Waspada 2 Cara Penularan Influenza Saat Asian Games

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 27 Aug 2018, 12:38 WIB
Virus influenza bisa dengan mudah menular dan risiko meningkat di keramaian seperti saat nonton Asian Games. Begini cara penularannya.
Waspada 2 Cara Penularan Influenza Saat Asian Games (Traza/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi warga Indonesia, khususnya warga Jakarta dan Palembang, momen Asian Games tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Banyak orang beramai-ramai menonton pertandingan demi memberikan dukungan kepada atlet nasional yang berlaga. Nah, euforia Asian Games memang tak terbantahkan, tapi Anda tetap harus menjaga kesehatan dari serangan penyakit, seperti terhadap virus influenza.

Seperti yang Anda ketahui, penularan virus ini sangat cepat dan dapat dengan mudahnya berpindah dari satu orang ke orang lain. Mungkin saja ada penonton lain yang sedang kena flu, dan jika imunitas tubuh sedang menurun, Anda pun bisa tertular saat sedang menyaksikan pertandingan Asian Games.

Asian Games adalah perhelatan akbar lintas negara. Momen ini mempertemukan Anda dengan ribuan orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menonton jalannya pertandingan. Semakin sering dan lama Anda berkontak dengan lebih banyak orang, maka otomatis semakin tinggi pula risiko untuk Anda dapat tertular influenza.

Cara penularan virus influenza

Ada dua cara penularan virus influenza yang perlu Anda waspadai agar Anda bisa menentukan langkah pencegahan supaya tak tertular penyakit influenza.

  1. Kontak langsung

Virus influenza dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang sedang menderita influenza. Apabila orang tersebut belum mencuci tangan saat berjabat tangan dengan Anda setelah ia menutup hidung dan mulutnya ketika batuk atau pilek, Anda bisa tertular virus influenza melalui kontak langsung dari tangan orang yang sakit.

Selain itu, Anda juga tertular akibat hal sesederhana meminjam pulpen yang sudah terkontaminasi virus influenza dari pemiliknya. Anda juga dapat tertular jika berbagi makanan dan minuman atau menggunakan peralatan makan seperti piring, gelas, atau sendok dengan mereka yang sedang terkena influenza.

  1. Droplet

Tak hanya lewat kontak langsung, virus influenza juga dapat menular melalui droplet. Droplet adalah setitik kecil cairan yang keluar ketika orang yang menderita influenza bersin, batuk, atau berbicara. Droplet yang mengandung virus ini dapat menularkan penyakit dalam radius 2 meter. Apabila virus yang terdapat di droplet terhirup dan masuk ke dalam paru-paru, maka orang tersebut dapat berisiko tinggi tertular influenza.

1 of 2

Ketahui gejala influenza

Di udara luar, virus influenza bisa bertahan hidup cukup lama. Di lingkungan tertutup, virus dapat hidup hingga 1 jam. Namun, di permukaan keras seperti stainless steel atau plastik, virus dapat bertahan hingga 8 jam.

Orang yang sedang terinfeksi influenza dapat mulai menyebarkan virus tersebut bahkan 1 hari sebelum mereka mengalami gejala flu. Jadi, orang yang tampaknya sehat bisa saja menyimpan virus influenza di tubuhnya. Rata-rata orang dewasa akan sembuh dari penyakit influenza dalam 5-7 hari.

Gejala influenza antara lain adalah demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, berkeringat, batuk (umumnya kering), lemas, hidung tersumbat, dan nyeri tenggorokan.

Yuk cegah penularan influenza

Tidak ada orang yang ingin sakit, apalagi sakit pada saat momen Asian Games yang menjadikan Anda tidak bisa menyaksikan pertandingan cabang olahraga yang Anda suka. Cegah diri Anda tertular virus influenza dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik, supaya virus yang mungkin hinggap di tangan bisa dibasmi.

Selalu cuci tangan setelah bepergian, berjabat tangan, atau memegang benda-benda kotor atau benda yang disentuh banyak orang, dan setelah menggunakan toilet. Jangan lupa untuk senantiasa cuci tangan sebelum memasak dan makan.

Hindari saling berbagi makanan dan minuman dengan orang lain, terlebih dengan orang yang terlihat memiliki gejala influenza. Pencegahan lainnya dengan mendapatkan vaksin influenza setahun sekali untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Dengan mengikuti berbagai tips yang disebutkan di atas dan didukung dengan pola hidup sehat, Anda dapat mencegah diri terhadap penularan influenza saat sedang menyaksikan pertandingan Asian Games, dan bisa terus memberikan dukungan kepada para atlet yang bertanding.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓