Tips Cegah Tertular Flu Saat Nonton Asian Games

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 26 Aug 2018, 15:00 WIB
Menonton laga Asian Games sangat mengasyikkan. Tapi akan berubah menjadi malapetaka jika Anda tertular virus flu. Ketahui cara mencegahnya.
Tips Cegah Tertular Flu Saat Nonton Asian Games (Aleksandra Suzi/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 menarik minat masyarakat untuk menyaksikan langsung di arena. Memang, hal itu terasa lebih mendebarkan. Namun, Anda juga harus hati-hati jika hendak menyaksikan langsung Asian Games di arena. Dalam kondisi seperti itu, Anda berisiko tinggi untuk tertular flu dari penonton lainnya yang kebetulan sedang mengidap flu.

Ya, berkumpulnya banyak orang di satu tempat membuat penularan penyakit flu menjadi lebih cepat. Ini karena virus penyebab flu bisa menyebar hingga jarak enam kaki atau sekitar 1,8 meter, baik ketika penderita batuk, bersin, atau berbicara. Seseorang juga bisa terkena flu dengan menyentuh benda atau permukaan yang terpapar virus tersebut.

Mencegah tertular flu

Flu adalah reaksi peradangan saluran napas yang gejalanya meliputi sesak napas, hidung tersumbat, bersin-bersin, tenggorokan gatal, hidung meler, batuk, suara serak, badan lemas, sakit kepala, demam (biasanya ringan), dan mata berair. Risiko terjadinya keluhan ini bisa meningkat berlipat ganda saat sistem kekebalan tubuh sedang tidak prima.

Atas dasar itu, cara terbaik untuk mencegah tertular flu adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apa yang bisa dilakukan untuk ini?

  1. Vaksin flu

Dengan banyaknya orang yang datang dari berbagai negara, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendapatkan vaksin flu. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, vaksin flu yang saat ini tersedia memang belum mampu untuk mengobati penderita flu, tapi cukup efektif sebagai pencegahan penularan flu.

Suntikan vaksin flu bisa dilakukan 3 minggu sebelum Asian Games. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda melakukannya saat ini juga. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

  1. Cuci tangan

Virus flu bisa ditularkan melalui batuk, bersin, dan sentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi. Maka dari itu, untuk mencegah tertular flu, Anda perlu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala. Jika tidak ada sabun dan air, Anda dapat menggunakan hand sanitizer.

  1. Banyak minum

Air putih, jus buah tanpa gula, cairan isotonik, dan minuman yang tidak mengandung kafein dapat membantu menjaga kecukupan cairan tubuh. Dengan kondisi tubuh yang terhidrasi, penyakit tak akan mudah menerjang masuk dan menginfeksi.

  1. Hindari kontak langsung dengan penderita flu

Jauhkan diri Anda dari orang-orang yang terlihat mengalami flu. Bila tidak memungkinkan untuk melakukannya, cuci tangan dan gunakan cairan antiseptik untuk meminimalkan penyebaran virus flu.

  1. Gunakan masker

Benda ini mungkin akan menghalangi Anda berteriak dengan kencang untuk mendukung atlet jagoan. Tapi tak ada salahnya untuk digunakan saat menyaksikan pertandingan, agar penyakit flu tidak menular ke diri Anda.

Menyaksikan pertandingan Asian Games secara langsung tentu sangat seru dan mendebarkan. Akan tetapi, hal itu bisa menjadi sirna jika Anda tertular flu atau penyakit lain yang lebih berbahaya. Karenanya, lakukanlah langkah-langkah pencegahan di atas agar kesehatan Anda terus terjaga dengan baik.

[NB/ RVS]