5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Aug 2018, 12:30 WIB
Salah satu sumber nutrisi yang bisa mendongkrak performa atlet Asian Games berasal dari lima jenis buah ini. Apa saja?
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (Undrey/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selain latihan dan fokus, asupan makanan adalah hal yang tak kalah penting bagi para atlet Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Salah satu jenis makanan yang diketahui baik untuk dikonsumsi para atlet adalah buah. Bahkan, ada beberapa jenis buah yang bisa mendongkrak performa atlet.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada baiknya, para atlet memasukkan buah ke dalam menu hariannya.

"Manfaat buah bisa didapatkan ketika mengonsumsi buah-buahan setidaknya 2-3 porsi dalam menu harian," ujar dr. Andika. Kalau berlebihan, ini bisa bahaya. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Contoh kasusnya, aktor Ashton Kutcher yang merupakan fruitarian. Dia hanya mengonsumsi buah dalam jangka waktu lama. Pada akhirnya dia harus berakhir di rumah sakit akibat pankreas yang rusak.

Jika dikonsumsi secara baik, buah bisa sangat bermanfaat. Selain bisa menjadi sumber energi dan sumber serat, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, konsumsi buah-buahan juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dapat mendongkrak performa para atlet Asian Games saat berlaga mengharumkan nama bangsa.

1. Pisang

5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (Khumthong/Shutterstock)
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (Khumthong/Shutterstock)

Menurut dr. Andika, pisang terkenal dengan kandungan kalium yang tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Pisang juga kaya akan karbohidrat dan mineral sehingga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Faktanya, pisang mengandung amilum yang merupakan karbohidrat kompleks, yang fungsinya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, kandungan pektin dalam pisang juga menyehatkan sistem pencernaan.

Pemain sepak bola biasanya suka memakan pisang pada jeda babak. Karena buah ini termasuk karbohidrat kompleks, pisang bisa menambah tenaga dengan cepat dan tahan lama.

2. Semangka

5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (bondvit/Shutterstock)
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (bondvit/Shutterstock)

Semangka mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa semangka mengandung 92 persen air sehingga bisa menjadi sumber asupan cairan yang baik bagi tubuh. Karenanya, semangka bisa menjadi sumber tenaga baru sekaligus membuat para atlet terhindar dari dehidrasi.

3. Alpukat

5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (Nataliya-Arzamasova/Shutterstock)
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (Nataliya-Arzamasova/Shutterstock)

Alpukat sangat unik karena mengandung karbohidrat dalam jumlah sedikit. Tak hanya itu, alpukat lebih banyak mengandung lemak sehat seperti asam oleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Lebih dari itu, alpukat juga kaya akan kalium dan magnesium yang berperan penting dalam keseimbangan elektrolit tubuh. Kandungan ini penting untuk mencegah dehidrasi. Kalium dan magnesium adalah kandungan yang juga ada di dalam minuman isotonik, sehingga bisa membuat tubuh segar.

4. Jambu biji

5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (COLOA-Studio/Shutterstock)
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (COLOA-Studio/Shutterstock)

Jambu biji mengandung potasium yang tinggi, yaitu sekitar 14 mg per 100 gram. Potasium berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.

5. Buah naga

5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (P-fotography/Shutterstock)
5 Buah Ini Ampuh Dongkrak Performa Atlet Asian Games (P-fotography/Shutterstock)

Dari tampilannya buahnya yang cantik, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter mengatakan bahwa buah naga merupakan sumber serat yang sehat. Sehingga untuk atlet, ini tidak akan mengganggu berat badan mereka. Selain itu, buah naga juga baik untuk pencernaan karena kaya akan serat.

Nutrisi dari buah sangat diperlukan dan baik bagi tubuh, terutama bagi para atlet. Asal dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, buah-buahan di atas yang dikombinasikan dengan menu harian yang bergizi seimbang serta tekun berlatih akan berdampak bagi pada performa atlet yang akan bertanding di ajang Asian Games.

[RN/ RVS]