Menangani Badan Lemas Saat Hamil Tua

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 11 Aug 2018, 09:00 WIB
Ibu hamil bisa mengalami berbagai keluhan kesehatan, salah satunya adalah badan lemas tak berdaya saat hamil tua. Ini cara mengatasinya.
Menangani Badan Lemas Saat Hamil Tua (Mangpink/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki trimester ketiga kehamilan, banyak ibu hamil yang akan mengalami berbagai kondisi yang menyulitkan. Badan lemas dan mudah letih ketika beraktivitas adalah salah satu keluhan yang paling banyak dirasakan wanita yang sedang hamil tua. Bahkan, kondisi ini bisa membuat aktivitas yang sebetulnya sangat sederhana menjadi sulit. Apakah keluhan badan lemas saat hamil tua ini bisa dicegah dan diatasi?

Pada awal kehamilan, lemas dapat terjadi akibat perubahan hormon dan fisik tubuh yang bersiap-siap dengan hadirnya janin di dalam rahim. Rasa lemas ini umumnya mereda ketika masuk trimester kedua.

Berbagai cara untuk menangani badan lemas saat hamil tua

Melangkah ke trimester ketiga, rasa lemas kembali muncul, bahkan sering kali dirasakan berlipat ganda beratnya dibandingkan dengan yang muncul saat awal kehamilan. Jika inilah yang Anda rasakan, tak perlu cemas. Badan lemas saat hamil tua dapat Anda singkirkan jauh-jauh dengan cara-cara di bawah ini.

1. Pastikan cukup tidur

Ibu yang sedang hamil tua umumnya akan mengalami gangguan saat tidur pada malam hari. Kram otot, mimpi buruk, atau seringnya buang air kecil adalah tiga biang kerok utama tidak optimalnya waktu tidur. Untuk mengatasinya, cobalah batasi asupan minum 2 jam menjelang jam tidur. Bila kualitas tidur malam tak membaik, optimalkan dengan tidur siang. Tidur siang selama 30 menit hingga 1 jam dapat membantu memulihkan stamina ibu hamil sehingga siap kembali menjalani aktivitas.

2. Atur kembali jadwal harian

Aktivitas yang terlalu padat bisa membuat ibu hamil kelelahan dan mudah merasa lemas. Coba atur kembali apa saja kegiatan yang harus menjadi prioritas dan apa yang bisa dipindah tangankan ke orang lain. Memiliki seseorang untuk membantu Anda di rumah bisa menjadi solusi tepat agar Anda yang sedang hamil tua tetap berenergi dan bebas lemas dalam menikmati saat-saat pengujung kehamilannya.

3. Makan makanan bergizi

Menu makanan ternyata juga berperan penting dalam menangani keluhan lemas saat hamil tua. Untuk membantu mengoptimalkan cadangan energi dalam tubuh, pilih makanan yang tinggi kandungan protein dan kaya akan zat besi. Daging adalah contoh yang baik dalam hal ini. Proteinnya berlimpah dan zat besinya juga akan membantu ibu hamil dalam menurunkan risiko anemia yang tidak hanya buruk untuk dirinya, tapi juga bayi yang dikandungnya.

4. Olahraga ringan secara rutin

Hamil tua bukan alasan untuk bermalas-malasan dan enggan bergerak. Olahraga justru akan membuat tubuh terasa lebih bugar karena lancarnya peredaran darah dan metabolisme tubuh. Tidak perlu olahraga berat, cukup jalan pagi atau berkebun di pekarangan rumah setidaknya 30 menit setiap hari. Coba rasakan sendiri manfaatnya hingga akhir masa kehamilan!

5. Tata perlengkapan si kecil

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil umumnya sudah mulai membeli semua kebutuhan untuk sang buah hati. Tahukah Anda, menata perlengkapan bayi yang sudah dibeli ternyata dapat mengusir keluhan lemas! Kok, bisa?

Ini karena saat Anda menata dan membayangkan kehadiran bayi dalam dekapan, tubuh ibu akan melepaskan hormon endorfin (dengan julukan hormon anti stres atau hormon kebahagiaan). Rasa bahagia ini akan menjadi suntikan energi pada wanita yang sedang hamil tua.

6. Lakukan kontrol secara rutin

Salah satu gangguan kesehatan yang juga kerap dialami ibu hamil adalah kurang darah atau anemia. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan pemeriksaan darah. Anemia yang tidak tertangani dapat menyebabkan ibu hamil mudah lemas dan lelah, sekalipun hanya melakukan aktivitas ringan. Tidak hanya aktivitas sehari-hari saja, anemia juga dapat membahayakan perkembangan janin dalam kandungan.

Nah, tidak sulit bukan menangani badan lemas saat hamil tua? Bahkan, ada cara-cara mudah yang sebelumnya tak pernah terpikirkan di benak. Semoga dengan melakukan enam tips di atas, ibu yang sedang hamil tua dapat melangkah dengan ringan dalam mempersiapkan segalanya hingga pada hari saatnya melahirkan.

[RN/ RVS]