Mencabut Gigi saat Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Gigi berlubang juga bisa terjadi saat kehamilan. Lantas, apakah medis memperbolehkan cabut gigi saat hamil? Ini faktanya!
Mencabut Gigi saat Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Klikdokter.com, Jakarta Sakit gigi adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada ibu hamil. Bahkan, tak sedikit pula ibu hamil yang merasa perlu melakukan tindakan cabut gigi agar keluhannya bisa membaik.

Tidak dimungkiri, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan memang bisa berdampak pada terjadinya masalah gigi dan mulut. Risiko terjadinya kondisi tersebut bisa meningkat berkali-kali lipat jika ibu hamil juga malas menjaga kebersihan gigi.

Beberapa gangguan mulut yang rentan terjadi selama kehamilan adalah radang gusi, karies gigi, bahkan gigi berlubang. Jika tidak segera diatasi dan tidak ada lagi perawatan yang dapat dilakukan, maka cabut gigi adalah tindakan yang wajib dilakukan. Pertanyaannya, apakah cabut gigi saat hamil tergolong sebagai tindakan yang aman untuk dilakukan? 

Artikel Lainnya: Gangguan Gusi di Masa Kehamilan, Berbahayakah?

1 dari 3

Amankah Cabut Gigi saat Hamil?

Ilustrasi Cabut Gigi pada Ibu Hamil
loading

Faktanya, sebagian besar perawatan gigi akan lebih aman dilakukan setelah ibu melahirkan. Namun, memang, pada beberapa kasus, dokter mungkin saja merekomendasikan cabut gigi saat hamil agar keluhan tidak bertambah parah.

Terkait itu, Journal of American Dental Association mengatakan bahwa melakukan perawatan gigi dan mulut umumnya aman dilakukan saat hamil. Namun, perawatan tersebut sebaiknya dilakukan pada saat usia kandungan memasuki trimester kedua,

Mengapa? Karena, pada trimester pertama kehamilan, janin masih sangat rentan. Jika perawatan gigi dilakukan di masa ini, risiko gangguan pertumbuhan pada janin bisa saja terjadi. Sedangkan pada trimester ketiga, perubahan tubuh ibu sudah terjadi secara signifikan. Posisi duduk yang terlalu lama selama prosedur perawatan gigi bahkan dapat membuat ibu hamil merasa pegal dan kelelahan.

Bagaimana dengan obat? Tentu saja, pemberian obat untuk membantu proses penyembuhan masalah gigi pada ibu hamil memerlukan pertimbangan yang matang. Dokter gigi perlu terlebih dahulu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, agar nantinya dapat memberikan obat yang sepenuhnya aman bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Lalu, bagaimana jika mesti cabut gigi saat hamil? Apakah hal ini aman? Bisa ya, bisa juga tidak. Nyatanya, dokter gigi perlu melakukan pertimbangan matang dengan seleksi kasus yang tepat untuk melakukan prosedur cabut gigi pada ibu hamil. Jadi, tidak bisa sembarangan.

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Menjalani Prosedur Tambal Gigi?

2 dari 3

Menjaga Kesehatan Gigi saat Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Sedang Sikat Gigi
loading

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu, agar tidak perlu berobat ke dokter gigi, kesehatan gigi ibu hamil mesti terus diperhatikan. Bagaimana caranya?

  • Periksa ke Dokter Gigi saat Perencanaan Kehamilan

Sangat disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan gigi secara keseluruhan. Hal ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah agar dapat segera diatasi. Ini membuat kehamilan dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

  • Sikat Gigi Secara Rutin dan Teratur

Dalam menjaga kesehatan kesehatan gigi ibu hamil, lakukanlah pembersihan secara rutin dan teratur. Lakukan gigi dua kali sehari dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap sehat dan kuat. Pilihlah juga sikat gigi dengan bulu yang lembut. Lakukan gosok gigi secara perlahan, agar tidak melukai gusi.

Artikel Lainnya: Kalsium di Gigi Ibu Hamil Dapat Menghilang, Mitos atau Fakta?

  • Gunakan Dental Floss Bila Perlu

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus atau dental floss, minimal sekali sehari. Hal ini membuat sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat sepenuhnya terangkat.

  • Batasi Makanan Manis dan Asam

Terapkan pula gaya hidup sehat dan atur pola makan agar tetap seimbang. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi makanan manis atau berasa asam. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan kerusakan gigi, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga

Selalu perhatikan kesehatan gigi Anda. Jika pada akhirnya Anda mengalami masalah pada gigi dan merasa perlu mencabut gigi ketika hamil, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter gigi yang kompeten. 

Jika Anda masih punya pertanyaan gigi dan mulut, atau boleh/tidaknya ibu hamil cabut gigi, tak perlu sungkan untuk ngobrol langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Cek Darah saat Hamil, Perlu atau Tidak?

Info Sehat
23 Jun

Mengungkap Bahaya Menggunakan High Heels pada Wanita Hamil

Info Sehat
05 Jun

Cabut Gigi saat Menstruasi, Apakah Boleh?

Info Sehat
04 Jun

Penyebab Jantung Berdebar saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
03 Jun

Ibu Hamil Keputihan, Apakah Berbahaya bagi Janin?

Info Sehat
29 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk