Cara Menjadi Suporter Asian Games yang Sehat dan Sportif

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 27 Aug 2018, 17:30 WIB
Jadilah suporter yang sehat dan sportif selama perhelatan Asian Games 2018 dengan melakukan tips berikut ini.
Cara Menjadi Suporter Asian Games yang Sehat dan Sportif (Matushchak-Anton/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 masih akan berlangsung hingga 2 September mendatang. Banyak pertandingan yang bisa Anda saksikan secara langsung arena. Namun, untuk bisa benar-benar menikmatinya, Anda harus menjadi suporter yang tidak hanya sehat secara fisik dan mental, tetapi juga sportif.

Faktanya, menyaksikan pertandingan Asian Games di arena membuat Anda menggunakan fasilitas umum yang belum tentu terjamin kebersihannya. Dari sini, penyebaran kuman penyebab penyakit bisa saja terjadi.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, kuman bisa muncul di wastafel, pegangan keran air, gagang pintu, dispenser sabun, dudukan toilet, knop untuk flush toilet, dan lantai toilet. Selain itu, ada juga di permukaan toilet umum, permukaan dalam dan luar pintu toilet umum.

“Belum lagi jika ada penderita batuk dan pilek yang disertai dengan bersin-bersin, demam, hidung beringus. Ini akan menambah daftar penyakit yang bisa menjangkit Anda. Kuman bisa menyebar melalui udara,” kata dr. Atika.

Meski rentan terserang penyakit, Anda tak perlu berkecil hati dan mengurungkan niat untuk mendukung langsung atlet Indonesia di arena Asian Games. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kesehatan Anda tetap terjaga:

1. Bawa baju ganti

Ini menjadi penting jika Anda menghasilkan keringat berlebih saat menyaksikan pertandingan luar ruangan, atau karena harus berjalan dari satu venue ke venue lain. Menurut dr. Atika, keringat berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan kuman menjadi lebih cepat. Artinya, risiko terjadinya penyakit juga semakin besar.

Nah, dengan membawa baju ganti, hal tersebut tentu bisa dicegah. Namun, sebelum mengganti baju yang kotor dengan yang baru, pastikan Anda mengeringkan tubuh dengan handuk terlebih dahulu.

2. Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan sangat penting karena Anda akan selalu menyentuh fasilitas umum yang biasanya berkuman. Menurut dr. Atika, Dengan rajin mencuci tangan, kuman yang menempel akan hilang dan tidak akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Fakta menyebutkan, mencuci tangan terbukti dapat mencegah penularan penyakit saluran cerna, kulit, serta pernapasan. Saat cuci tangan, pastikan Anda tidak asal-asalan. Anda wajib menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan setiap lipatan tangan dan sela-sela jari, ya!

3. Memilih makanan dan minuman yang sehat

Tersedia makanan dan minuman yang dijajakan di sekitar area pertandingan Asian Games. Tapi jangan asal pilih! Belilah hanya makanan dan minuman yang kebersihannya terjamin. Pasalnya, kalau tidak bersih, Anda bisa terkena penyakit saluran pencernaan seperti diare, kembung, muntah, dan nyeri perut.

4. Minum air putih yang cukup

Air putih adalah jenis minuman terbaik. Dengan meminum air putih dalam jumlah cukup, tubuh Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Ini penting agar Anda tidak kehilangan tenaga saat mendukung atlet kesayangan.

1 of 2

Junjung nilai sportivitas dengan ini

Menjadi suporter yang sehat saja tidaklah cukup. Anda juga wajib menjadi pendukung atlet Nasional yang berjiwa sportif. Ini berarti, Anda harus memiliki sifat kesatria, jujur, dan mampu mengendalikan emosi di segala kondisi. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, yaitu:

● Terima kekalahan

Jangan biarkan kekalahan atlet kesayangan membuat Anda membenci lawan, apalagi sampai meledek atlet sendiri yang sudah berjuang mati-matian. Junjung nilai sportivitas dengan bersikap lapang dada dalam menghadapi setiap kekalahan.

Jangan sampai celaan atau makian keluar dari mulut Anda hanya gara-gara hal ini. Sebagai gantinya, tetaplah memberikan dukungan kepada atlet yang kalah, agar dirinya bisa berjuang lebih keras untuk mendapatkan hasil terbaik di event olahraga selanjutnya.

● Tetap tenang meski menang

Jangan biarkan kemenangan atlet kesayangan membuat Anda terlena. Hindari menghina atau berkata jelek tentang atlet lawan yang telah berhasil dikalahkan. Dari pada bersikap demikian, akan lebih baik bila Anda tetap memberikan dukungan dengan mengucapkan terima kasih karena telah berhasil bermain dengan jujur dan sportif.

Berdasarkan penjelasan dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, olahraga sejatinya memuat sikap disiplin, semangat pantang menyerah, sportif, kompetitif, dan kerja sama tanpa memandang suku, agama, ras maupun golongan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak melupakan hal tersebut meski hanya berperan sebagai suporter semata.

Bila para suporter berhasil menjaga kesehatan dan bersikap sportif sepanjang perhelatan Asian Games, semuanya tentu akan berjalan dengan baik dan kondusif. Dengan begini, bukan tak mungkin Indonesia akan dinilai dunia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang ramah, sportif, dan sehat.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓