Daging Kambing Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 23 Aug 2018, 07:00 WIB
Daging kambing dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Apa benar demikian?
Daging Kambing Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta? (Dasha Petrenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mengolah dan menyajikan daging kurban yang biasanya berupa daging kambing sebagai menu Iduladha telah menjadi tradisi di tengah hangatnya berkumpul bersama keluarga. Rasanya lebaran haji belum lengkap tanpa adanya hidangan satu ini. Selain karena lekat dengan hari besar yang merupakan puncak dari kegiatan ibadah haji, daging kambing cukup banyak dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Kandungan gizi di dalam daging kambing

Daging kambing merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi kadar proteinnya. Dalam sepotong daging kambing 100 gram saja terkandung protein setidaknya 25 gram.

Protein ini berfungsi sebagai zat pembangun yang juga akan menghasilkan energi untuk tubuh untuk segala aktivitas yang dilakukan. Mulai dari tumbuh kembang, menggantikan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan, hingga energi untuk aktivitas seksual.

Selain protein, daging kambing juga mengandung zink. Zink yang ada di dalam daging kambing memenuhi 34% kebutuhan nutrisi harian tubuh. Untuk tubuh sendiri, zink ini berperan penting dalam menjaga daya tahan seseorang dan bermanfaat untuk produksi hormon seksual seperti testosteron.

Hormon testosteron inilah yang berhubungan dengan gairah seksual. Pada sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition, kekurangan zink pada tubuh seseorang berkaitan erat dengan rendahnya kadar hormon testosteron. Kondisi ini bisa diperbaiki secara efektif dengan pemberian zink, baik dari makanan maupun vitamin.

Testosteron sebagai pengatur gairah seksual

Testosteron merupakan hormon seksual yang banyak dimiliki kaum pria. Wanita juga memiliki testosteron, tapi jumlahnya tidak sebanyak pria. Salah satu fungsi testosteron adalah untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu, testosteron juga berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga produksi serta kualitas sperma agar tetap baik.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa memang kandungan yang ada pada daging kambing dapat membantu meningkatkan gairah seksual, terutama pada pria. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak menyukai daging kambing dengan berbagai alasan, tak perlu khawatir. Kandungan nutrisi yang dimiliki daging kambing sebenarnya serupa dengan daging merah lainnya, misalnya daging sapi.

Hati-hati dengan kandungan kolesterolnya

Walau banyak manfaatnya dan dapat meningkatkan gairah seksual, daging kambing ini ternyata juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lemak jenuh bila terlalu banyak kadarnya dalam darah dapat berbahaya dan mengancam kesehatan jantung serta berbagai organ penting lainnya.

Karena itu, amat bijak jika konsumsi daging kambing ini tidak dilakukan secara berlebihan. Jumlah harian asupan daging merah yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan adalah 70 gram, tidak lebih. Lalu pilihlah bagian daging yang tidak banyak lemaknya.

Pengolahannya pun juga harus diperhatikan. Olah daging dengan cara yang sehat seperti dipanggang atau dijadikan sup agar jumlah lemak di dalamnya tidak berkali lipat setelah menyantapnya. Sebaliknya, hindari pengolahan daging dengan cara digulai, misalnya, yang hanya akan menambah beban lemak dan kolesterol dalam tubuh Anda.

Sajian daging kambing bisa memberikan manfaat kesehatan yang tidak main-main, termasuk untuk meningkatkan gairah seksual. Namun ingat, jenis daging, porsi, dan pengolahan juga mutlak harus diperhatikan. Untuk Anda yang tak terlalu menyukai daging kambing dan ingin menambah gairah seksual, jangan khawatir. Beberapa makanan yang tergolong afrodisiak, seperti alpukat, semangka, dark chocolate, asparagus, dapat Anda coba untuk membantu menaikkan libido.  

[RS/ RVS]

Dwik PutraDwik Putra

apakah ada makanan atau vitamin lain yang akan membantu membangkitkan gairah seksual seorang pria? karena rata" orang tidak terlalu berani mengkonsumsi daging kambing karena mengandung kolestrol tinggi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh

Muhammad AgungMuhammad Agung

weak