Demi Kesehatan, Ini 7 Cara Memaafkan Diri Sendiri
searchtext customer service

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

Berbuat kesalahan yang berujung pada penyesalan? Jangan buru-buru mengutuk diri sendiri. Lakukan ini agar Anda bisa memaafkan diri sendiri.
Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

Klikdokter.com, Jakarta Saat berbuat kesalahan, sejumlah orang kerap menghukum bahkan mengutuk diri sendiri. Hal itu dilakukan untuk menebus rasa bersalah agar tidak lagi membuat kesalahan yang sama. Padahal, rasa bersalah yang berlarut-larut akan memicu stres sehingga Anda perlu menemukan cara memaafkan diri sendiri.

Tak bisa dimungkiri, ketika mengingat peristiwa masa lalu, pastinya ada rasa penyesalan karena tindakan yang Anda lakukan. Namun, cobalah untuk mencari cara agar bisa memaafkan diri sendiri demi pelajaran serta pendewasaan diri, 

Anda masih memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan Anda dan tidak mengulanginya di kemudian hari. Apabila rasa penyesalan dari kesalahan masa lalu terus berlarut, secara psikologis Anda akan menjadi stres. 

Ketika Anda mengalami stres, maka tubuh akan mengeluarkan hormon stres (kortisol). Hal ini kemudian dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, tekanan darah, denyut jantung, hingga kolesterol. Melihat dampak tersebut, penting bagi Anda untuk mencari cara memaafkan diri sendiri agar hidup Anda juga sehat. Berikut tipsnya:

1 dari 5

1. Menyadari Kesalahan Sebelumnya

Menyadari Kesalahan Sebelumnya
loading

Ketika Anda berbuat salah dan mengalami kesulitan untuk memaafkan diri sendiri, maka Anda harus menyadari kesalahan yang Anda lakukan tanpa menyangkal sedikitpun. 

Untuk dapat memaafkan diri sendiri, tentu mengakui kesalahan menjadi langkah yang penting. 

Artikel Lainnya: Ini Akibatnya Jika Kamu Benci Diri Sendiri!

2. Kesalahan = Pelajaran

Perlu Anda sadari bahwa semua orang pasti pernah berbuat kesalahan. Tinggal bagaimana seseorang menanggapi kesalahan yang dibuatnya, apakah menjadi momok seumur hidup atau dijadikan pelajaran agar tidak diulangi lagi ke depannya. 

Agar dapat memaafkan diri sendiri, perlu Anda sadari bahwa kesalahan terjadi untuk menjadi pelajaran yang akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih baik. 

2 dari 5

3. Berhenti Memikirkan Kesalahan

Berhenti Memikirkan Kesalahan
loading

Salah satu cara memaafkan diri sendiri adalah dengan tidak “terobsesi” dengan kesalahan tersebut. Berhentilah memikirkan kesalahan yang sudah berlalu.

Meskipun kesalahan yang Anda lakukan perlu dipikirkan dan jadi bahan pelajaran atau introspeksi diri, namun jangan memikirkan kesalahan secara berlebihan apalagi sampai menghukum diri sendiri atau mengganggu aktivitas Anda. 

Artikel Lainnya: 5 Cara Berdamai dengan Masa Lalu demi Kesehatan Mental

4. Berikan Afirmasi Positif pada Diri Sendiri

Jika Anda merasa energi negatif dari kesalahan tersebut datang kembali, gunakan kalimat berikut untuk menjaga diri agar tetap positif: 

  • “Saya melakukan yang terbaik yang saya bisa pada saat itu"
  • Saya membuat kesalahan yang jujur pada saat itu”
  • “Saya masih belajar ketika itu"
  • “Saya tidak tahu banyak pada saat itu”
  • “Saya minta maaf atas peristiwa yang pernah terjadi”
3 dari 5

5. Ikhlas

Ikhlas
loading

Ikhlas adalah salah satu cara memaafkan diri sendiri. Anda perlu menyadari bahwa apa yang terjadi pasti akan berlalu. 

Selain itu, selalu percaya bahwa setiap masalah yang terjadi ada jalan keluarnya dan pelajaran yang bisa dipetik. Dengan begitu, Anda bisa ikhlas menghadapi masalah dan memaafkan diri sendiri.

6. Berbicara kepada Orang Terdekat

Supaya melegakan diri Anda, berbicaralah kepada orang terdekat yang Anda percaya seperti keluarga dan teman. Saran dan nasihat mereka mungkin akan membantu Anda untuk lebih tenang. 

4 dari 5

7. Mencari Bantuan Profesional

Mencari Bantuan Profesional
loading

Jika dengan langkah-langkah di atas rasa bersalah tidak kunjung hilang apalagi sampai timbul dorongan untuk mengakhiri hidup, disarankan mencari pertolongan profesional seperti dokter kesehatan jiwa (psikiater) atau psikolog.

Ketimbang menyalahkan diri sendiri berulang kali, lakukan introspeksi dan pelajari segala sesuatunya agar tidak mengulang hal yang sama. Jangan tenggelam dalam penyesalan atas segala kesalahan yang pernah Anda lakukan di masa lalu. 

Baca Juga

Jadikan kesalahan sebagai pelajaran dan cobalah untuk memaafkan diri sendiri karena selain membuat Anda menjadi orang yang lebih baik, kesehatan Anda juga terjaga. Tanpa masalah dalam hidup Anda, Anda tidak akan berkembang menjadi seseorang yang lebih baik dan bijaksana.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, bisa bertanya kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[FY]

ARTIKEL TERKAIT

Tinggal di Bekas TKP, Bisakah Pengaruhi Mental?

Info Sehat
22 Sep

Orang Tua, Inilah Penyebab Depresi pada Remaja

Info Sehat
21 Sep

Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Sindrom Patah Hati

Info Sehat
16 Sep

Sama-sama Gangguan Kepribadian, Ini Perbedaan Psikopat dan Sadisme

Info Sehat
13 Sep

Cara Mengurangi Stres saat Buka Usaha Baru

Info Sehat
13 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat