3 Jenis Alergi yang Mengintai Anak Saat Nonton Asian Games

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 27 Aug 2018, 11:20 WIB
Waspadai beragam alergi yang mengintai saat Anda mengajak si Kecil menyaksikan pertandingan di pesta olahraga dunia, Asian Games.
3 Jenis Alergi yang Mengintai Anak Saat Nonton Asian Games (Herlanzer Tenhue/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai tuan rumah, Indonesia kini tengah disibukkan dengan pesta olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games 2018. Mengajak anak untuk ikut serta meramaikan perhelatan besar ini memang tak salah, asal Anda mengetahui berbagai jenis alergi yang mungkin dialami oleh si Kecil saat menyaksikannya.

Anak rentan terkena alergi saat nonton Asian Games

Menyaksikan para atlet berlaga di tempat pertandingan seperti Gelora Bung Karno ternyata dapat memicu alergi pada anak. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis alergi yang mengancam kesehatan anak. Dengan demikian, Anda dapat lebih berhati-hati.

Berikut ini adalah alergi yang rentan dialami saat anak menonton Asian Games:

  1. Alergi pernapasan

Selama menonton pertandingan, ada kemungkinan anak akan mengalami bersin-bersin atau pilek. Hal ini bisa jadi karena anak alergi debu atau tungau.

Alergi pernapasan ini memang yang paling sering dialami anak-anak. Terlebih ketika daya tahan tubuhnya menurun, maka anak jadi mudah sekali terkena batuk dan pilek.

  1. Alergi pada kulit

Kulit merupakan organ terluar yang melindungi tubuh dari zat-zat yang tidak bersahabat. Sebagai bagian dari sistem imunitas tubuh yang akan bereaksi terhadap alergen atau pencetus alergi (alergen), kulit rentan mengalami kemerahan dan gatal. Kondisi ini kerap dikenal sebagai eksim.  

  1. Alergi makanan

Di area pertandingan banyak dijual makanan yang menggoda, termasuk bagi si Kecil. Sayangnya, beberapa anak ternyata memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan yang umum menyebabkan alergi antara lain susu, telur, kacang-kacangan, kedelai, gandum, cokelat, seafood, dan beragam makanan lainnya. Bila mengonsumsinya, anak dapat mengeluhkan mual, muntah, nyeri perut atau bahkan diare.

 

1 of 2

Tips menghindari alergi

Selain akibat dari adanya alergen, kondisi daya tahan tubuh juga berpotensi memunculkan alergi. Saat sedang asyik menonton Asian Games, anak mungkin mengalami kelelahan, sehingga daya tahan tubuhnya menurun dan lebih mudah terserang alergi.

Untuk mencegahnya lakukan cara di bawah ini:

  1. Hindari bergadang

Anak boleh saja menonton pertandingan, namun jangan sampai tidur terlalu larut. Kurang istirahat tentu dapat memengaruhi kesehatannya.

  1. Gunakan pakaian yang sesuai saat nonton di stadion

Jika menonton pertandingan secara langsung, kenakan si Kecil pakaian yang sesuai agar tidak terkena angin yang terlalu kencang ataupun debu. Topi atau masker juga bisa membantu untuk menghindarinya.

  1. Siapkan camilan sehat

Ketahui penyebab alergi makanan pada anak. Dengan demikian, Anda dapat memilah jenis jajanan atau camilan yang bisa dibeli di lokasi pertandingan. Bila perlu, Anda dapat menyiapkan bekal camilan yang sesuai dan lebih bergizi.

  1. Rajin mandi

Saat menonton pertandingan di Asian Games, anak tentu akan berkeringat dan terkena banyak debu. Ganti pakaian si Kecil jika sudah berkeringat. Usai menonton pertandingan, anak sebaiknya segera mandi atau membersihkan diri.

  1. Berikan suplemen dan vitamin

Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menambah daya tahan tubuh selama menonton Asian Games.

Jangan sampai keseruan menyaksikan pertandingan Asian Games bersama si Kecil membuatnya harus berurusan dengan masalah alergi. Pastikan Anda teta menjaga kesehatan anak. Jadi, tetaplah waspada terhadap gangguan kesehatan yang mengintai.

[NP/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓