisi sehat, maka tubuhnya siap untuk menerima vaksin MR. Namun, terdapat pula beberapa kondisi yang menyebabkan anak dikontraindikasikan atau tidak boleh menerima vaksin tersebut. Kondisi-kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Demam tinggi atau penyakit serius lainnya (misalnya mengalami penurunan kesadaran, kejang, dsb).
  • Anak-anak yang dirawat di rumah sakit.
  • Terdapat riwayat reaksi alergi berat terhadap vaksin campak/ rubela pada masa lalu.
  • Memiliki imunitas yang rendah (imunokompromais), mendapatkan pengobatan steroid, atau obat yang menekan sistem imun.

Namun apabila anak memiliki penyakit ringan seperti infeksi saluran napas ringan, diare ringan, dan demam dengan suhu yang tidak tinggi, maka anak tetap bisa menerima vaksin MR.

  1. Perhatikan dengan cermat jadwal vaksin

Catat dan perhatikan jadwal serta lokasi vaksin MR anak Anda. Pencatatan ini penting Anda lakukan agar Anda tidak tertinggal jadwal pemberian vaksin untuk si Kecil.

  1. Komunikasikan riwayat kesehatan anak

Sampaikan riwayat penyakit, kondisi kesehatan saat ini, pengobatan yang sedang dijalani, serta riwayat alergi yang pernah terjadi pada anak

  1. Tunggu beberapa saat setelah imunisasi

Setelah anak diimunisasi, tunggulah sekitar 30 menit di fasilitas kesehatan tempat anak mendapatkan vaksin MR. Hal ini betujuan untuk memantau kemungkinan kejadian ikutan pascaimunisasi.

  1. Pahami efek sampingnya

Ketahui efek samping ringan pascavaksinasi yang mungkin terjadi pada anak. Kejadian berupa demam ringan, ruam merah serta bengkak ringan di tempat penyuntikan adalah efek samping ringan yang sifatnya hanya sementara dan tidak perlu dikhawatirkan

  1. Segera bertindak jika terjadi kejadian pascaimunisasi

Bawalah anak ke layanan kesehatan dengan segera bila Anda menemui kejadian pascaimunisasi serius yang terjadi pada anak, seperti kejang dan demam tinggi.

Demikianlah beberapa persiapan penting serta pengetahuan yang sebaiknya dipahami sebelum proses pemberian vaksin MR pada si Kecil. Dengan persiapan yang optimal, maka Anda akan lebih siap serta bebas rasa khawatir selama menemani anak memperoleh vaksin MR.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓