Atlet Asian Games Cabang Olahraga Ini Perlu Perawatan Kulit

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 28 Aug 2018, 09:00 WIB
Ada banyak faktor yang membuat kulit atlet rentan mengalami masalah. Atlet beberapa cabang olahraga ini paling memerlukan perawatan kulit.
Atlet Asian Games Cabang Olahraga Ini Perlu Perawatan Kulit (Pio3/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Banyak atlet Asian Games yang melakukan aktivitas di luar ruangan, yang menjadikan mereka terpapar sinar matahari, debu, dan polusi yang dapat mengancam kesehatan kulit. Inilah yang menjadikan para atlet juga sangat memerlukan perawatan kulit. Selain cabang olahraga yang mengharuskan para atlet berlatih atau bertanding di luar ruangan - khususnya saat panas terik - ada juga cabang olahraga dalam ruangan (indoor) yang ternyata juga butuh memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan kulit.

Matahari vs penuaan dini

Matahari adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Sinarnya memberikan energi untuk kehidupan berbagai makhluk di bumi. Bagi kesehatan, sinar matahari pun memiliki kebaikan sebagai sumber vitamin D. Meski begitu, kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya dapat mengalami kerusakan dan penuaan dini.

Indonesia adalah salah satu negara yang disinari matahari yang melimpah sepanjang tahun. Apalagi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada bulan Agustus-September berlangsung pada musim kemarau.

Musim kemarau di Indonesia umumnya terik, jarang ada awan dan hujan yang dapat menangkal sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya untuk wajah dan tubuh adalah wajib hukumnya sebagai bagian dari perawatan kulit.

Para atlet yang sering kali berlatih dan bertanding di dalam ruangan mungkin tidak memiliki masalah berarti dengan sinar matahari. Namun, tidak demikian halnya bagi atlet yang sering menghabiskan waktunya di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari saat berlatih dan berkompetisi. Kondisi ini biasa dialami atlet dari cabang olahraga atletik, lari maraton, balap sepeda, tenis, basket, voli, golf, panjat tebing, paralayang, kano, dan berkuda.

Untuk para atlet yang menekuni cabang olahraga yang disebutkan di atas, mereka sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya pada wajah dan tubuh, dengan SPF minimal 30. Akan lebih baik lagi jika tabir surya yang digunakan tahan air dan keringat, serta memilih tabir surya bentuk spray (semprot) karena penggunaannya lebih mudah, cepat, dan praktis.

Semakin lama atlet berada di bawah sinar matahari, maka pemakaian tabir surya dianjurkan dilakukan secara berulang untuk memastikan perlindungan kulit tetap optimal. Namun, apabila penggunaan secara berulang ini dianggap bikin repot, para atlet bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 50.

1 of 2

Selain matahari, klorin juga “musuh” kulit

Tak hanya matahari, “musuh” kulit para atlet lainnya adalah air kolam renang yang merupakan campuran klorin. Klorin adalah zat kimia yang selalu ditambahkan ke dalam air kolam renang dengan tujuan membunuh kuman penyakit yang bisa “berkeliaran” di dalam kolam.

Penggunaan klorin bukan tanpa sebab, mengingat kolam renang digunakan oleh begitu banyak orang dalam durasi waktu yang singkat. Klorin adalah zat kimia yang keras, yang pada kulit dampaknya dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Untuk memberikan perlindungan terhadap kulit dari pengaruh buruk klorin yang dialami oleh atlet renang atau cabang renang akuatik, mereka dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah dan sabun yang lembut yang mengandung pelembap. Setelah mandi dan membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah dan tubuh selagi kulit masih dalam kondisi lembap. Dengan kelembapan kulit yang terjaga, kulit jadi tidak mudah kering dan iritasi apagila sering terekspos air kolam renang.

Selain ekspos matahari, klorin dalam kolam renang pada bebera cabang olahraga juga merupakan alasan mengapa para atlet Asian Games juga harus memperhatikan perawatan kulit dengan penggunaan tabir surya, pelembap, serta memperhatikan kesehatan kulit secara menyeluruh dengan perawatan yang tepat. Kulit tetap sehat, prestasi jalan terus!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓